Kebutuhan Idul Adha, Pertamina Tambah 153.600 Tabung LPG 3 Kg di NTB

Awasi distribusi LPG 3 Kg hanya untuk masyarakat miskin

Mataram, IDN Times - PT. Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara (Jatimbalinus) menambah pasokan LPG 3 Kg untuk memenuhi kebutuhan saat Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriyah. Penambahan pasokan LPG subsidi ini untuk memastikan stok dalam keadaan aman demi kenyamanan dan kelancaran masyarakat dalam merayakan Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriyah.

Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus Ahad Rahedi, Senin (26/6/2023) menjelaskan pihaknya melakukan penambahan stok mulai 26 - 29 Juni 2023 di beberapa Kabupaten/Kota se-Jatimbalinus. Penambahan stok ini berdasarkan kebutuhan masing-masing wilayah setelah berkoordinasi dengan Pemda setempat.

1. Total ada penambahan 1,9 juta tabung LPG 3 Kg di Jatimbalinus

Kebutuhan Idul Adha, Pertamina Tambah 153.600 Tabung LPG 3 Kg di NTBIlustrasi tabung gas (LPG) subsidi dan non subsidi Pertamina. ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

Ahad menyebutkan Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus menambah lebih dari 1,5 juta Tabung LPG 3 kg. Jumlah tersebut di luar pasokan normal harian sebesar 5.792 metrik ton atau lebih dari 1,9 juta tabung LPG 3 kg.

"Diharapkan dengan tambahan ini masyarakat bisa aman dan nyaman melaksanakan kegiatan-kegiatan di hari raya tersebut,” ujar Ahad.

Adapun sebaran tambahan 1,5 Juta lebih tabung LPG 3 kg terbagi ke dalam beberapa wilayah. Untuk Provinsi Jawa Timur sebanyak 1.210.200 tabung. Sementara untuk Provinsi Bali sebanyak 183.680 tabung dan Provinsi NTB sebanyak 153.600 tabung.

Baca Juga: Stok Hewan Kurban di NTB Sebanyak 19.731 Ekor

2. LPG 3 Kg hanya untuk masyarakat miskin

Kebutuhan Idul Adha, Pertamina Tambah 153.600 Tabung LPG 3 Kg di NTBIlustrasi penambahan kuota gas elpiji 3 kilogram. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Ahad mengajak seluruh elemen masyarakat turut mengawasi konsumsi LPG subsidi, dimana hanya boleh untuk masyarakat miskin. Sehingga subsidi tepat sasaran di sektor LPG dapat terwujud.

“Karena ini subsidi, kami harapkan keterlibatan aktif berbagai pihak untuk mengawasi distribusi (terutama) di luar pangkalan resmi Pertamina atau pengecer,” kata Ahad.

Saat ini, Pertamina sedang melaksanakan sosialisasi dan pendataan subsidi tepat LPG 3 Kg secara bertahap di Pangkalan Resmi Pertamina yang berfungsi sebagai lembaga penyalur LPG resmi tingkat akhir yang langsung melayani konsumen secara individu. Masyarakat yang membutuhkan bisa membeli langsung ke Pangkalan Resmi LPG 3 Kg agar bisa mendapatkan harga eceran tertinggi (HET) sesuai dengan keputusan Gubernur wilayah masing-masing.

3. Stok BBM dipastikan aman

Kebutuhan Idul Adha, Pertamina Tambah 153.600 Tabung LPG 3 Kg di NTBStok BBM saat Hari Raya Idul Adha 1444 H dipastikan aman. (dok. Pertamina)

Di sisi lain untuk stok BBM di wilayah Jatimbalinus, kata Ahad, saat diturunkan sebesar 247.751 kiloliter untuk Gasoline dan 59.112 kilo liter untuk Gasoil. Jumlah tersebut dipastikan sangat aman menopang konsumsi normal harian rata-rata untuk Gasoline sebesar 17.200 kiloliter dan Gasoil sebesar 11.589 kilo liter.

“Kami pastikan ketersediaan stok BBM di SPBU aman, karena selain mobilisasi hari raya juga ada destinasi wisata yang sudah kita antisipasi,” terangnya.

Baca Juga: Naik Turun Bukit, Penonton Keluhkan Jauhnya Venue MXGP Sumbawa 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya