Kuliner Ayam Taliwang dan Sate Rembiga Diburu di Strand Mall Malaysia

Gerai NTB Mall dibuka di pusat perbelanjaan Malaysia

Mataram, IDN Times - Kuliner khas Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) yaitu ayam taliwang dan sate rembiga diburu di Malaysia. Pemprov NTB resmi membuka gerai NTB Mall di salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Malaysia, Strand Mall pada Jumat (1/9/2023) pekan lalu.

Gerai NTB Mall di Malaysia menampilkan beragam produk lokal asal NTB seperti kuliner, tenun, dan ekonomi kreatif (Ekraf). "Semua jenis kuliner diburu. Seperti Ayam Taliwang, Sate Rembiga, Ayam Rarang, Sate Pusut, snack rumput laut, semuanya diburu," kata Kepala Dinas Perdagangan Provinsi NTB Baiq Nelly Yuniarti di Mataram, Selasa (5/9/2023).

1. Kuliner khas NTB dalam kemasan

Kuliner Ayam Taliwang dan Sate Rembiga Diburu di Strand Mall MalaysiaProduk Sate Rembiga Goyang Lidah juga dikemas dalam bentuk parcel (IDN Times/Muhammad Nasir)

Nelly menjelaskan kuliner khas Lombok itu telah dipacking dalam bentuk kemasan. Sehingga bisa bertahan dalam beberapa bulan. Kehadiran gerai NTB Mall yang menjual berbagai produk lokal khas Lombok di Malaysia juga mempermudah warga NTB yang sudah lama tinggal di Malaysia.

"Mereka tak susah lagi kalau kangen sate rembiga, sate pusut, ayam taliwang, tinggal mereka beli. Masyarakat di Malaysia juga tertarik sekali dengan kuliner-kuliner yang sudah kita packing. Dengan kemasan yang bagus, legalitas yang baik, produk lokal kita bisa menembus pasar internasional," ungkap Nelly.

Baca Juga: Usai Penggeledahan, KPK Periksa Sekda Kota Bima di Polda NTB

2. Produk kosmetik NTB ditolak Malaysia

Kuliner Ayam Taliwang dan Sate Rembiga Diburu di Strand Mall MalaysiaKepala Dinas Perdagangan NTB Baiq Nelly Yuniarti. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Dari berbagai produk lokal yang dijual di gerai NTB Mall, hanya produk kosmetik yang ditolak masuk Malaysia. Menurut Nelly, Malaysia punya syarat tersendiri khusus untuk produk kosmetik.

"Sedangkan produk tenun, ekraf dan produk olahan makanan masih bisa masuk. Yang banyak diminati adalah makanan olahan kita. Sangat antusias warga NTB yang menetap di Malaysia, mereka jumlahnya sangat banyak," tutur Nelly.

CEO NTB Mall, Indah Purwanti menyebut pihaknya melibatkan 150 UMKM lokal dengan berbagai produk unggulan serta turunannya seperti tenun, ketak, hingga kuliner. Dengan adanya gerai NTB Mall di Malaysia merupakan salah satu langkah agar produk lokal NTB go global.

3. Produk lokal NTB harus dikenal di seluruh dunia

Kuliner Ayam Taliwang dan Sate Rembiga Diburu di Strand Mall MalaysiaWakil Gubernur NTB Hj. Sitti Rohmi Djalilah (IDN Times/Muhammad Nasir)

Sementara, Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalillah mengatakan kehadiran NTB Mall di Malaysia merupakan bentuk komitmen Pemprov NTB dalam upaya memajukan dan memfasilitasi UMKM NTB dengan memperkenalkan berbagai produk unggulannya.

"NTB Mall adalah wujud hajat kami dalam menaikkelaskan produk UMKM lokal, tidak hanya di NTB atau Indonesia namun harus dikenal di seluruh dunia," kata Wagub Rohmi.

Dikatakan, semua produk di NTB Mall adalah produksi asli dari para pelaku UMKM binaan Pemprov NTB seperti tenun, mutiara yang selanjutnya perlu layak mendapatkan pasar hingga ke seluruh dunia termasuk Malaysia. Ia berharap kerja sama antara NTB dan Malaysia pada sektor perdagangan akan semakin mempererat hubungan kedua negara.

"Mudah-mudahan hadirnya NTB Mall semakin mendekatkkan NTB dengan Malaysia. Apalagi Lombok - Malaysia sudah ada direct flight 2 kali sehari maka semakin mudah," ujarnya.

Baca Juga: Pj Gubernur NTB Dilantik 19 September, Sehatkan APBD dan Soal Utang

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya