Keren! Sirkuit MXGP Samota Akan Dibangun Selama 1,5 Bulan

Pembangunan dimulai bulan April

Mataram, IDN Times - Pembangunan sirkuit Motocross Grand Prix (MXGP) Samota di Kabupaten Sumbawa Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) akan segera dimulai pada bulan April mendatang.

Ditargetkan pembangunan sirkuit untuk kejuaraan motocross dunia tersebut dikerjakan selama 1,5 bulan. Sehingga Sirkuit MXGP Samota diperkirakan rampung pada pertengahan Mei mendatang.

"Informasi yang kita dengar mulai bulan April. Butuh waktu sekitar 1 sampai 1,5 bulan untuk pengerjaannya," kata Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi NTB Yusron Hadi di Mataram, Rabu (30/3/2022).

1. Panjang lintasan Sirkuit MXGP Samota 1,8 km

Keren! Sirkuit MXGP Samota Akan Dibangun Selama 1,5 BulanDesain Sirkuit MXGP Samota Sumbawa (facebook.com/Bang Zul Zulkieflimansyah)

Perhelatan MXGP Samota telah masuk kalender event pada 24 - 26 Juni mendatang. Sirkuit MXGP Samota memiliki panjang 1,8 km. Ini akan menjadi sirkuit kebanggaan masyarakat NTB setelah pembangunan Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah.

"MXGP kalender event sudah ada pada 24 - 26 Juni. Teman-teman Dinas Pariwisata Kabupaten Sumbawa juga sudah melakukan persiapan-persiapan," imbuh Yusron.

Baca Juga: 10 Desa Lingkar Mandalika Belum Punya Fasilitas Penanganan Sampah

2. Siapkan akomodasi MXGP Samota

Keren! Sirkuit MXGP Samota Akan Dibangun Selama 1,5 BulanKepala Dispar Provinsi NTB Yusron Hadi (IDN Times/Muhammad Nasir)

Yusron menambahkan pihaknya sudah menggelar rapat secara virtual dengan Dinas Pariwisata Sumbawa untuk sama-sama bersinergi mempersiapkan hal-hal yang diperlukan saat MXGP Samota dari aspek pariwisata. Seperti persiapan akomodasi, pelibatan UMKM, atraksi dan promosi pariwisata.

"Besok Jumat kami meeting untuk koordinasi bersama Kabupaten Sumbawa dan OPD lainnya di tingkat provinsi yang berkaitan langsung dengan MXGP," kata Yusron.

3. Ketersediaan akomodasi di Sumbawa 900 kamar

Keren! Sirkuit MXGP Samota Akan Dibangun Selama 1,5 Bulanchildmags.com.au

Disebutkan, jumlah akomodasi pariwisata di Kabupaten Sumbawa sebanyak 900 kamar berupa hotel dan homestay. Belum lagi ditambah akomodasi di Kabupaten Sumbawa Barat sebanyak 200 kamar, Bima dan Dompu sekitar 500 kamar.

"Kita berharap gelaran MXGP bisa membangkitkan pariwisata di Pulau Sumbawa. Sektor ekonomi kreatif juga bisa hadir langsung. Sehingga event ini berdampak terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Pulau Sumbawa," harapnya.

Untuk mengatasi kekurangan jumlah akomodasi telah disiapkan lahan seluas 140 hektare. Pada lahan seluas itu akan dibangun glamping untuk penginapan. Namun dari 140 hektare lahan yang disediakan kemungkinan terpakai sekitar 30 - 50 hektare.

Karakteristik orang yang menonton MXGP dan MotoGP berbeda. Glamping sangat cocok untuk penonton MXGP. Sehingga berapapun jumlah penonton telah disiapkan glamping.

Baca Juga: Jokowi Akan Groundbreaking Shrimp Estate Rp2,25 Triliun di Sumbawa

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya