750 Kru dan Pembalap WSBK Hadir di Mandalika, Gak Pakai Pesawat Carter

Motor pembalap mulai di-set up

Mataram, IDN Times - Mandalika Grand Prix Association (MGPA) menyebutkan sebanyak 750 kru, ofisial dan pembalap World Superbike (WSBK) akan hadir di Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Berbeda dengan tahun lalu, kedatangan kru dan pembalap WSBK 2022 tidak menggunakan pesawat carter.

Sejumlah kru dan beberapa pembalap sudah tiba di Lombok sejak beberapa hari terakhir. Khusus untuk pembalap, pada Kamis (9/11/2022), semuanya sudah tiba di Lombok.

"Total 750 orang kru dan pembalap. Last minute, mungkin ada permintaan perubahan tapi total 750 orang kru dan pembalap," sebut Direktur Teknik dan Operasi MGPA, Samsul Purba di Mataram, Rabu (8/11/2022).

1. Tidak gunakan pesawat carter

750 Kru dan Pembalap WSBK Hadir di Mandalika, Gak Pakai Pesawat CarterDirektur Teknik dan Operasi MGPA Samsul Purba. (dok. IDN Times)

Samsul menjelaskan kedatangan kru dan pembalap WSBK 2022, tidak menggunakan pesawat carter seperti pada 2021 lalu. Karena tahun ini, sudah tidak lagi menerapkan sistem bubble bagi pelaku perjalanan luar negeri.

"Mereka datang seperti turis tapi visanya yang bekerja di sini. Kita yang urus visanya. Tapi mereka datang sendiri-sendiri, ada yang sudah di Bali seminggu lalu untuk liburan. Ada yang sudah datang 2 minggu lalu untuk liburan di Lombok. Sekarang, kru sudah mulai datang ke sirkuit," terangnya.

Baca Juga: MGPA Pekerjakan 1.700 Volunteer untuk WSBK Mandalika 2022 

2. Dorna mulai pasang peralatan broadcast

750 Kru dan Pembalap WSBK Hadir di Mandalika, Gak Pakai Pesawat CarterRace control Sirkuit Mandalika. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Samsul menambahkan Dorna Sport dan Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) sudah berada di Sirkuit Mandalika. Dorna mulai melakukan set up CCTV, TV Compound dan lainnya.

"Sekarang mereka di lapangan pasang itu. Supaya nanti di hari Jumat, sudah bisa broadcast ke seluruh dunia," terang Samsul.

Sedangkan para kru dan ofisial tim balap sedang melakukan set up motor. Motor pembalap sudah mulai dibongkar untuk persiapan latihan pada hari Jumat.

3. FIM cek lintasan Sirkuit Mandalika

750 Kru dan Pembalap WSBK Hadir di Mandalika, Gak Pakai Pesawat CarterTikungan 16 Sirkuit Mandalika. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Sementara itu, FIM melakukan pengecekan Sirkuit Mandalika. Secara keseluruhan, kata Samsul, tidak ada komplain dari FIM mengenai kondisi lintasan Sirkuit Mandalika. Namun ada cat di pinggir lintasan sirkuit yang perlu dirapikan lagi karena terkena bekas ban saat uji coba aspal baru Sirkuit Mandalika beberapa hari lalu.

MGPA telah menyelesaikan track improvement Sirkuit Mandalika pada 25 Oktober lalu. Tujuannya meningkatkan kualitas lintasan main track sesuai permintaan Federation Internationale de Motocyclisme (FIM).

Kegiatan track improvement telah dilakukan seluruhnya pada tanggal 25 Oktober 2022. Meliputi pelebaran runoff di 7 tikungan, perubahan kerb biasa menjadi kerb misano sepanjang 250 meter. Serta peningkatan kualitas aspal main track sepanjang 250 meter. Tim proyek berhasil melakukan percepatan 5 hari lebih cepat dari schedule awal dengan kualitas sesuai yang diminta oleh FIM.

Baca Juga: Cegah Kemacetan, Gubernur NTB Minta Penonton WSBK Pakai Motor 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya