Belasan Bencana Hantam NTB dalam Sebulan, 4.242 Masyarakat Terdampak 

Sepanjang 2022, NTB dihantam 103 bencana alam

Mataram, IDN Times - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mencatat belasan bencana alam menghantam sejumlah wilayah selama bulan Januari 2023. Pada periode 1 – 31 Januari 2023, NTB dihantam sebanyak 14 kali bencana alam.

Kepala Pelaksana BPBD NTB Ruslan Abdul Gani menjelaskan sebagian besar bencana yang terjadi adalah banjir dan banjir bandang sebanyak 7 kejadian, tanah longsor 2 kejadian dan angin puting beliung sebanyak 5 kejadian.

1. 4.242 masyarakat terdampak, 114 rumah rusak

Belasan Bencana Hantam NTB dalam Sebulan, 4.242 Masyarakat Terdampak Warga terdampak banjir di NTB. (dok. BPBD NTB)

Dari 14 kejadian bencana alam yang menerjang NTB selama bulan Januari, sebanyak 4.242 masyarakat terkena dampak dan satu orang meninggal dunia. Selain itu, bencana juga merusak sebanyak 114 rumah warga. Dengan rincian 6 rusak berat, 41 rusak sedang dan 67 rusak ringan.

Bencana alam yang terjadi juga merusak fasilitas umum dan sosial. BPBD NTB mencatat sebanyak 4 fasilitas umum yang rusak, yaitu satu fasilitas pendidikan, 2 fasilitas kesehatan dan satu tempat ibadah.

Baca Juga: Ribuan KK Jadi Korban Banjir Bandang di Dompu NTB

2. Banjir dan banjir bandang banyak terjadi di Pulau Sumbawa

Belasan Bencana Hantam NTB dalam Sebulan, 4.242 Masyarakat Terdampak Banjir bandang yang menerjang wilayah di Kabupaten Sumbawa pekan lalu. (dok. BPBD NTB)

Dari tujuh kejadian banjir dan banjir bandang, paling banyak terjadi di Pulau Sumbawa. Tercatat tiga kejadian banjir di Kabupaten Bima, masing-masing satu kejadian banjir, banjir bandang dan tanah longsor di Kabupaten Sumbawa.

Kemudian, satu kejadian banjir di Lombok Timur dan Lombok Utara. Selain itu, masing-masing satu kejadian tanah longsor dan angin puting beliung di Kabupaten Lombok Barat, tiga kejadian angin puting beliung di Kabupaten Lombok Timur dan satu kejadian angin puting beliung di Kabupaten Dompu.

3. Tahun 2022, NTB dihantam 103 bencana alam

Belasan Bencana Hantam NTB dalam Sebulan, 4.242 Masyarakat Terdampak Ilustrasi cuaca ekstrem. (IDN Times/Mardya Shakti)

Sedangkan sepanjang tahun 2022, BPBD NTB mencatat sebanyak 103 kejadian bencana alam di NTB. Dengan jumlah masyarakat terdampak sebanyak 28.551 jiwa, 7 luka-luka dan 2 meninggal dunia.

Bencana alam yang paling banyak terjadi adalah banjir dan banjir bandang sebanyak 46 kejadian, tanah longsor 10 kejadian, angin puting beliung 31 kejadian, gelombang pasang atau rob 7 kejadian serta bencana kekeringan di 9 kabupaten/kota.

Baca Juga: IATC Ditiadakan, WSBK Mandalika 2023 Bakal Diisi Balap Sportbike 250cc

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya