Ini Calon Penjabat Bupati Lotim dan Wali Kota Bima Usulan Gubernur NTB

Nama penjabat ditetapkan sebelum 26 September 2023

Mataram, IDN Times - Teka-teki siapa nama calon Penjabat Bupati Lombok Timur (Lotim) dan Penjabat Wali Kota Bima yang diusulkan Gubernur NTB Zulkieflimansyah ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri) terjawab. Melalui surat No.120/424/Pem dan OTDA/2023 tanggal 7 Agustus 2023, Gubernur Zulkieflimansyah telah mengajukan masing-masing tiga nama calon Penjabat Bupati Lotim dan Penjabat Wali Kota Bima.

Surat usulan Gubernur NTB Zulkieflimansyah tersebut menindaklanjuti Surat Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 100.2.1.3/3735/SJ, tanggal 21 Juli 2023 perihal usulan nama Calon Penjabat Bupati/Wali Kota. Bahwa masa jabatan Bupati/Wakil Bupati Lombok Timur dan Wali Kota/Wakil Wali Kota Bima akan berakhir pada bulan September 2023.

"Untuk menjamin keberlangsungan penyelenggaraan pemerintahan daerah di Kapuaten Lombok Timur dan Kota Bima bersama ini diusulkan Pejabat Aparatur Sipil Negara yang menduduki Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama yang dipandang cakap dan mampu melaksanakan tugas sebagai Penjabat Bupati dan Wali Kota," bunyi surat Gubernur Zulkieflimansyah kepada Mendagri.

1. Tiga nama calon Penjabat Bupati Lotim usulan Gubernur NTB

Ini Calon Penjabat Bupati Lotim dan Wali Kota Bima Usulan Gubernur NTBUsulan Calon Penjabat Bupati Lotim, masing-masing Muhammad Juaini Taofik, Fathul Gani dan Ahsanul Khalik. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Tiga nama calon Penjabat Bupati Lotim yang diusulkan Gubernur NTB Zulkieflimansyah, antara lain:

1. Kepala Dinas Sosial Provinsi NTB, Ahsanul Khalik
2. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) NTB, Iswandi
3. Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda NTB, Fathul Gani.

Sebelumnya, DPRD Lotim juga mengajukan tiga nama calon Penjabat Bupati Lotim ke Mendagri. Tiga nama calon Penjabat Bupati yang diajukan DPRD Lotim, yaitu:

1. Sekretaris Daerah Kabupaten Lotim, Muhammad Juaini Taofik
2. Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda NTB, Fathul Gani
3. Kepala Dinas Sosial Provinsi NTB, Ahsanul Khalik.

Baca Juga: Hanun, Bocah 10 Tahun yang Berhasil Sampai Puncak Gunung Rinjani 

2. Tiga nama calon Penjabat Wali Kota Bima usulan Gubernur NTB

Ini Calon Penjabat Bupati Lotim dan Wali Kota Bima Usulan Gubernur NTBKepala Dinas Perindustrian NTB Nuryanti (Dok. Istimewa)

Sementara, untuk calon Penjabat Wali Kota Bima, Gubernur NTB Zulkieflimansyah juga mengusulkan tiga nama. Antara lain:

1. Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB, Nuryanti
2. Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB, Muslim
3. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) NTB, Mohammad Rum.

Sedangkan tiga nama calon Penjabat Wali Kota Bima yang diusulkan DPRD Kota Bima, yaitu:
1. Pejabat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Edy Suharmanto
2. Kepala Dinas PUPR NTB, Mohammad Rum
3. Sekda Kota Bima, Muhtar Landa.

3. Nama Penjabat Bupati Lotim dan Wali Kota Bima ditetapkan sebelum 26 September 2023

Ini Calon Penjabat Bupati Lotim dan Wali Kota Bima Usulan Gubernur NTBKepala Biro Pemerintahan Setda NTB Lalu Hamdi. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Kepala Biro Pemerintahan Setda NTB Lalu Hamdi di Mataram, Rabu (16/8/2023) menjelaskan usulan nama calon Penjabat Bupati Lotim dan Wali Kota Bima serta Penjabat Gubernur NTB sudah berada di tangan Mendagri. Untuk nama Penjabat Bupati Lotim dan Wali Kota akan keluar sebelum 26 September mendatang, sedangkan nama Penjabat Gubernur NTB akan keluar sebelum 19 September 2023.

Untuk pelantikan Penjabat Gubernur NTB akan dilakukan di Jakarta bersama sejumlah Penjabat Gubernur beberapa provinsi yang berakhir masa jabatannya pada bulan September 2023. Sedangkan untuk pelantikan Penjabat Bupati Lotim dan Wali Kota Bima akan dilaksanakan di Kota Mataram, ibukota provinsi NTB yang akan dilakukan oleh Penjabat Gubernur NTB.

Baca Juga: Bule Inggris Aniaya Pacarnya di Gili Meno Gegara Cemburu 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya