Logistik WSBK Tiba di Lombok, Diangkut Tiga Pesawat Kargo 

Pengelola BIZAM nyatakan infrastruktur siap

Lombok Tengah, IDN Times - Logistik kejuaraan dunia balap motor bergengsi di dunia, World Superbike (WSBK) akan tiba di Lombok, Sabtu (29/10/2022). Pengelola Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM) Lombok, menyebutkan logistik WSBK Mandalika akan diangkut menggunakan tiga pesawat kargo.

Manajer Humas PT Angkasa Pura (AP) I BIZAM Lombok, Arif Haryanto mengatakan dua pesawat kargo yang mengangkut logistik WSBK Mandalika akan tiba pukul 15.00 Wita dan 21.00 Wita. Sedangkan satu lagi pesawat kargo akan tiba pada 1 November 2022.

"Ada tiga pesawat. Logistik WSBK akan tiba nanti sore sekitar jam 15.00 Wita dan 21.00 Wita. Jumlah logistiknya kita belum tahu. tetapi besok tanggal 1 November ada satu pesawat lagi," kata Arif dikonfirmasi IDN Times, Sabtu (29/10/2022).

1. Infrastruktur BIZAM Lombok siap

Logistik WSBK Tiba di Lombok, Diangkut Tiga Pesawat Kargo BIZAM Lombok. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Arif menyatakan infrastruktur BIZAM Lombok sangat siap menerima kedatangan pesawat kargo Boeing 7777 tersebut. Karena, BIZAM juga sudah punya pengalaman didarati pesawat kargo yang mengangkut logistik MotoGP Mandalika yang jumlahnya jauh lebih banyak.

"Kita sudah siap. Karena infrastruktur kita sudah kayak kemarin saat MotoGP. Jadi gak ada yang berubah. Malah saat MotoGP yang banyak, kita cukup siap," terang Arif.

Setelah tiba di BIZAM Lombok, selanjutnya logistik WSBK akan langsung dibawa ke Sirkuit Mandalika. Hal yang sama seperti saat WSBK 2021 dan MotoGP Mandalika pada Maret lalu. Logistik yang diangkut menggunakan barang utama yang berisi motor pembalap dan sparepart-nya.

Baca Juga: Kapal Cepat Bali - Mandalika, Alternatif Mahalnya Tiket Pesawat 

2. Logistik WSBK juga diangkut lewat jalur laut

Logistik WSBK Tiba di Lombok, Diangkut Tiga Pesawat Kargo Direktur Utama MGPA Priandhi Satria. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Sejumlah logistik WSBK Mandalika juga sudah berdatangan sejak beberapa Minggu lalu lewat jalur laut dan tiba di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Mandalika Grand Prix Association (MGPA) mengaku sudah melakukan korespondensi dengan Dorna Sports pada tiga Minggu yang lalu kaitan dengan kedatangan logistik WSBK 2022.

Direktur Utama MGPA, Priandhi Satria mengatakan beberapa kontainer logistik WSBK Mandalika telah tiba di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Logistik WSBK yang sudah diangkut melalui jalur laut masih ditaruh di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Pihaknya masih menunggu jumlah logistik dengan jumlah tepat kemudian akan dibawa ke Lombok. Logistik WSBK yang diangkut menggunakan jalur laut berupa barang-barang penunjang. Seperti hospitality, tenda dan barang-barang lainnya yang bukan untuk balap. Sedangkan logistik yang digunakan untuk balap diangkut menggunakan pesawat kargo.

3. Logistik WSBK 2021

Logistik WSBK Tiba di Lombok, Diangkut Tiga Pesawat Kargo Pendaratan perdana Qatar Airways yang membawa logistik World Superbike (WSBK) (Dok Diskominfotik NTB)

Saat gelaran WSBK 2021, ada 2 pesawat kargo yang mengangkut logistik. Logistik kargo WSBK masing-masing seberat 86.627 kilogram dan 59.046 kilogram. Kargo itu berisi logistik WSBK seperti motor pembalap Asia Talent Cup (ATC) dan pembalap WSBK.

saat gelaran WSBK Mandalika 2021, jumlah penumpang yang tiba dan berangkat dari BIZAM Lombok selama pekan penyelenggaraan event WSBK, 17-23 November 2021, tercatat rata-rata 5.700 penumpang per hari. Angka ini meningkat 50 persen jika dibandingkan dengan pergerakan penumpang pada hari-hari sebelumnya di bulan November 2021 yang rata-rata ada di angka 3.800 penumpang per hari.

Puncak arus kedatangan terjadi pada 19 November 2021, dimana terdapat 4.241 orang yang tiba di BIZAM Lombok. Sedangkan puncak arus keberangkatan terjadi pada 21 November 2021 dengan jumlah penumpang berangkat sebanyak 4.077 orang. Sementara untuk pergerakan pesawat, tercatat mengalami kenaikan sebesar 43 persen pada periode yang sama.

Pada 1-16 November 2021 rata-rata ada 37 pergerakan pesawat per hari, sedangkan pada 17-23 November 2021 rata-rata mencapai 53 pergerakan pesawat per hari. Jumlah rata-rata harian pergerakan penumpang dan pergerakan pesawat selama event WSBK ini merupakan yang tertinggi sepanjang tahun 2021.

Baca Juga: Wisatawan Beralih ke Mandalika, 'One Gate System' di Gili Merepotkan

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya