Mandalika Gak Jadi Lokasi Tes Pramusim MotoGP 2023, Ini Alasannya! 

MGPA gak mengajukan Sirkuit Mandalika lokasi tes pramusim

Mataram, IDN Times - Dorna Sports telah mengumumkan lokasi tes pramusim MotoGP 2023 akan dilaksanakan di Sirkuit Internasional Sepang, Malaysia dan Autodromo Internacional do Algarve, Portugal. Sirkuit Mandalika yang pernah menjadi lokasi tes pramusim MotoGP 2022 pada Februari lalu, tidak lagi menjadi lokasi tes pramusim MotoGP 2023.

Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria yang dikonfirmasi IDN Times, Rabu (10/8/2022) menjelaskan alasan Sirkuit Mandalika tidak menjadi tuan rumah tes pramusim MotoGP 2023. Priandhi mengatakan bahwa MGPA tidak mengajukan Sirkuit Mandalika sebagai lokasi tes pramusim MotoGP tahun 2023.

"Nah di 2023, kenapa Dorna menunjuk sirkuit lain untuk tes pramusim MotoGP. Karena MGPA tidak mengajukan," kata Andi, sapaan akrab Bos MGPA ini.

1. Alasan Mandalika jadi lokasi tes pramusim MotoGP 2022

Mandalika Gak Jadi Lokasi Tes Pramusim MotoGP 2023, Ini Alasannya! Direktur Utama MGPA Priandhi Satria (IDN Times/Muhammad Nasir)

Andi menjelaskan alasan sehingga Sirkuit Mandalika menjadi lokasi tes pramusim MotoGP 2022 pada 11 - 13 Februari lalu. Dia mengatakan lokasi tes pramusim bukan ditunjuk oleh Dorna Sports. Tetapi ada kesepakatan antara Dorna dan pemilik sirkuit.

Di mana, pemilik sirkuit mengajukan diri menjadi lokasi tes pramusim MotoGP.
Jika lebih dari satu sirkuit yang mengajukan diri sebagai tuan rumah tes pramusim. Nantinya Dorna yang memilih dan menyetujuinya berdasarkan kesepakatan dengan pemilik sirkuit.

Lebih jauh, Andi menceritakan alasan MGPA mengajukan Sirkuit Mandalika sebagai lokasi tes pramusim MotoGP 2022. Karena setelah perhelatan World Superbike (WSBK) 2021, Sirkuit Mandalika belum mendapatkan homologasi grade A untuk dapat digunakan sebagai sirkuit MotoGP 2022.

Sehingga, MGPA mengajukan ke Dorna agar Sirkuit Mandalika menjadi lokasi tes pramusim MotoGP 2022. Dengan menjadi lokasi tes pramusim, MGPA mendapatkan masukan apa saja yang perlu diperbaiki atau disempurnakan di Sirkuit Mandalika untuk gelaran MotoGP 2022 yang digelar pada Maret lalu.

"Dasar dari itulah kita mengajukan. Dorna setuju kita adakan tes pramusim di Sirkuit Mandalika pada Februari lalu," tuturnya.

Baca Juga: Pertahanan Jebol, 814 Kasus PMK Ditemukan di Pulau Sumbawa 

2. MGPA menanggung biaya untuk tes pramusim

Mandalika Gak Jadi Lokasi Tes Pramusim MotoGP 2023, Ini Alasannya! Pembalap Repsol Honda Team MotoGP Marc Marquez bersiap menuju lintasan pada hari kedua tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (12/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022) (ANTARA FOTO/Andika Wahyu)

Dengan mengadakan tes pramusim MotoGP di Sirkuit Mandalika, MGPA menanggung biaya-biaya yang disepakati dengan Dorna. Misalnya, biaya memasukkan motor para pembalap, listrik, marshal dan lainnya.
Tes pramusim MotoGP, kata Andi, sama dengan balap MotoGP tetapi tanpa penonton.

Artinya, MGPA tidak jualan tiket pada saat tes pramusim MotoGP. Karena tanpa penonton, sponsor juga tidak mau ikut.

"Artinya MGPA membayar sendiri supaya tes pramusim ini supaya ada. Jadi tes pramusim yang kemarin supaya kita bisa mendapatkan akses lebih gampang menuju homologasi grade A," terangnya.

Daripada mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk tes pramusim. MGPA fokus untuk mempersiapkan perhelatan WSBK 2022 dan MotoGP 2023 bahkan persiapan balap roda empat. "Kita balap aja langsung WSBK dan MotoGP kalau jadwalnya ada," katanya.

3. Diskusi dengan Dorna untuk jadwal MotoGP 2023

Mandalika Gak Jadi Lokasi Tes Pramusim MotoGP 2023, Ini Alasannya! Paddock Sirkuit Mandalika. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Sementara itu, terkait jadwal MotoGP Mandalika tahun 2023, pihaknya masih berdiskusi dengan Dorna untuk menentukan tanggal yang baik. Sirkuit Mandalika tidak akan menjadi lokasi seri pembuka MotoGP 2023. Karena pada seri pembuka MotoGP 2023 sangat dekat dengan bulan puasa dan lebaran.

"Kalau MotoGP tahun depan kita diskusi dengan Dorna tanggal apa baiknya. Jangan sampai ada bilang lagi Mandalika gak dapat seri pembuka. Karena seri pembuka itu dekat sekali dengan musim puasa dan lebaran. Kita pun gak mau seri pembuka. Orang lagi pulang kampung, ziarah. Lantas orang nabung buat puasa dan lebaran. Kita cari waktu ketika orang banyak liburan," terangnya.

Dilansir MotoGP.com, Sirkuit Internasional Sepang di Malaysia pertama-tama akan menjadi tuan rumah Shakedown Test MotoGP 2023, yang hanya untuk pembalap uji pabrik MotoGP™ dan kelas rookie, dari tanggal 5 hingga 7 Februari 2023.

Sepang kemudian akan menjadi tuan rumah tes pramusim MotoGP dari tanggal 10 hingga 12 Februari. Kemudian Sirkuit Autodromo Internacional do Algarve, Portugal yang bertindak sebagai tempat pembukaan musim tahun depan, akan menjadi tuan rumah tespramusim terakhir, pada tanggal 11 dan 12 Maret 2023.

Baca Juga: Menteri BUMN Erick Thohir Rombak Total Direksi ITDC 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya