Gerindra Ganti Pimpinan DPRD NTB, Ini Alasannya! 

Demokrat rombak pimpinan fraksi

Mataram, IDN Times - Dinamika politik di DPRD Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) kembali menghangat. DPD Partai Gerindra NTB mengusulkan pergantian pimpinan DPRD NTB.

Berdasarkan surat yang masuk dan dibacakan dalam rapat paripurna dengan agenda Penyampaian Laporan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Gubernur NTB tahun anggaran 2021, Kamis (21/4/2022), DPD Partai Gerindra NTB mengusulkan Wakil Ketua DPRD NTB Mori Hanafi digantikan Nauvar Furqani Farinduan.

Nauvar Furqani Farinduan sebelumnya menjabat Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD NTB. Kemudian jabatan Ketua Fraksi Partai Gerindra akan dijabat Sudirsah Sudjanto. Selain itu, terjadi juga perombakan di Fraksi Partai Demokrat DPRD NTB.

1. Alasan Gerindra ganti pimpinan DPRD NTB

Gerindra Ganti Pimpinan DPRD NTB, Ini Alasannya! Wakil Ketua DPRD NTB Mori Hanafi (Dok. Istimewa)

Sekretaris DPRD NTB Mahdi Muhammad mengungkapkan alasan DPRD Gerindra NTB mengganti pimpinan DPRD NTB berdasarkan surat yang masuk ke lembaga dewan. Pergantian pimpinan DPRD NTB dimaksudkan untuk memperkuat kerja-kerja konsolidasi dan kerja-kerja politik Partai Gerindra di DPRD NTB.

"Maka melalui surat ini kami menyampaikan pergantian pimpinan DPRD NTB dan Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD NTB," kata Mahdi membacakan surat yang masuk dari DPD Partai Gerindra NTB.

Pergantian tersebut sebagaimana SK DPP Partai Gerindra No.04-0126/KPTS/DPD Gerindra/2022 tentang pimpinan DPRD NTB dan Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD NTB 2022-2024. Dalam SK DPP tersebut dijatakan melakukan pergantian jabatan Wakil Ketua DPRD NTB yang dijabat Mori Hanafi, digantikan Nauvar Furqani Farinduan. Dan melakukan pergantian Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD NTB dari Nauvar Furqani Farinduan diganti Sudirsah Sudjanto.

Baca Juga: Dibangun Tahun Ini, Investor Kereta Gantung Rinjani Garap Amdal

2. Ketua DPRD NTB sebut Mori sudah legowo

Gerindra Ganti Pimpinan DPRD NTB, Ini Alasannya! Ketua DPRD NTB Hj. Baiq Isvie Rupaeda (Dok. Istimewa)

Ketua DPRD NTB Hj. Baiq Isvie Rupaeda yang dikonfirmasi usai rapat pimpinan fraksi di Ruang Rapat Paripurna DPRD NTB mengatakan Badan Musyawarah (Banmus) akan rapat menentukan jadwal penetapan dan pergantian pimpinan DPRD NTB pada 27 April mendatang.

Isvie mengungkapkan Mori Hanafi legowo dengan pergantian dirinya sebagai Wakil Ketua DPRD NTB. Direncanakan pelantikan pimpinan DPRD NTB akan dilakukan usai lebaran.
"Pak Mori dengan sangat legowo menyerahkan itu kepada pak Farin. Saya kira dalam politik, itu hal lumrah pergantian. Kita harus siap-siap mental," ujar Politisi Golkar ini.

3. Demokrat rombak pimpinan fraksi

Gerindra Ganti Pimpinan DPRD NTB, Ini Alasannya! Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD NTB TGH Mahalli Fikri yang digantikan H. Abdurrahman H. Abidin saat berbincang dengan Gubernur NTB Zulkieflimansyah usai paripurna di DPRD NTB, Kamis (21/4/2022) (IDN Times/Muhammad Nasir)

Selain Gerindra, DPD Partai Demokrat NTB juga merombak pimpinan fraksi di DPRD NTB. Mantan Ketua DPD Partai Demokrat NTB yang sebelumnya menjadi Ketua Fraksi Partai Demokrat NTB TGH. Mahalli Fikri digantikan H. Abdurrahman H. Abidin. Mahalli selanjutnya hanya menjadi anggota biasa.

Adapun komposisi Fraksi Partai Demokrat NTB yang sekarang adalah Ketua H. Abdurrahman H. Abidin, Wakil Ketua H. Ismail, Sekretaris Raden Rahadian Soedjono, Bendahara Lalu Riadi, Anggota TGH. Mahalli Fikri, H. Moh. Rais Ishak, Abdul Rauf.

Baca Juga: NTB Targetkan 2,5 Juta Kunjungan Wisatawan Tahun 2022 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya