Lumpur dan Pasir di Lintasan Sirkuit Warnai Pramusim MotoGP Mandalika

MGPA angkat suara soal Lumpur di lintasan Sirkuit Mandalika

Lombok Tengah, IDN Times - Tes pramusim MotoGP 2022 hari pertama rampung dilahap para pembalap di Sirkuit Mandalika, Jumat (11/2/2022) kemarin. Pada tes perdana itu, para pembalap menikmati lintasan tanpa kendala dan mengeluarkan settingan terbaik untuk menghadapi seri berikutnya.

Namun tes pramusim MotoGP 2022 hari pertama diwarnai insiden lumpur dan di lintasan Sirkuit Mandalika. Pihak Mandalika Grand Prix Association (MGPA) mengaku sedang mencari permasalahannya.

1. Para pembalap puas kondisi sirkuit

Lumpur dan Pasir di Lintasan Sirkuit Warnai Pramusim MotoGP MandalikaPembalap Tim Ducati keluar dari paddock menuju lintasan Sirkuit Mandalika pada tes pramusim hari pertama, Jumat (11/2/2022) (IDN Times/Muhammad Nasir)

Direktur Utama MGPA, Priandhi Satria, Sabtu (12/2/2022) di Mandalika mengatakan meskipun ada insiden lumpur tetapi secara umum evaluasi belum dilakukan. Mengingat pihaknya belum bertemu dengan Dorna selaku pemegang hak komersial MotoGP untuk laporan menyeluruh tim terkait lintasan dan hal pendukung lainnya. Namun para pembalap mengaku sangat puas terhadap kondisi sirkuit.

“Yang saya lihat hari ini semua pembalap keluar masuk lintasan. Masuk kemudian ganti setting mesin dan keluar lagi. Artinya masing-masing pembalap menikmati lintasan dan mencoba settingan terbaik untuk menghadapi seri-seri balap berikutnya,” terang Priandhi.

Baca Juga: Viral! Penagih Utang di Lombok Utara Aniaya Nasabahnya

2. Insiden lumpur di Sirkuit Mandalika

Lumpur dan Pasir di Lintasan Sirkuit Warnai Pramusim MotoGP MandalikaFrancesco Bagnaia (motogp.com)

Terkait insiden adanya lumpur di sirkuit, Priandhi mengaku masih mencari permasalahannya. Namun diakui sebelum balapan, memang ada petugas marshal menggunakan bus dari tengah lintasan.

“Mungkin dari salah satu bus ada yang membawa lumpur dan terlepas,”jelasnya.

Mengantisipasi tidak terulangnya permasalahan tersebut, pada hari kedua tes pramusim, pengaturan kendaraan marshal akan dilakukan di sisi luar lintasan. Untuk itu, MGPA menyiapkan dua kendaraan.

“Mulai besok Dorna meminta bagi marshal dari lintasan luar dan dalam, masing-masing sendiri,”terangnya.

Selain lumpur, Priandhi mengaku serpihan ban dari pembalap juga menjadi hal yang dibenahi di lintasan. Namun begitu, mobil lintasan telah membersihkan areal-areal khusus yang dirasa perlu dibersihkan.

“Rencana kita setelah selesai tes baru kita bersihkan seluruh track satu lintasan. Kemudian kita tutup track, tidak akan kita pakai sampai MotoGP,”ungkapnya.

3. Sirkuit baru, pembalap mencoba mencari pengaturan motor yang pas

Lumpur dan Pasir di Lintasan Sirkuit Warnai Pramusim MotoGP MandalikaPembalap Tim Ducati keluar dari paddock menuju ke lintasan Sirkuit Mandalika (IDN Times/Muhammad Nasir)

Pada sesi perdana ini, kata Priandhi, para pembalap mengaku ada pengaruh karena sirkuit yang baru pertama kali dijajal. Sehingga mereka mengatakan terus mencoba mencari pengaturan motor yang sesuai, khususnya ban karena suhu yang panas. Ban harus menyesuaikan suhu mulai dari pagi hingga sore berbeda-beda. Artinya jenis ban yang digunakan setiap suhu berbeda-beda.

“Misal pagi oksigen lebih banyak dan suhu lebih dingin maka mesin lebih kencang. Siang oksigen lebih panas, udara lebih pelan maka campuran juga berbeda-beda. Kombinasi ini semua yang membuat mereka keluar masuk, karena nyari setting tidak gampang di kondisi lintasan baru dengan kondisi cuaca yang berubah,”jelasnya.

Tes pramusim ini dikatakannya sebagai catatan para kru dan pembalap untuk MotoGP mendatang. “Ini lintasan kali pertama mereka turun. Pasti mereka meraba-raba, karena gayanya juga berbeda-beda. Motor juara dunia yang digunakan orang lain belum tentu kencang juga,” tandasnya.

https://www.youtube.com/embed/mT8xaQQ0jOg

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya