Keberangkatan Calon TKI NTB yang Gagal ke Malaysia Segera Diproses

Orientasi pra penempatan segera dilakukan

Mataram, IDN Times - Seratusan calon TKI NTB gagal terbang ke Malaysia pada Selasa (31/5/2022) lalu. Padahal mereka sudah disewakan pesawat charter oleh perusahaan penempatan pekerja migran Indonesia (P3MI) NTB yang sudah standby di Bandara Internasional Lombok.

UPT Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) NTB memastikan calon TKI akan diberangkatkan ke Malaysia setelah dokumen-dokumen mereka di-approval BP2MI Pusat. Setelah itu, calon TKI melakukan Orientasi Pra Penempatan (OPP) sebelum diberangkatkan ke Malaysia.

"Bisa (melakukan OPP). Sedang proses pengajuan kembali," kata Kepala UPT BP2MI NTB Abri Danar Prabawa dikonfirmasi IDN Times di Mataram, Sabtu (4/6/2022).

1. Segera sampaikan secara detail

Keberangkatan Calon TKI NTB yang Gagal ke Malaysia Segera DiprosesKepala UPT BP2MI NTB Abri Danar Prabawa (IDN Times/Muhammad Nasir)

Ditanya jumlah calon TKI yang datanya sudah masuk di sistem online BP2MI, Abri berjanji akan menyampaikannya dalam waktu dekat ini. Saat ini, semuanya sedang berproses.
"Nanti setelah clear, kami akan sampaikan lengkapnya. Segera kami sampaikan lebih detail. Mereka masih proses," ucapnya singkat.

Sebelumnya, Abri menjelaskan dokumen-dokumen yang sudah dimasukkan calon TKI ke dalam sistem penempatan PMI secara online harus di-approval oleh BP2MI. Karena ada beberapa dokumen calon TKI yang harus disesuaikan sehingga pemberangkatan mereka harus ditunda.

Pihaknya ingin memastikan semua dokumen calon TKI sudah benar. Dan mereka dipastikan sampai di negara penempatan terlindungi. Dikatakan, ada dokumen PMI yang belum sesuai sehingga keberangkatannya ditunda.

Pada Selasa (31/5/2022) baru ada 125 calon TKI yang sudah masuk datanya ke sistem online BP2MI. Setelah dokumen-dokumen yang disampaikan disetujui BP2MI, barulah dilakukan OPP kepada calon TKI.

Baca Juga: MXGP Samota Segera Digelar, Penjualan Tiket Online sampai 20 Juni 2022

2. Diatensi Polda NTB

Keberangkatan Calon TKI NTB yang Gagal ke Malaysia Segera DiprosesKabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto (Dok. Polda NTB)

Polda NTB mendalami kasus gagalnya pemberangkatan ratusan calon TKI NTB ke Malaysia pada Selasa (31/5/2022) lalu. Akibatnya, ratusan calon TKI tersebut kemudian mendatangi Kantor UPT Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) NTB, Selasa (31/5/2022) sore hingga petang.

Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto mengatakan polisi masih mendalami persoalan tertundanya pemberangkatan ratusan calon TKI asal NTB tersebut. Antara BP2MI Pusat dan UPT BP2MI NTB masih harus koordinasi terlebih dahulu.

Mereka harus ada kesepahaman tentang visa yang akan digunakan untuk penempatan pekerja migran terkait pemberlakuan single entry visa. "Kita mendalami permasalahnnya apa sebenarnya. Kenapa tidak keluar OPP," kata Artanto.

3. Koordinasi dengan BP2MI

Keberangkatan Calon TKI NTB yang Gagal ke Malaysia Segera DiprosesRatusan PMI meninggalkan Kantor UPT BP2MI NTB usai mendengarkan penjelasan dari APPMI NTB terkait dengan kejelasan pemberangkatan ke Malaysia (IDN Times/Muhammad Nasir)

Artanto menjelaskan aparat kepolisian berkoordinasi dengan UPT BP2MI mengenai faktor yang menyebabkan ratusan calon TKI tersebut gagal diberangkatkan ke Malaysia. Pihaknya mendapatkan informasi untuk pemberangkatan TKI ke luar negeri aturannya melalui single entry visa.

"Ini baru informasi. Ini harus kita sinkronisasi dulu. Kita harus sinkronisasi dulu kesepahamannya seperti apa. Supaya tidak terjadi masalah berlanjut," terangnya.

Berdasarkan data yang diperoleh kepolisian ada 203 calon TKI asal NTB yang akan berangkat ke luar negeri. Namun sebanyak 143 orang datanya masih entry di sistem BP2MI.

Baca Juga: 2 Calo Tiket Bus di Mataram ini Nyambi Jualan Sabu 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya