Kemenparekraf Gelontorkan Rp24 Miliar untuk Event Motocross di NTB

Side event trabas dan touring motor diikuti 3.000 peserta

Mataram, IDN Times - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggelontorkan anggaran sebesar Rp24 miliar untuk mendukung gelaran event Lombok Sumbawa Motocross Competition 2023. Event Lombok Sumbawa Motocross Competition 2023 akan digelar pada 24 - 26 November mendatang.

Kepala Dinas Pariwisata NTB Jamaluddin Maladi menjelaskan tujuan Kemenparekraf mendukung gelaran event Lombok Sumbawa Motocross Competition 2023 agar wisatawan baik domestik dan mancanegara tetap berkunjung ke NTB meskipun saat ini masa low season.

"Anggaran ini totalnya Rp24 miliar. Maksud dan tujuannya setelah MotoGP Mandalika 2023 selesai, supaya pariwisata Indonesia khususnya NTB tidak sepi pada saat low season. Jadi supaya target kunjungan wisatawan ke NTB bisa terpenuhi 2 juta orang tahun ini," kata Jamaluddin dikonfirmasi Senin (13/11/2023).

1. Perkuat posisi NTB sebagai pengembangan sport tourism di Indonesia

Kemenparekraf Gelontorkan Rp24 Miliar untuk Event Motocross di NTBMarshal MXGP Samota Sumbawa 2022. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Kegiatan event Lombok Sumbawa Motocross Competition 2023 akan semakin menguatkan posisi NTB sebagai provinsi yang mengembangkan sport tourism di Indonesia. Jamaluddin menjelaskan Pemerintah Pusat melalui Kemenparekraf memberikan bantuan kepada pemerintah daerah untuk menggelar event pariwisata termasuk NTB.

"Kenapa event motocross? Karena kita NTB merupakan provinsi yang menjadi pengembangan sport tourism di Indonesia. Apalagi dengan keberadaan Sirkuit Mandalika. Ada gelaran MotoGP, WSBK dan juga MXGP yang sudah digelar," terangnya.

Baca Juga: Gantikan Fauzan, Sumiatun Menjadi Bupati Perempuan Pertama di Lombok

2. Berharap lahirkan pembalap motocross internasional

Kemenparekraf Gelontorkan Rp24 Miliar untuk Event Motocross di NTBKepala Dinas Pariwisata NTB, Jamaluddin Maladi. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Kejurnas Motocross yang akan digelar pada 24 - 26 November mendatang diharapkan dapat menjadi wadah talenta-talenta nasional untuk berlomba. Saat ini, NTB memiliki dua sirkuit motocross bertaraf internasional yaitu Sirkuit Samota Sumbawa dan Sirkuit Selaparang Kota Mataram.

Selain itu, NTB juga punya dua sirkuit bertaraf nasional yaitu Sirkuit Lantan Lombok Tengah dan Sirkuit Tohpati Kota Mataram. Untuk gelaran Lombok Sumbawa Motocross Competition 2023 akan digelar di Sirkuit Tohpati Kota Mataram.

"Kenapa kita menggelar Kejurnas Motocross. Karena talenta-talenta nasional bisa ada tempat berlomba. Sehingga kedepannya kita berharap melahirkan pembalap internasional," tuturnya.

3. Ada side event trabas dan touring dengan target 3.000 peserta

Kemenparekraf Gelontorkan Rp24 Miliar untuk Event Motocross di NTBKick Off event Lombok Sumbawa Motocross Competition 2023 di Sarinah Jakarta, Rabu malam (8/11/2023). (IDN Times/Muhammad Nasir)

Gelaran Lombok Sumbawa Motocross Competition 2023, sebut Jamaluddin, akan diikuti sebanyak 300 pembalap dari seluruh Indonesia. Selain itu, ada juga side event trabas dan touring motor yang ditargetkan diikuti sebanyak 3.000 peserta.

Side event trabas ini juga akan diikuti peserta dari seluruh Indonesia tanpa dipungut biaya pendaftaran. Biasanya, peserta dipungut biaya pendaftaran sebesar Rp400 ribu sampai Rp500 ribu per orang.

Kegiatan trabas ini akan melewati sejumlah destinasi wisata NTB mulai dari Sembalun Lombok Timur dan finish di eks Bandara Selaparang Kota Mataram.

"Tujuannya supaya destinasi wisata kita di pulau Lombok yang begitu banyak dapat dieksplor oleh para peserta. Pendaftaran itu kita ganti mereka wajib punya video pendek terkait destinasi wisata dan dishare di media sosial," terang Komandan Lapangan MotoGP Mandalika 2023 ini.

Untuk menggaet lebih banyak peserta, Dinas Pariwisata bersama Ikatan Motor Indonesia (IMI) NTB melakukan kick off Lombok Sumbawa Motocross Competition 2023 di empat kota besar yang berada di Pulau Jawa. Yaitu Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan Surabaya.

Baca Juga: Jadwal Kapal DLU Rute Lombok - Surabaya Pekan Ketiga November 2023

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya