Dua Topi Marc Marquez Dilelang, Terjual Rp7,95 Juta di Lombok

Sarung tangan Maverick Vinales laku Rp5 juta

Lombok Tengah, IDN Times - Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Mataram bekerja sama dengan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) melelang sepuluh buah official merchandise dari para pembalap MotoGP yang berlaga di Sirkuit Mandalika pada 18-20 Maret lalu. Kegiatan lelang amal ini dilaksanakan di paddock Sirkuit Mandalika, Rabu (26/10/2022).

Lelang amal ini sekaligus sebagai rangkaian peringatan Hari Oeang ke-76 pada 30 Oktober 2022. Serta menjelang pelaksanaan perhelatan World Superbike (WSBK) pada 11 - 13 November mendatang.

1. Dua topi Marquez terjual Rp7,95 juta, sarung tangan Maverick Vinales Rp5 juta.

Dua Topi Marc Marquez Dilelang, Terjual Rp7,95 Juta di LombokMaverick Vinales (motogp.com)

Dari 10 buah official merchandise MotoGP, salah satu di antaranya adalah dua buah topi pembalap Tim Repsol Honda, Marc Marquez. Satu buah topi Marquez Laku terjual seharga Rp4.050.000 dari harga limit Rp3 juta. Kemudian satu lagi topi Marquez Laku terjual seharga Rp3,9 juta dari harga limit Rp3 juta.

Sedangkan topi pembalap Tim Aprilia Racing, Maverick Vinales laku terjual seharga Rp7,5 juta dari harga limit Rp3 juta. Sedangkan satu pasang sarung tangan Maverick Vinales laku terjual seharga Rp5 juta.

Selain itu, Kemeja Official Merchandise MotoGP laku terjual seharga Rp3,8 juta, Kemeja Official Merchandise MotoGP laku terjual seharga Rp8 juta dari harga limit Rp1,5 juta. Kaos Official Merchandise MotoGP laku terjual seharga Rp2,5 juta dari harga limit Rp1,5 juta, Kaos Official Merchandise MotoGP laku terjual Rp2,5 juta dari harga limit Rp1,5 juta.
Kemudian, Kemeja Official Merchandise MotoGP laku terjual seharga Rp4.950.000 dari harga limit Rp1,5 juta dan Kaos Official Merchandise MotoGP laku terjual seharga Rp4.950.000 dari harga limit Rp1,5 juta.

Baca Juga: Kunjungan Turis ke Gili Turun 50 Persen Akibat 'One Gate System' 

2. Kampanyekan semangat kepedulian sosial

Dua Topi Marc Marquez Dilelang, Terjual Rp7,95 Juta di LombokKaos official merchandise MotoGP yang dilelang. (dok. Istimewa)

Direktur Jenderal Kekayaan Negara Rionald Silaban mengatakan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) harus pandai membaca tantangan dan kemudian sigap merumuskan dan melaksanakan tindakan-tindakan untuk menghadapi tantangan tersebut. Karena tangguh mengawal pemulihan ekonomi tidak akan terjadi apabila tidak sigap menghadapi tantangan.

Dikatakan, Kemenkeu ingin mengampanyekan semangat kepedulian sosial sebagai manifestasi jiwa Pancasila bangsa Indonesia. Dengan semangat gotong royongnya perlu didorong terus kepedulian antar sesama anak bangsa untuk bahu membahu dalam pemulihan ekonomi salah satunya melalui kegiatan lelang amal ini.

Dalam lelang ini barang yang terjual sebanyak 31 lot. Harga jual keseluruhan yang terbentuk sebanyak Rp71.800.000,00 dengan rincian harga jual seluruh UMKM sebesar Rp24.650.000 dan harga jual seluruh Official Merchandise MotoGP sebesar Rp47.150.000.
Harga jual lelang yang terbentuk terjadi kenaikan sebanyak 136 persen dari nilai limit.

Persentase penawaran tertinggi Official Merchandise MotoGP dilakukan oleh Agung yaitu sebesar 433 persen dari nilai limit. Sedangkan persentase penawaran tertinggi Barang UMKM Lombok dilakukan oleh Ibu Sri Ratnawati yaitu sebesar 940 persen dari nilai limit.

3. Dorong pemulihan ekonomi nasional

Dua Topi Marc Marquez Dilelang, Terjual Rp7,95 Juta di LombokIlustrasi UMKM Jawa Tengah. (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Selain itu, untuk mendorong Pemulihan Ekonomi Nasional dalam lelang amal ini juga melelang produk-produk UMKM binaan Kementerian Keuangan, Deskranasda Provinsi NTB dan produk-produk desainer Lombok. Yang mengawali acara lewat pertunjukan fashion show dengan konsep Mandalika Street Catwalk yang menampilkan peragawan-peragawati dari kolaborasi para pegawai Kementerian Keuangan serta beberapa model profesional.

Di antaranya Puteri Pariwisata NTB 2021, Miss IMI NTB 2022, finalis Puteri Indonesia NTB dan Miss Grand Indonesia Congeniality 2018. Hal ini, kata Rionald, bertujuan untuk mempromosikan produk-produk UMKM Lombok. Sekaligus mengenalkan kepada masyarakat bahwa selain berperan dalam menentukan kebijakan-kebijakan APBN yang banyak memberikan bantuan kepada UMKM, Kemenkeu juga secara langsung melakukan pembinaan-pembinaan kepada UMKM melalui unit-unit vertikalnya di berbagai daerah.

Barang yang dilelang berupa Merchandise Riders MotoGP sejak awal ditandatangani para riders ditujukan untuk disumbangkan yaitu 10 merchandise yang terdiri dari 2 buah topi yang ditandatangani Marc Marquez, 1 buah topi dan sarung tangan yang ditandatangani Maverick Vinales, 3 buah kemeja dan 3 buah kaos yang masing-masing ditandatangani oleh Marc Marquez, Pol Espargaro, dan juara Indonesian GP 2022 Miguel Oliveira.

Adapun hasil lelang sepenuhnya akan diserahkan kepada MGPA yang merupakan cucu usaha dari PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) selaku pengelola Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika. Selanjutnya hasil lelang ini akan disalurkan dalam kegiatan-kegiatan amal melalui program CSR ITDC.

Sedangkan, untuk objek lelang UMKM yang dijadikan amal adalah selisih antara nilai limit dengan harga lelang terbentuk. Sedangkan penjual tetap akan memperoleh uang penjualan seharga nilai limit berapapun harga lelang yang terbentuk. Selisih harga akan disumbangkan untuk amal melalui lembaga amal yang kompeten.

Baca Juga: Tuntut Dibayar Sebelum WSBK, Warga Pagar Lahan KEK Mandalika 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya