IMI NTB : Mandalika Berpeluang Jadi Pengganti MotoGP Finlandia 

Dorna Sports umumkan MotoGP tahun ini hanya 20 seri

Mataram, IDN Times - Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) NTB mengatakan Sirkuit Mandalika berpeluang menjadi pengganti MotoGP Finlandia. Meski Dorna Sports sudah mengumumkan bahwa MotoGP tahun ini hanya 20 seri, sebab MotoGP Finlandia dibatalkan, namun IMI Pusat tetap berupaya untuk mengambil slot itu.

MotoGP seri Finlandia 2022 terpaksa dibatalkan. Balapan di Sirkuit KymiRing kemungkinan baru bisa digelar pada 2023 mendatang, menyusul berbagai masalah yang ditemukan.

1. Lakukan pendekatan

IMI NTB : Mandalika Berpeluang Jadi Pengganti MotoGP Finlandia Ketua IMI Provinsi NTB, dr. Lalu Herman Mahaputra (IDN Times/Muhammad Nasir)

Ketua IMI NTB dr. Lalu Herman Mahaputra menyatakan pihaknya menunggu informasi lebih lanjut dari IMI Pusat. IMI Pusat sedang melakukan pendekatan ke Dorna Sports.

"Yang jelas ada peluang dialihkan ke Mandalika. Kita menunggu informasi lebih lanjut dari IMI Pusat. Mungkin saat ini dilakukan pendekatan-pendekatan. Semoga saja bisa dialihkan ke Indonesia, ke Mandalika," kata Herman Mahaputra dikonfirmasi IDN Times di Mataram, Senin (6/6/2022).

Baca Juga: TKI NTB Sumbang Devisa Rp264,5 Miliar dalam Empat Bulan 

2. Tergantung Dorna

IMI NTB : Mandalika Berpeluang Jadi Pengganti MotoGP Finlandia Circuit Inspector FIA Scot Elkins melakukan inspeksi di Sirkuit Mandalika dalam rangka persiapan balap roda empat (IDN Times/Muhammad Nasir)

Pria yang biasa disapa Dokter Jack ini mengatakan peluang Mandalika menjadi pengganti MotoGP Finlandia masih ada. Apalagi, Dorna sudah mengetahui Sirkuit Mandalika yang telah menggelar MotoGP seri kedua pada pertengahan Maret lalu.

"Tetap kita lakukan koordinasi supaya jadwal atau schedulenya bisa pindah ke Mandalika. Setiap tahun kewenangannya Dorna mau dilaksanakan di mana. Tinggal Dorna dan negara penyelenggara," ucapnya.

3. IMI Pusat koordinasi dengan Dorna

IMI NTB : Mandalika Berpeluang Jadi Pengganti MotoGP Finlandia IDN Times/Marisa Safitri

Sebelumnya, Ketua Umum IMI Pusat Bambang Soesatyo mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan Dorna agar Mandalika bisa menjadi pengganti MotoGP Finlandia yang batal tahun 2022 ini. Bidang Internasional IMI Pusat akan diminta berkoordinasi dengan Dorna agar Indonesia bisa menjadi pengganti.

"Kita minta nanti bidang internasional IMI Pusat koordinasi dengan Dorna dan tim. Untuk bisa menarik MotoGP ke Indonesia kembali," kata Bamsoet usai pelantikan pengurus IMI NTB periode 2022 - 2026.

Meskipun nantinya usaha yang dilakukan tidak membuahkan hasil. Tetapi setidaknya pada tahun ini ada dua event balap internasional digelar di Sirkuit Mandalika. Yaitu World Superbike (WSBK) dan balap mobil GT World Challenge Asia.

Sebagaimana diketahui, MotoGP Finlandia dibatalkan karena homologasi Sirkuit KymiRing belum selesai dilakukan. Ditambah, situasi geopolitik yang berkembang antara Rusia dan Finlandia, membuat kondisinya makin tak mendukung.

Karena memutuskan gabung ke NATO, kini hubungan antara Finlandia dengan Rusia jadi goyah. Ada kekhawatiran kalau keputusan Finlandia masuk NATO bakal berdampak buruk dan memperluas perang. Rusia pun saat ini sudah mulai mengambil langkah tegas dengan memutus pasokan gas ke Finlandia, akibat kondisi itu.

"Debut trek ini harus ditunda hingga 2023. MotoGP menantikan untuk kembali ke Finlandia setelah penantian selama 40 tahun," bunyi pernyataan resmi MotoGP.

Baca Juga: Wagub NTB : Tambora Indah Seperti di Eropa

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya