Kapal Cepat Layani Rute Lombok-Sumbawa, Harga Tiket Rp175 Ribu 

Waktu tempuh cuma 30 menit

Mataram, IDN Times - Operator kapal cepat PT Peninsula Nusa Tenggara (PNT) segera membuka rute pelayaran Lombok-Sumbawa dari Pelabuhan Kayangan, Kabupaten Lombok Timur (NTT) menuju Pelabuhan Pototano, Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Rencananya, PNT akan membuka rute kapal cepat Lombok-Sumbawa pada 6 Januari 2024 pekan ini.

Supervisor PNT Dava Aria Marangga mengatakan, layanan kapal cepat ini akan memperpendek waktu tempuh menjadi 30 menit. Jika menggunakan kapal feri dari Pelabuhan Kayangan-Pelabuhan Pototano, waktu tempuh biasanya sampai 2 jam.

"Estimasi waktu penyeberangan menggunakan kapal cepat ini dari Kayangan ke Pototano selama 30 menit," kata Dava dikonfirmasi IDN Times, Senin (1/1/2024).

1. Layani 4 trip penyeberangan kapal cepat

Kapal Cepat Layani Rute Lombok-Sumbawa, Harga Tiket Rp175 Ribu Kursi penumpang kapal cepat PNT. (dok. Istimewa)

Dava menjelaskan kapasitas kapal cepat PNT sebanyak 80 seat atau kursi. Layanan kapal cepat Kayangan-Pototano beroperasi pukul 07.00 hingga 09.00 Wita. Kapal cepat ini akan beroperasi dari hari Senin sampai Kamis.

Sedangkan pada hari Jumat, Sabtu dan Minggu melayani paket wisata ke Pulau Kenawa Sumbawa Barat, Pulau Moyo Kabupaten Sumbawa hingga Labuan Bajo NTT. Untuk layanan kapal cepat reguler dari Pelabuhan Kayangan-Pelabuhan Pototano sebanyak dua trip, begitu juga dari Pelabuhan Pototano-Pelabuhan Kayangan sebanyak dua trip.

"Sehingga ada empat trip sehari. Itu dari hari Senin sampai Kamis," terangnya.

Baca Juga: Jadwal Kapal Rute Lombok - Bali pada Senin 1 Januari 2024

2. Harga tiket mulai Rp175 ribu

Kapal Cepat Layani Rute Lombok-Sumbawa, Harga Tiket Rp175 Ribu Penukaran tiket online. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Untuk layanan kapal cepat dari Pelabuhan Kayangan-Pelabuhan Pototano dan sebaliknya terdiri dari dua kelas penumpang. Yaitu kelas reguler Rp175 ribu dan kelas bisnis Rp225 ribu. 

Penumpang akan diantar menggunakan mobil Hiace dari Mataram ke Pelabuhan Kayangan. Setelah sampai di Pelabuhan Pototano, penumpang juga diantar sampai Sumbawa.

"Kita sudah siapkan mobil Hiace kapasitas 14 orang dijemput di pool Ampenan Mataram. Langsung antar ke Pelabuhan Kayangan. Harga tiket Rp175 ribu sudah include dengan diantar pakai mobil Hiace," terangnya.

Sedangkan untuk kelas bisnis harga tiket kapal cepat sebesar Rp225 ribu. Penumpang juga diantar dari Mataram ke Pelabuhan Kayangan dan Pelabuhan Pototano ke Sumbawa menggunakan mobil Innova Reborn.

"Kalau itu kita jemput dan antar sampai rumah," tambahnya.

3. Siapkan paket wisata ke Pulau kecil di Sumbawa dan Labuan Bajo

Kapal Cepat Layani Rute Lombok-Sumbawa, Harga Tiket Rp175 Ribu Pemandangan Air Terjun Jitu di Pulau Moyo (twitter.com/renatadiyanra)

Dava menambahkan pihaknya juga melayani paket wisata pada hari Jumat, Sabtu dan Minggu ke sejumlah destinasi wisata di Pulau Sumbawa dan Labuan Bajo NTT. Seperti trip ke Pulau Kenawa Sumbawa Barat, trip ke Pulau Moyo Sumbawa dan trip ke Labuan Bajo.

"Itu harga paketnya kita akan launching, masih dirancang. Pada hari Jumat sampai Minggu khusus trip saja. Senin sampai Kamis layanan kapal cepat reguler Kayangan-Pototano," terang Dava.

Dava mengungkapkan alasan dibukanya layanan kapal cepat Lombok-Sumbawa. Karena semakin banyaknya event-event internasional di Pulau Lombok.

"Jadi kita mendukung pariwisata NTB. Mempermudah akses ke destinasi wisata di NTB," tandasnya.

Baca Juga: [WANSUS] Menyulap Lahan Bekas Tambang Jadi Desa Wisata Kelas Dunia

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya