Gantikan Fauzan, Sumiatun Menjadi Bupati Perempuan Pertama di Lombok

Sumiatun gantikan Fauzan Khalid yang menjadi Caleg DPR RI

Mataram, IDN Times - Wakil Bupati Lombok Barat Sumiatun resmi dilantik menjadi Bupati Lombok Barat menggantikan Fauzan Khalid yang mencalonkan diri sebagai Caleg DPR RI dari Partai Nasdem. Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dilakukan Penjabat (Pj) Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi di Graha Bhakti Praja Kompleks Kantor Gubernur, Senin (13/11/2023).

Pj Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi mengatakan bahwa Sumiatun merupakan bupati perempuan pertama di Pulau Lombok. Sedangkan di Pulau Sumbawa, ada Bupati Bima Indah Dhamayanti Putri dan Wakil Bupati Sumbawa Dewi Noviany yang menjadi kepala daerah perempuan.

"Saya surprise. Beliau adalah pemecah telur, wanita pertama di Pulau Lombok yang menjadi bupati. Bahkan hebatnya, jabatan puncak di daerah wakil bupati dan bupati bisa diraih," kata Gita dikonfirmasi usai pelantikan.

1. Tak sangsikan kapasitas Sumiatun

Gantikan Fauzan, Sumiatun Menjadi Bupati Perempuan Pertama di LombokPj Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Gita menyatakan tidak menyangsikan kapasitas yang dimiliki Sumiatun. Pasalnya, sebelum menjadi Wakil Bupati Lombok Barat, dia juga pernah menjabat Ketua DPRD Lombok Barat. Selain itu, Sumiatun juga merupakan Ketua DPD II Partai Golkar Lombok Barat.

"Jadi kalau dinamika politik, beliau sudah hafal dan paham. Kemudian beliau adalah wakil bupati. Sehingga tentu rencana bagaimana progres, kendala yang dihadapi oleh Pemda Lombok Barat dalam mewujudkan dan memfinalkan RPJMD 2019 - 2024," ucap Gita.

Baca Juga: Jadwal Kapal DLU Rute Lombok - Surabaya Pekan Ketiga November 2023

2. Atasi kemiskinan ekstrem, stunting dan pengendalian inflasi

Gantikan Fauzan, Sumiatun Menjadi Bupati Perempuan Pertama di LombokSuasana pelantikan Bupati Lombok Barat Sumiatun di Graha Bhakti Praja Kompleks Kantor Gubernur NTB, Senin (13/11/2023). (IDN Times/Muhammad Nasir)

Gita menjelaskan pengangkatan Sumiatun menjadi Bupati Lombok Barat karena Bupati Fauzan Khalid mengundurkan diri. Fauzan Khalid mengundurkan diri sebagai Bupati Lombok Barat setelah ditetapkan masuk Daftar Calon Tetap (DCT) Anggota DPR RI Dapil NTB 2 Pulau Lombok.

Supaya roda pemerintahan di daerah tidak terjadi stagnasi, maka Wakil Bupati Lombok Barat Sumiatun diangkat menjadi bupati. Tugasnya memastikan stabilitas sosial, ekonomi, keamanan dan ketertiban di Lombok Barat tetap terjaga menjelang pemilu 2024.

Bersama dengan Pemprov NTB dan Pemerintah Pusat, Lombok Barat sebagai bagian integral harus berjuang mengatasi kemiskinan ekstrem, menurunkan stunting, dan pengendalian inflasi.

Sumiatun bertugas menciptakan suasana kondusif di masyarakat agar pemilu dapat terselenggara dengan aman, damai dan menggembirakan.

3. Pererat sinergi dengan Forkopimda

Gantikan Fauzan, Sumiatun Menjadi Bupati Perempuan Pertama di LombokBupati Lombok Barat Sumiatun. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Selain itu, Sumiatun juga diminta mempererat sinergi dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), tokoh agama, tokoh masyarakat, dan selururuh lapisan masyarakat untuk menciptakan suasana yang kondusif menyambut pemilu dan pilkada 2024 mendatang.

"Dengan keberadaan Ibu Bupati di Lombok Barat selama ini akan mampu menciptakan suasana kondusif menjelang pemilu dan pilkada 2024 mendatang," pinta Miq Gite.

Gita meminta kepada seluruh pihak untuk menyambut tahun politik dengan riang gembira. Khususnya di Provinsi NTB, pemilu dan pilkada diharapkan dapat berlangsung aman tanpa adanya konflik berkepanjangan.

Baca Juga: Jadwal Kapal Rute Lombok - Banyuwangi pada Senin 13 November 2023 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya