Marquez Crash di Mandalika, Bos ITDC: Marshal Lokal Bisa Diandalkan

300 marshal lokal berjibaku di sirkuit pertamina mandalika

Lombok Tengah, IDN Times - Pembalap Repsol Honda Marc Marquez jatuh atau crash pada tikungan 11 Sirkuit Mandalika jelang berakhirnya latihan bebas kedua atau free practice 2 (FP2), Jumat sore (18/3/2022). Meskipun mengalami crash yang cukup keras, juara dunia MotoGP enam kali tersebut tidak mengalami cedera.

Direktur Utama PT. Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M. Mansoer mengatakan recovery terhadap pembalap yang jatuh sangat cepat berkat kesigapan tenaga marshal lokal.

"Tadi Marc Marquez jatuh. Tapi cepat sekali recovery-nya. Jadi sebenarnya tenaga marshal daerah bisa diandalkan," kata Abdulbar di Mandalika, Jumat (18/3/2022).

1. Gunakan 300 marshal lokal

Marquez Crash di Mandalika, Bos ITDC: Marshal Lokal Bisa DiandalkanMarshal bertugas untuk memastikan kondisi trek aman. (essentiallysports.com)

Bos ITDC ini menyebutkan sekitar 300 marshal digunakan dalam gelaran MotoGP Mandalika 2022. Ratusan marshal tersebut bukan berasal dari Jakarta atau Malaysia.
Tetapi mereka adalah tenaga marshal yang berasal dari Nusa Tenggara Barat (NTB).

Dalam ajang balap motor paling bergengsi di dunia tersebut, Abdulbar mengatakan tenaga marshal lokal bisa diandalkan. Mereka bekerja dengan baik, sehingga ketika ada pembalap yang crash, recovery dapat dilakukan dengan cepat.

"Marshal itu bukan dari Malaysia, bukan dari Jakarta tapi dari lokal. Jadi marshal lokal bisa diandalkan karena ini kan balap yang paling sulit MotoGP ini. Karena motor jatuh dan lain-lainnya," terang Abdulbar.

Baca Juga: Cuma Penuh Sehari, Camping Ground Kurang Diminati Penonton MotoGP

2. Sirkuit Mandalika lolos homologasi

Marquez Crash di Mandalika, Bos ITDC: Marshal Lokal Bisa DiandalkanMenteri BUMN Erick Thohir memeriksa kondisi lintasan Sirkuit Pertamina Mandalika yang baru diaspal ulang, Jumat 11 Maret 2022. (IDN Times/Umi Kalsum)

Abdulbar menambahkan Sirkuit Mandalika telah lolos homologasi. Homologasi dilakukan oleh Dorna Sports pada Kamis (17/3/2022) sore. Terbukti dengan digunakannya Sirkuit Mandalika untuk latihan bebas pertama (FP1) dan latihan bebas kedua (FP2) pada Jumat (18/3/2022).

"Kemarin sore sudah dites (homologasi). Dan buktinya karena mereka sudah pakai (latihan bebas pertama danbkedua). Jadi intinya kita sudah melewati tes itu," terangnya.

3. Fabio Quartararo tercepat saat FP2

Marquez Crash di Mandalika, Bos ITDC: Marshal Lokal Bisa Diandalkan

Pembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo menorehkan catatan waktu tercepat pada latihan bebas kedua atau free practice 2 (FP2) MotoGP Mandalika, Jumat (18/3/2022) sore. Quartararo mencatatkan waktu tercepat 1 menit 31,608 detik pada FP2 MotoGP Maandalika. Sebelumnya pada FP1, Quartararo berada pada posisi 16 dengan catatan waktu 1 menit 34,793 detik.

Sementara itu, pembalap Repsol Honda Marc Marquez mengalami crash menjelang FP2 akan berakhir pada tikungan 11. Marc Marquez berada pada posisi 22 dengan catatan waktu pada FP2 MotoGP Mandalika 1 menit 32,847 detik. Namun catatan waktu Marc Marquez pada FP2 jauh lebih baik dibandingkan pada FP1 dengan catatan waktu 1 menit 33,578 detik.

Pada FP1 MotoGP Mandalika, pembalap Repsol Honda Pol Espargaro menjadi yang tercepat pada sesi latihan bebas pertama atau free practice (FP 1). Sedangkan rekan satu tim Pol Espargaro di Repsol Honda, Marc Marquez berada pada posisi ketiga dengan catatan waktu 1 menit 33,578 detik.

Espargaro mencatatkan waktu tercepat 1 menit 33,499 detik di akhir sesi FP1 MotoGP Mandalika. Ia unggul 0,044 detik atas pembalap KTM Miguel Oliviera yang berada di posisi kedua dengan catatan waktu 1 menit 33,543 detik. Sedangkan posisi keempat pembalap Monster Energy Yamaha Franco Morbidelli dengan catatan waktu 1 menit 33,881 detik. 

Baca Juga: Marc Marquez dan Bastianini Terpental Keluar Lintasan di Mandalika

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya