Bayi Berkaki Enam Asal Lombok Timur akan Dioperasi di RSUD NTB

RSUD NTB dan RSUD dr. Soetomo lakukan assessment

Lombok Timur, IDN Times - Seorang bayi berjenis kelamin laki-laki berkaki enam lahir prematur di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Soedjono, Selong, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB). Bayi tersebut lahir pada 10 November 20222.

"Pasien dari Desa Suangi Kecamatan Sakra, lahir tanggal 10 November 2022," kata Humas RSUD dr. Soedjono Selong, Muhammad Rahmatullah dikonfirmasi IDN Times, Senin (16/7/2023).

1. Pasien akan dioperasi di RSUD NTB bekerja sama dengan RSUD dr Soetomo

Bayi Berkaki Enam Asal Lombok Timur akan Dioperasi di RSUD NTBGedung IGD Terpadu RSUD NTB. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Saat ini, pasien sedang dalam penanganan RSUD Provinsi NTB. Rahmatullah menjelaskan berdasarkan informasi yang diperoleh dari Wakil Direktur Pelayanan RSUD dr. Soedjono Selong, bahwa pasien ini sekarang menjadi kelolaan RSUD Provinsi NTB dan RSUD dr Soetomo Surabaya.

"Untuk pelaksanaan tindakan operasi baik tanggal, tempat dan perkiraan biaya akan menunggu hasil asessment dari RSUD dr. Soetomo Surabaya," terangnya.

Baca Juga: IDI NTB Sayangkan Penghapusan Anggaran Wajib di UU Kesehatan

2. Pemprov NTB dan Pemda Lombok Timur siap mendukung operasi

Bayi Berkaki Enam Asal Lombok Timur akan Dioperasi di RSUD NTBProses kelahiran bayi kembar empat di RSUD NTB lewat operasi Cesar. (dok. RSUD NTB)

Rahmatullah menambahkan untuk pembiayaan terhadap operasi bayi tersebut Pemprov NTB dan Pemda Lombok Timur siap memberikan dukungan. Dikatakan, pasien tersebut sudah memiliki kartu BPJS Kesehatan.

"Untuk pembiayaan, pasien memiliki BPJS kesehatan. Pemerintah Provinsi NTB dan Pemkab Lombok Timur siap mendukung kegiatan tersebut," ucapnya.

3. Sebelumnya, bayi kembar siam asal Lombok Timur berhasil dioperasi

Bayi Berkaki Enam Asal Lombok Timur akan Dioperasi di RSUD NTBBayi kembar siam Anaya dan Inaya yang berhasil dipisahkan lewat operasi di RSUD dr. Soetomo Surabaya diperbolehkan pulang. (Dok. Prokopim Lombok Timur)

Sebelumnya, pada 15 Februari 2023, bayi kembar siam asal Lombok Timur, Anaya dan Inaya berhasil menjalani operasi pemisahan di RSUD dr. Soetomo Surabaya. Operasi pemisahan Anaya dan Inaya melibatkan 45 dokter spesialis. Operasi pemisahan keduanya berlangsung selama tak kurang dari tujuh jam.

Anaya dan Inaya yang lahir pada 8 mei 2019 di RSUD dr. Soedjono Selong dengan kondisi dempet dada dan perut. Masing-masing memiliki organ lengkap. Operasi pemisahan ini menambah daftar sukses RSUD dr. Soetomo Surabaya. Pemisahan Anaya dan Inaya merupakan operasi yang sukses ke-114 di RSUD dr. Soetomo.

Pemda Lombok Timur menanggung seluruh biaya operasi pemisahan Anaya dan Inaya. Bupati Sukiman menyampaikan pemisahan kembar siam tersebut diperkirakan menelan dana tak kurang dari Rp1 miliar. Seluruh dana itu ditanggung APBD Lombok Timur melalui pos tidak terduga.

Baca Juga: 2030, Perspebsi Prediksi 1 Dokter Bedah Saraf Layani 500.000 Penduduk

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya