Dua Seri MXGP 2023 Siap Digelar, Pembalap Tiba Hari Kamis di NTB 

MXGP Lombok ditargetkan 100.000 penonton

Mataram, IDN Times - Gubernur NTB Zulkieflimansyah memastikan dua seri kejuaraan dunia balap motocross atau Motocross Grand Prix (MXGP) siap digelar di Nusa Tenggara Barat (NTB). Para kru dan pembalap MXGP akan tiba di NTB pada hari Kamis mendatang.
Mulai 2023, NTB menjadi tuan rumah dua seri MXGP. MXGP Sumbawa di Sirkuit Samota pada 25 Juni 2023 dan MXGP Lombok di Sirkuit Selaparang Kota Mataram pada 2 Juli 2023.

"Persiapan gelaran MXGP sudaj oke. Mudah-mudahan gak ada aral melintang. Karena pembalapnya Kamis sudah datang," kata Zulkieflimansyah dikonfirmasi di Mataram, Minggu (18/6/2023).

1. Progres pembangunan sirkuit hampir rampung

Dua Seri MXGP 2023 Siap Digelar, Pembalap Tiba Hari Kamis di NTB Pembalap MXGP menjalani sesi latihan bebas di Rocket Motor Circuit, Samota Sumbawa. Pembalap Honda Racing Team, Tim Gajser berhasil menjadi yang tercepat. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Dari sisi venue, kata Gubernur, sudah hampir rampung. Untuk Sirkuit Selaparang Kota Mataram, progres pembangunannya sudah di atas 90 persen. Sedangkan untuk Sirkuit Samota Sumbawa sudah hampir 99 persen. Tinggal dilakukan sedikit pembenahan-pembenahan di areal venue.

"Kalau sirkuitnya di Lombok sudah 90 persen sedangkan di Samota 99 persen, tinggal dandanan saja," ucapnya.

Baca Juga: Dua Pekan Jelang MXGP Indonesia 2023, Tiket Terjual Baru 4.200 Lembar 

2. Logistik MXGP tiba hari Rabu

Dua Seri MXGP 2023 Siap Digelar, Pembalap Tiba Hari Kamis di NTB Komandan Lapangan MXGP Indonesia Ridwan Syah. (dok. Dinas PUPR NTB)

Sementara itu, Komandan MXGP Indonesia Ridwan Syah mengatakan logistik MXGP Samota Sumbawa akan tiba pada hari Rabu, 21 Juni 2023. Sedangkan pembalap akan tiba pada hari Kamis, 22 Juni 2023. Karena MXGP Samota Sumbawa akan dimulai sejak 23 - 25 Juni 2023.

Jumlah penonton MXGP Samota ditargetkan minimal seperti tahun 2022 sebanyak 51.000 orang. Untuk itu, panitia juga menyiapkan hiburran bagi penonton MXGP Samota dengan menghadirkan grup band Kotak dan D'Masiv.

Sedangkan untuk MXGP Lombok, jumlah penonton ditargetkan sebanyak 100.000 penonton. Untuk menarik minat penonton, akan dihadirkan konser Dewa 19 pada 30 Juni mendatang. Bagi penonton yang membeli tiket konser Dewa 19, maka gratis menonton MXGP Lombok di Sirkuit Selaparang.

"Target penonton konser Dewa 19 sekitar 30.000 orang. Kalau 30.000 menonton Dewa 19, pasti 30.000 membeli tiket MXGP Lombok," tutur Ridwan.

3. Dua seri MXGP digelar hingga 5 tahun ke depan

Dua Seri MXGP 2023 Siap Digelar, Pembalap Tiba Hari Kamis di NTB Marshal MXGP Samota Sumbawa. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Ridwan menambahkan perhelatan dua seri MXGP di NTB akan berlangsung selama 5 tahun ke depan. Penyelenggara MXGP Infront Moto Racing memutuskan menggelar dua seri MXGP di NTB mulai 2023. Sehingga mulai 2023, eks Bandara Selaparang di Kota Mataram dijadikan sebagai venue kedua MXGP setelah Sirkuit Samota Sumbawa.

"MXGP ini akan berlangsung 5 tahun. Pak gubernur berharap setiap bulan ada event lokal maupun nasional. Pemerintah sangat berharap event tetap ada setiap bulan, baik lokal dan nasional di sirkuit yang ada," tandas Kepala Dinas PUPR NTB ini.

Baca Juga: Biaya PMB Jalur Mandiri Unram Dinilai Mencekik, PTN Diminta Transparan

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya