Anies Baswedan Singgung Soal Ordal saat Bertemu Gen Z di Lombok

Mutiara Annisa curhat gak lulus SNMPTN meski ayahnya menteri

Mataram, IDN Times - Putri pertama Anies Baswedan, Mutiara Annisa Baswedan curhat saat ayahnya melakukan dialog bersama anak muda atau Gen Z di Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Dia mengatakan bahwa dirinya tidak mendapatkan privilese sebagai anak pejabat ketika ayahnya menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI. Sementara itu, Anies juga menyinggung soal ordal (orang dalam) pada diskusi bertajuk 'Desak Anies' itu.

Mutiara menceritakan dirinya tidak lulus saat mengikuti ujian Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) meski menjadi anak pejabat. Meski begitu, ia tetap berusaha hingga akhirnya lulus melalui tes tulis.

"Sebenarnya sekarang Abah (panggilan untuk Anies Baswedan) kan Capres, bukan pejabat. Ketika Abah menjabat pun, saya melewati proses seperti teman-teman. Contohnya saat daftar kuliah, sudah pede (percaya diri) dapat undangan SNMPTN, ternyata belum beruntung," kata Mutiara Annisa saat mendampingi ayahnya kampanye di Lombok, Selasa (19/12/2023).

1. Disemangati untuk rajin belajar

Anies Baswedan Singgung Soal Ordal saat Bertemu Gen Z di LombokAnies Baswedan saat berdialog bersama anak muda di NTB. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Mutiara Annisa mengatakan saat dirinya tidak lolos SNMPTN, ayahnya tetap memberikan semangat dan mengingatkan agar lebih rajin belajar. Menurutnya, belajar adalah satu-satunya jalan agar bisa lolos masuk perguruan tinggi.

"Setelah itu, sama Abah disuruh rajin belajar, disemangati. Alahmdulillah lulus lewat jalur tes tulis, bukan SNMPTN," ujarnya.

Mutiara mengajak semua anak muda untuk memanfaatkan waktu untuk belajar sebaik mungkin. Dia berharap semua anak muda di NTB sukses dengan pendidikannya.

Baca Juga: Kunjungi Ponpes, Anies: Jangan Coblos Dua atau Tiga, Gak Sah Suaranya!

2. Tidak boleh memanfaatkan ordal

Anies Baswedan Singgung Soal Ordal saat Bertemu Gen Z di LombokAnies Baswedan saat berdiskusi bersama Gen Z di NTB. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Anies Baswedan bercerita saat anak pertamanya itu mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi. Saat gagal, Mutiara Annisa menjadi perbincangan hingga diberitakan berbagai media massa.

"Saya cerita sedikit, pada waktu dia (Mutiara) gak lulus SNMPTN, dikira karena anaknya Mendibud si anak bakalan tetap lolos. Dia pulang ke rumah, kenapa gak lulus malah jadi omongan semua orang katanya," cerita Anies saat mengingat momen putrinya gak lolos SNMPTN.

Anies mengingatkan kepada anak muda di NTB agar rajin belajar. Sehingga bisa lulus saat mengikuti ujian masuk perguruan tinggi negeri. Ia juga mengingatkan agar tidak memanfaatkan ordal.

"Saya bilang (ke Mutiara) daftar saja, semoga lulus. Kita doain. Yang penting dia tidak memanfaatkan ordalnya," ujar Anies.

3. Anies kampanye di Lombok

Anies Baswedan Singgung Soal Ordal saat Bertemu Gen Z di LombokCapres nomor urut 1, Anies Baswedan bersilaturahmi di Ponpes Al Aziziah Lombok. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Capres nomor urut 1 ini melakukan serangkaian kampanye di Lombok. Ini bukan pertama kalinya Anies datang ke Lombok. Sehingga sudah cukup akrab dengan beberapa tokoh yang ada di Gumi Selaparang ini.

Sebelum berdiskusi bersama Gen Z, Anies juga bersilaturhami dengan santri di Pondok Pesantren Al Aziziyah di Gunungsari, Lombok Barat. Setelah itu, ia berdialog dengan masyarakat di Stadion 17 Desember atau GOR Turida. Anies bertemu dengan ribuan simpatisan yang datang dari penjuru NTB.

Baca Juga: Sukiman Optimistis Anies Baswedan Menang Pilpres di NTB

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya