Jembatan Penghubung Bima-Dompu akan Dibangun Tahun 2023 

Biaya pembangunan sebesar Rp600 miliar

Mataram, IDN Times - Pemerintah akan membangun Jembatan Lewamori yang menghubungkan dua daerah di Nusa Tenggara Barat (NTB) terpisah, yakni Kabupaten Bima dan Dompu pada tahun 2023. Pembangunan jembatan yang cukup megah dengan panjang 400 meter ini diperkirakan menelan anggaran hinggaRp600 miliar. 

"Alhamdulillah Kemendagri dan Bappenas menjadikan pembangunan Jembatan Lewamori ini urutan pertama diakomodasi pusat pada tahun depan," kata Kepala Dinas PUPR NTB Ridwan Syah dikonfirmasi usai Musrenbang RKPD NTB 2023 di Mataram, Kamis (31/3/2022).

1. Biaya membengkak jadi Rp600 miliar

Jembatan Penghubung Bima-Dompu akan Dibangun Tahun 2023 Kepala Dinas PUPR NTB Ridwan Syah (IDN Times/Muhammad Nasir)

Ridwan mengungkapkan, pembangunan Jembatan Lewamori sudah sejak lama diusulkan. Bahkan pada 2021 telah mendapatkan alokasi anggaran dari APBN.

Tetapi anggarannya terkena refocusing sehingga tidak bisa dilaksanakan pada 2022.
Berdasarkan desain awal, biaya pembangunan jembatan yang berada di Teluk Bima ini sebesar Rp480 miliar. Namun akan dilakukan review desain, dan biayanya diperkirakan membengkak menjadi Rp600 miliar.

Jembatan Lewamori ini total biayanya pada saat awal Rp480 miliar. Tapi informasi terakhir biayanya di atas Rp600 miliar," sebut Ridwan.

Baca Juga: Keren! Sirkuit MXGP Samota Akan Dibangun Selama 1,5 Bulan

2. Jadi pemicu pengembangan kawasan Teluk Bima

Jembatan Penghubung Bima-Dompu akan Dibangun Tahun 2023 Pantai Nisa Wawi, Bima (gortipina.com)

Mantan Kepala Bappeda NTB ini menambahkan, keberadaan Jembatan Lewamori diharapkan menjadi pemicu pengembangan kawasan Teluk Bima. Dengan dibangunnya Jembatan Lewamori ini ada beberapa manfaat  bagi masyarakat.

Pertama, memperpendek jarak dari Dompu menuju Bandara Sultan Salahuddin Bima menjadi 20 menit. Kedua, dengan dibangunnya jembatan ini menjadikan Teluk Bima menjadi wisata bahari dan pengembangan sektor perikanan kelautan.

"Dengan anggaran yang besar ada beberapa opsi. Apakah setahun atau multiyears. Kita serahkan ke pusat," imbuhnya.

3. Akan menjadi ikon baru di Bima

Jembatan Penghubung Bima-Dompu akan Dibangun Tahun 2023 Pantai Moti To'i, Bima (liburdulu.com)

Jembatan Lewamori ini, kata Ridwan nantinya bisa menjadi ikon baru Bima. Bentuknya nanti seperti Jembatan Samota di Kabupaten Sumbawa yang melengkung.

Ia menambahkan, Pemda Kabupaten Bima sudah lama menantikan realisasi pembangunan Jembatan Lewamori. Karena Pemda setempat sudah melakukan pembebasan lahan dengan anggaran sebesar Rp10 miliar. Bahkan, pembangunan Jembatan Lewamori telah mengantongi rekomendasi dari Kementerian Perhubungan karena letaknya dekat Bandara Sultan Saluhuddin Bima milik Kemenhub.

"Semua sudah siap, tinggal bangun saja. Bupati Bima menunggu ini. Bandara Salahuddin sudah diperpanjang sehingga bisa didarati pesawat Boeing. Ini akan memperlancar konektivitas dari Bima ke Dompu," tandasnya.

Baca Juga: Pemprov NTB Berutang Rp500 Miliar untuk Pembangunan RSUDP NTB

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya