Angkut 342 Wisman, Kapal Pesiar MS Regatta Sandar di Lombok

Maret 2023, kapal pesiar terbesar singgah di Lombok

Lombok Barat, IDN Times - Kapal pesiar berbendera Kepulauan Marshall, MS Regatta sandar di Pelabuhan Gili Mas, Lembar, Lombok Barat (NTB), Senin (14/11/2022) pukul 12.00 Wita. Kapal pesiar dengan panjang 178 meter itu mengangkut sebanyak 342 wisatawan mancanegara (Wisman).

"Tadi kapal pesiar MS Regatta sandar sekitar pukul 12.00 Wita, rencana keluar sekitar pukul 21.00 Wita," kata Manager Operasi PT Pelindo Cabang Lembar, Wawanabiono dikonfirmasi IDN Times, Senin (14/11/2022).

1. Angkut 342 wisman

Angkut 342 Wisman, Kapal Pesiar MS Regatta Sandar di LombokPelabuhan Gili Mas (IDN Times/Linggauni)

Wawan menjelaskan kapal pesiar MS. Regatta memiliki kapasitas penumpang sebanyak 600 orang. Tetapi, jumlah wisman yang diangkut sebanyak 342 orang.
Dari 342 penumpang, sebanyak 151 orang mengambil paket wisata keliling ke sejumlah destinasi wisata di Pulau Lombok seperti Sekotong Lombok Barat.

"Mereka pakai travel agen, sudah ada paket-paketnya. Satu bus tujuan kemana, sudah ada paket wisatanya. Ada yang ke Sekotong dan lainnya," tuturnya.

Baca Juga: Perputaran Uang Selama WSBK Masih Dihitung, Untung atau Buntung?

2. Tiga kapal pesiar akan kembali sandar pada bulan Desember

Angkut 342 Wisman, Kapal Pesiar MS Regatta Sandar di LombokKapal pesiar MS. Regatta sandar di Pelabuhan Gili Mas Lembar Lombok Barat. (dok. Pelindo III Cabang Lembar)

Pada bulan November ini, kata Wawan, ada dua kapal pesiar yang sandar di Pelabuhan Gili Mas Lembar. Pada 23 November mendatang, kapal pesiar Viking Orion juga akan sandar di Pelabuhan Gili Mas.

Kapal pesiar Viking Orion memiliki panjang 228 meter dengan kapasitas penumpang di atas 1.000 orang. Kemudian, pada bulan Desember, ada tiga kapal pesiar lagi yang akan sandar. Sehingga, pada akhir 2022 ini, ada 5 kapal pesiar singgah di Lombok.

3. Kapal pesiar terbesar akan singgah pada Maret 2023

Angkut 342 Wisman, Kapal Pesiar MS Regatta Sandar di LombokKapal pesiar MV. Aidavita berlabuh di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Twitter.com/bkipm_semarang

Selain itu, kata Wawan, pada Maret 2023, ada satu kapal pesiar terbesar akan singgah di Pelabuhan Gili Mas Lembar. Kapal pesiar itu memiliki panjang 330 meter dengan kapasitas penumpang sekitar 3.000 orang.

"Dari sisi fasilitas kita sudah ready di Gili Mas. Karena panjang dermaganya 440 meter, kapal pesiar ready dengan panjang berapapun," ucap Wawan.

Tahun 2023 mendatang, Lombok akan banyak didatangi kapal pesiar. PT. Pelindo III Cabang Lembar menyebutkan sebanyak 15 kapal pesiar sudah mendaftar untuk sandar di Pelabuhan Gili Mas, Lembar, Lombok Barat.

Baca Juga: Investasi Hampir Rp1 Triliun, Bandara Lombok Rugi Rp50 Miliar Setahun 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya