Emil Audero Mulyadi, Pemuda Kelahiran Lombok Jadi Kiper Inter Milan

Ayahnya berasal dari Lombok dan ibunya dari Italia

Mataram, IDN Times - Klub Sepak Bola Profesional asal Italia, Inter Milan memperkenalkan Emil Audero Mulyadi sebagai kiper atau penjaga gawang. Ia lahir di Pulau Lombok, tepatnya di Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), 18 Januari 1997. Kini ia bergabung dengan Inter Milan sebagai pemain pinjaman dengan opsi pembelian.

Pemprov NTB mengaku bangga dengan bergabungnya pria berusia 26 tahun kelahiran Lombok tersebut. Pemprov NTB berharap Emil dapat menjadi inspirasi bagi anak-anak muda NTB untuk menjadi pemain bola profesional di kancah internasional.

"Ini suatu contoh bahwa anak-anak NTB ketika fokus pada sebuah cabor (cabang olahraga) maka bisa tampil di kancah internasional. Yang pasti memang dia sudah cukup lama berkarir di sepak bola internasional," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) NTB Tri Budiprayitno dikonfirmasi IDN Times, Senin (14/8/2023).

1. Anak NTB harus giat dan tekun berlatih

Emil Audero Mulyadi, Pemuda Kelahiran Lombok Jadi Kiper Inter MilanKepala Dispora NTB Tri Budiprayitno. (dok. Istimewa)

Tri menyatakan anak-anak muda NTB harus giat dan tekun berlatih jika ingin menjadi pemain sepak bola profesional seperti Emil. Sukses menjadi pemain bola profesional butuh proses dan ketekunan.

"Emil ini memang sudah lama berkarir di Liga Italia. Beberapa klub ikut dan sekarang dia direkrut Inter Milan menjadi kiper. Sekarang, alhamdulillah dia sudah menjadi kiper pada klub sepak bola besar Inter Milan. Untuk mencapai sesuatu itu memang berproses," tuturnya.

Baca Juga: DPRD Usulkan Pemberhentian Gubernur NTB ke Presiden Jokowi 

2. Profil Emil Audero Mulyadi

Emil Audero Mulyadi, Pemuda Kelahiran Lombok Jadi Kiper Inter MilanInstagram.com/emil_audero

Emil Audero Mulyadi berkebangsaan Italia. Ayahnya Edy Mulyadi berasal dari Lombok dan ibunya Antonella Audero berasal dari Italia. Emil juga sempat bermain pada berbagai kategori umur dalam tim nasional Italia.

Pria berusia 26 tahun itu pada 2018 pernah bergabung dengan U.C Samdoria. Sebelum direkrut menjadi kiper Inter Milan, Emil menjadi kiper U.C Sampdoria. Emil tumbuh besar di Cumiana, Provinsi Turin, Italia. Dari sanalah dia mengembangkan bakatnya menjadi pemain sepak bola profesional.

3. Dua budaya bertemu

Emil Audero Mulyadi, Pemuda Kelahiran Lombok Jadi Kiper Inter MilanInstagram

Inter Milan mengatakan dua budaya, dua jiwa dan dua dunia yang bertemu dengan hadirnya Emil di Nerazzurri. Mereka menyebut ketenangan laut Indonesia yang tenang berpadu dengan ketangguhan dan kekuatan pegunungan Piedmont.

"Dua hal tersebut merupakan ciri khas yang dimiliki oleh penjaga gawang baru Inter, Emil Audero Mulyadi, sejak kecil. Lahir pada 18 Januari 1997 di Mataram, di Pulau Lombok, ia memiliki ayah berkebangsaan Indonesia dan ibu berkebangsaan Italia," tulis Inter Milan dalam laman resminya.

Baca Juga: Pendakian Gunung Rinjani Jalur Aik Berik dan Tetebatu Kembali Dibuka

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya