Kekurangan Tenaga Teknis, 71 Honorer Pemprov NTB Diangkat Jadi PPPK

PPPK diminta tidak bermalas-malasan

Mataram, IDN Times - Pemprov Nusa Tenggara Barat (NTB) menyerahkan SK pengangkatan sebanyak 71 tenaga honorer yang diangkat menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Mataram, Kamis (9/11/2023). Mereka merupakan tenaga teknis yang selama ini menjadi honorer di Pemprov NTB.

"Keseluruhannya merupakan PPPK kuota optimalisasi akibat kekurangan pegawai teknis," kata Penjabat (Pj) Sekda NTB Fathurrahman.

1. Jaga netralitas menjelang tahun politik

Kekurangan Tenaga Teknis, 71 Honorer Pemprov NTB Diangkat Jadi PPPKPenandatanganan komitmen mewujudkan netralitas ASN di Hotel Aryaduta Makassar, Senin (9/3). IDN Times/Asrhawi Muin

Fathurrahman meminta kepada PPPK teknis yang baru menerima SK agar menjaga netralitas menjelang tahun politik. Selain itu, ia juga meminta agar mereka meningkatkan disiplin, loyalitas kerja, serta punya inovasi.

"Disiplin, loyalitas kerja, serta inovasi kinerja harus terus ditingkatkan," pintanya.

Baca Juga: Lampaui Target, Realisasi Investasi NTB Tembus Rp25,9 Triliun

2. PPPK diminta tidak bermalas-malasan

Kekurangan Tenaga Teknis, 71 Honorer Pemprov NTB Diangkat Jadi PPPKPenjabat Sekda NTB Fathurrahman. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Mantan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) NTB ini meminta kepada seluruh PPPK Teknis yang baru mendapatkan SK pengangkatan supaya mampu memmberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dimana pun bertugas. Peningkatan kualitas pelayanan publik menjadi penting untuk memenuhi harapan masyarakat.

Ia juga mengingatkan bahwa Pemprov NTB akan rutin melakukan evaluasi terhadap hasil kinerja para aparatur sipil negara (ASN) tersebut. Oleh karena itu, PPPK Teknis yang baru diangkat diminta untuk tidak bermalas-malasan.

3. 412 guru honorer P1 lulus jadi PPPK tanpa tes

Kekurangan Tenaga Teknis, 71 Honorer Pemprov NTB Diangkat Jadi PPPKPenyerahan SK pengangkatan 71 PPPK Pemprov NTB, Kamis (9/11/2023). (dok. Istimewa)

Dalam rekrutmen PPPK Pemprov NTB 2023, sebanyak 412 guru honorer P1 langsung dinyatakan lulus menjadi PPPK tanpa tes. Dari 5.379 pelamar yang dinyatakan memenuhi syarat dari hasil seleksi administrasi dan pascasanggah pada 31 Oktober 2023 lalu, hanya sebanyak 4.967 orang yang ikut seleksi.

Sedangkan 412 pelamar yang merupakan guru honorer P1 tidak ikut seleksi karena langsung dinyatakan lulus menjadi PPPK Pemprov NTB. Sebanyak 4.967 pelamar tersebut akan melaksanakan seleksi kompetensi mulai 10 November 2023.

Terdiri dari 4.917 pelamar ikut seleksi kompetensi di Ruang Computer Assisted Test (CAT) BKD Provinsi NTB di Jalan Pejanggik No.14 Kota Mataram. Sedangkan 50 pelamar melaksanakan tes seleksi kompetensi di 26 titik lokasi yang berada di luar NTB hingga luar negeri.

Jumlah pelamar dalam rekrutmen PPPK Pemprov NTB tahun 2023 sebanyak 7.667 orang. Dimana, 1.410 pelamar yang terpental atau dinyatakan tidak memenuhi syarat setelah diberikan kesempatan untuk menyampaikan sanggahan.

Seleksi PPPK Pemprov NTB tahun 2023 memperebutkan sebanyak 2.031 formasi. Terdiri dari formasi tenaga guru sebanyak 1.335, formasi tenaga kesehatan 523 dan formasi tenaga teknis 173 formasi. Tetapi, ada puluhan formasi yang tidak ada pelamar atau peminatnya.

Baca Juga: Pj Gubernur NTB Inisiasi Sayembara untuk 'Sulap' Air Laut Jadi Tawar

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya