Barapan Kebo Sumbawa Ditetapkan Jadi Warisan Budaya Takbenda

Muna Pa'a dan Timbu Dompu juga jadi warisan budaya takbenda

Mataram, IDN Times - Barapan Kebo atau Karapan Kerbau ditetapkan menjadi warisan budaya takbenda Indonesia 2023. Barapan kebo merupakan budaya khas dari Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Barapan kebo biasanya diselenggarakan masyarakat Sumbawa pada awal musim tanam padi. Selain barapan kebo, kain tenun tembe muna pa'a dan kuliner timbu asal Kabupaten Dompu, NTB, juga ditetapkan menjadi warisan budaya takbenda Indonesia 2023.

"Ada tiga sertifikat warisan budaya takbenda yang saya terima bulan lalu di Jakarta. Yaitu barapan kebo dari Sumbawa sudah diakui menjadi warisan budaya takbenda nasional. Kemudian kain tenun muna pa'a dan timbu dari Kabupaten Dompu," ungkap Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB Aidy Furqan dikonfirmasi di Mataram, Senin (18/12/2023).

1. Sekilas tentang 3 warisan budaya takbenda asal NTB tahun 2023

Barapan Kebo Sumbawa Ditetapkan Jadi Warisan Budaya TakbendaLomba barapan kebo di Sumbawa (Dok. Pemprov NTB)

Barapan kebo merupakan event tradisional masyarakat di Kabupaten Sumbawa dan Sumbawa Barat yang diselenggarakan pada awal musim tanam padi. Barapan kebo dilaksanakan di sawah yang sudah digenangi air sebatas lutut. Kerbau-kerbau peserta dikumpulkan 3 hari atau 4 hari sebelum event budaya ini digelar, untuk diukur tinggi dan usianya.

Hal ini dimaksudkan, agar dapat ditentukan dalam kelas apa kerbau-kerbau tersebut dapat dilombahkan. Durasi atau lamanya event adalah ditentukan dari seberapa banyak jargon kerbau yang ikut dalam event budaya barapan kebo.

Pasangan kerbau yang berhasil meraih juara adalah yang tercepat mencapai tujuan dan dapat menyentuh atau menjatuhkan kayu pancang tanda finis yang disebut dengan Sakak.

Sedangkan muna pa'a adalah kain tenun khas Dompu yang memiliki corak seperti anyaman atau dipahat dan berkontur. Hal inilah yang menjadi daya tarik kain tenun muna pa'a yang tidak dimiliki tenunan lainnya.

Sementara Timbu merupakan jajanan khas tradisional bagi masyarakat Kabupaten Dompu. Jajanan ini terbuat dari bahan dasar beras ketan putih, campuran santan kelapa dan garam secukupnya agar terasa lebih gurih. Timbu sudah menjadi jajanan tradisional Dompu sejak tahun 1960-an, merupakan penganan yang wajib ada terutama ketika merayakan musim panen, acara selamatan atau hari besar.

Baca Juga: Tak Hanya Timteng, Kurma Palestina Tumbuh Subur dan Berbuah di Sumbawa

2. Gua Jepang Sekaroh menjadi situs cagar budaya

Barapan Kebo Sumbawa Ditetapkan Jadi Warisan Budaya TakbendaGua Jepang di Desa Sekaroh, Lombok Timur, yang berdekatan dengan Pantai Pink. (dok. DPK Lombok Timur)

Selain itu, kata Aidy, Pemprov NTB menetapkan tiga situs menjadi cagar budaya provinsi NTB tahun 2023. Yaitu Gua Jepang Sekaroh, Kecamatan Jerowaru Lombok Timur, Kapal Bersejarah Dedalpak Kecamatan Pringgabaya Lombok Timur dan Makam Pujut Lombok Tengah.

Ke depan, lanjut Aidy, semakin banyak cagar budaya yang akan diregistrasi agar tidak diakui pihak-pihak lain. "Tanggungjawab kita melakukan perawatan, pembinaan dan pemanfaatannya bersama Pemda setempat dan masyarakat lokal," katanya.

3. Dapat dikembangkan menjadi destinasi wisata

Barapan Kebo Sumbawa Ditetapkan Jadi Warisan Budaya TakbendaKepala Dinas Dikbud NTB Aidy Furqan. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Tiga cagar budaya tersebut, kata Aidy dilakukan pemugaran selanjutnya diserahkan ke Pemda setempat. Pihaknya melakukan penataan supaya cagar budaya tersebut dapat dimanfaatkan kembali dan dapat dikembangkan menjadi destinasi wisata.

Untuk pemugaran cagar budaya, pada 2023, NTB mendapatkan dukungan anggaran dari pusat sekitar Rp300 juta. Dengan pemugaran itu, cagar budaya peninggalan zaman dahulu tetap terpelihara. Aidy menyebut hingga saat ini ada 15 karya budaya dari NTB yang sudah ditetapkan menjadi warisan budaya takbenda, salah satunya pemaje.

Baca Juga: Jadwal Kapal Rute Lombok - Situbondo pada Senin 18 Desember 2023

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya