Libur Nataru, 'Booking' Kamar Hotel di Senggigi Hampir 100 Persen 

4.000 wisatawan diperkirakan kunjungi Senggigi

Lombok Barat, IDN Times - Menjelang libur natal 2022 dan tahun baru 2023 (Nataru), reservasi kamar hotel di Kawasan Pariwisata Senggigi, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), hampir telah mencapai 100 persen. Ketua Senggigi Hotel Association (SHA) I Ketut M. Jaya Kusuma menyebutkan bookingan kamar hotel telah mencapai 99 persen lebih.

"Booking-an kamar hotel di Senggigi sudah 99 persen lebih, hampir 100 persen. Hotel sudah hampir penuh," ungkap Ketut dikonfirmasi IDN Times, Selasa (20/12/2022).

1. Sekitar 4.000 wisatawan berlibur ke Senggigi

Libur Nataru, 'Booking' Kamar Hotel di Senggigi Hampir 100 Persen Pantai yang berada di kawasan pariwisata Senggigi Lombok Barat. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Ia menyebutkan jumlah akomodasi perhotelan di kawasan pariwisata Senggigi sebanyak 2.200 kamar. Sehingga diperkirakan jumlah wisatawan yang berlibur pada saat Nataru sekitar 4.000 orang lebih.

Ketut mengungkapkan, kunjungan wisatawan saat libur Nataru didominasi turis domestik. Mulai tanggal 23 - 26 Desember, wisatawan yang berkunjung liburan Natal sudah mulai berkunjung ke Senggigi. Sedangkan untuk tahun baru, biasanya sampai awal Januari 2023.

"Kalau dalam rangka natal itu mulai 22, 23, 24, 25 dan 26 Desember. Lima hari biasanya. Kebanyakan wisatawan domestik," terang Ketut.

Baca Juga: 30 Kapal Pesiar Sandar di Lombok, Lobar Siapkan 3 Paket Desa Wisata 

2. Hotel siapkan acara pesta tahun baru

Libur Nataru, 'Booking' Kamar Hotel di Senggigi Hampir 100 Persen Pesta kembang api di Festival Malam Chichi. (ohmatsuri.com)

General Manager Holiday Resort Lombok ini mengatakan untuk pesta tahun baru, setiap hotel menyipkan acara masing-masing. Holiday Resort Lombok sendiri akan menyambut tamu dengan naik perahu kemudian disambut tarian Gendang Beleq.

"Tamu naik perahu di Pantai Mangsit dan disambut gendang beleq," ungkapnya.

Tingkat hunian kamar hotel pada Nataru tahun ini, kata Ketut, meningkat signifikan dibandingkan tahun lalu. Pada libur Nataru tahun 2021, okupansi hotel di kawasan pariwisata Senggigi sebesar 60 persen. Sedangkan tahun ini sudah hampir mencapai 100 persen.

3. Okupansi kamar hotel di kawasan tiga Gili juga meningkat

Libur Nataru, 'Booking' Kamar Hotel di Senggigi Hampir 100 Persen Wisatawan saat berada di Gili Trawangan (IDN Times/Muhammad Nasir)

Selain Senggigi, kawasan tiga Gili di Lombok Utara juga menjadi tujuan wisatawan untuk liburan Nataru. Ketua Gili Hotel Association (GHA), Lalu Kusnawan menyebut tingkat hunian kamar hotel pada libur nataru diprediksi mencapai 80 - 85 persen.

Kusnawan menyebutkan jumlah akomodasi hotel di Gili Trawangan, Meno dan Air (Tramena) sekitar 6.000 kamar. Hotel-hotel yang berada di kawasan Gili Tramena, kata Kusnawan, sudah banyak yang menerima reservasi secara online.

Untuk wisatawan yang dibawa travel agen secara grup, biasanya menginap di hotel-hotel dengan kapasitas besar. Saat ini, kunjungan wisatawan ke kawasan Gili Tramena mencapai 800 - 900 orang per hari. Mayoritas merupakan wisatawan mancanegara.

Baca Juga: Libur Nataru, Penumpang Bandara Lombok Diprediksi 111.075 Orang 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya