Gubernur Kembali Mutasi Pejabat, Kepala Dinas ESDM NTB Dicopot 

Kepala Dinas ESDM NTB digantikan Staf Ahli Gubernur

Mataram, IDN Times - Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah kembali memutasi pejabat struktural lingkup Pemprov NTB, Jumat (31/3/2023). Gubernur memutasi sebanyak 4 pejabat eselon II, 30 pejabat eselon III dan 59 pejabat eselon IV serta dua pejabat fungsional.

Pelantikan pejabat yang dimutasi dilakukan Sekda NTB Lalu Gita Ariadi didampingi Kepala BKD NTB Muhammad Nasir dan Asisten III Setda NTB Wirawan Ahmad. Dalam mutasi kali ini, Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi NTB Zainal Abidin yang menjadi tersangka kasus dugaan tindak pidana korupsi penambangan pasir besi di Lombok Timur, dicopot dari jabatannya. Posisi Zainal digantikan Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi, Keuangan, Infrastruktur dan Pembangunan.

1. Kepala Dinas ESDM NTB diberhentikan sementara, hanya mendapatkan 80 persen gaji

Gubernur Kembali Mutasi Pejabat, Kepala Dinas ESDM NTB Dicopot Kadis ESDM NTB inisial ZA saat dibawa ke mobil tahanan menuju Lapas Mataram, beberapa waktu lalu. (dok. Istimewa)

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi NTB Muhammad Nasir menjelaskan bahwa Kepala Dinas ESDM NTB Zainal Abidin diberhentikan sementara selamaenjalani proses hukum. Namun, Zainal Abidin tetap menerima haknya yaitu gaji sebesar 80 persen.

"Dia mendapatkan hak gaji 80 persen karena usia beliau sudah 58 tahun lebih. Maka yang membayar adalah Taspen. Diberhentikan sebagai ASN menunggu putusan inkrah dari pengadilan," terangnya.

Baca Juga: [WANSUS] Kepala Daerah Belum Kompak Wujudkan 'NTB Zero Waste 2023'

2. 4 pejabat eselon II yang kena mutasi

Gubernur Kembali Mutasi Pejabat, Kepala Dinas ESDM NTB Dicopot Empat pejabat eselon II Pemprov NTB yang dilantik. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Adapun 4 pejabat eselon Pemprov NTB yang dilantik dalam mutasi kali ini, antara lain:

1. Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi, Keuangan, Infrastruktur dan Pembangunan Sahdan dimutasi menjadi Kepala Dinas ESDM NTB.
2. Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Dalam Negeri (Bakesbangpoldagri) NTB Lalu Abdul Wahid dimutasi menjadi Staf Ahli Gubernur.
3. Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Aparatur, Politik, Hukum dan Pelayanan Publik Ahmadi dimutasi menjadi Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) NTB.
4. Kepala Pelaksana BPBD NTB sebelumnya, Ruslan Abdul Gani dimutasi menjadi Kepala Bakesbangpoldagri NTB.

3. Pejabat diminta segera bekerja

Gubernur Kembali Mutasi Pejabat, Kepala Dinas ESDM NTB Dicopot Sekda NTB, Lalu Gita Ariadi (dok. Pemprov NTB)

Sekda NTB Lalu Gita Ariadi meminta pejabat yang baru dilantik supaya segera langsung bekerja. Ia mengatakan tidak ada orientasi yang terlalu lama bagi pejabat yang baru dilantik untuk menyesuaikan diri dengan tempat kerja yang baru.

Dikatakan, mutasi dan rotasi jabatan merupakan sesuatu yang alamiah dalam sebuah organisasi. Sehingga harus dimaknai biasa-biasa saja. Ia menekankan kepada pejabat yang baru dilantik untuk menunjukkan kinerja dan prestasi di alam mengejar target RPJMD NTB 2018 - 2023 yang belum tercapai.

"Oleh karenanya tidak ada bulan madu yang terlalu lama, tidak ada masa orientasi yang terlalu lama. Kami harapkan segera bekerja dengan sebaik-baiknya sesuai dengan aturan, ketentuan, target yang sudah menjadi pegangan kita bersama," tandas Gita.

Baca Juga: Satu DPO, Polda NTB Ringkus 6 Sindikat Perdagangan Orang ke Turki 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya