MGPA Pekerjakan 1.700 Volunteer untuk WSBK Mandalika 2022 

Berdayakan masyarakat lokal jadi volunteer

Mataram, IDN Times - Mandalika Grand Prix Association (MGPA) mempekerjakan sebanyak 1.700 volunteer atau relawan saat ajang balap World Superbike (WSBK) pada 11 - 13 November mendatang. Ribuan voulenteer itu berasal dari masyarakat Lombok Tengah yang berada di sekitar kawasan Mandalika dan kabupaten/kota lainnya di provinsi NTB.

"Jadi kita sebisa mungkin mengambil warga lokal, dan NTB. Kita mempekerjakan 1.700 volunteer yang kita ambil untuk melaksanakan ajang WSBK," kata Direktur Utama MGPA, Priandhi Satria dikonfirmasi, Senin (7/11/2022).

1. Training voulenteer

MGPA Pekerjakan 1.700 Volunteer  untuk WSBK Mandalika 2022 Para pekerja di Paddock Sirkuit Mandalika. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Saat ini, kata Priandhi, ribuan voulenteer itu sedang dilakukan training di Sirkuit Mandalika. Ia mengungkapkan, volunteer WSBK Mandalika 2022, juga banyak dari relawan pada event-event sebelumnya, seperti saat tes pra musim MotoGP, balap MotoGP, track day dan Shell Eco Marathon.

"Kita sedang melakukan training petugas kebersihan, training petugas keamanan, dan lainnya. Kita menggunakan volunteer yang turut serta membantu kita melaksanakan ajang balap ini. Banyak volunteer dari sebelum-sebelumnya," kata Priandhi.

Bahkan, katanya, ada beberapa volunteer yang sudah punya sertifikat 5 - 7 volunteer . "Menurut mereka ini akan nanti akan bermanfaat kedepannya. Karena mereka dipercaya. Mereka sudah mengikuti pelatihan dari segi race dan non race," ucapnya.

Baca Juga: Cegah Kemacetan, Gubernur NTB Minta Penonton WSBK Pakai Motor 

2. 4.636 orang daftar jadi volunteer

MGPA Pekerjakan 1.700 Volunteer  untuk WSBK Mandalika 2022 Para pekerja usai gelaran MotoGP Mandalika 2022 lalu. (IDN Times/Muhammad Nasir)

MGPA mencatat sebanyak 4.636 orang mendaftar menjadi volunteer WSBK Mandalika 2022. Proses pendaftaran volunteer ini dilaksanakan pada 10 - 20 September 2022 lalu melalui online. Tidak hanya secara online, MGPA juga memperbesar partisipasi masyarakat menjadi volunteer melalui pendaftaran offline, dengan menggandeng Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Lombok.

Jumlah pendaftar yang melebihi ekspektasi, menjadi bukti dari dukungan masyarakat dan komunitas setempat terhadap event balap internasional yang akan digelar kedua kalinya di Sirkuit Mandalika. Perekrutan volunteer secara online dan offline dilakukan untuk mendorong partisipasi masyarakat yang lebih besar dalam penyelenggaraan event WSBK 2022.

3. Tugas voulenteer di WSBK Mandalika

MGPA Pekerjakan 1.700 Volunteer  untuk WSBK Mandalika 2022 Sejumlah Marshal Mandalika yang bertugas pada saat MotoGP di Sirkuit Pertamina Mandalika (IG Marshal Mandalika)

Program volunteer WSBK Mandalika mencakup bidang keamanan, kebersihan, acara, dan teknisi. Bidang keamanan memiliki tugas dan tanggung jawab mengatur crowd control, traffic management, parkir penonton dan peserta event WSBK 2022, serta bertugas dan ditempatkan pada masing-masing pos penjagaan dan keamanan.

Untuk bidang kebersihan bertugas dan bertanggung jawab atas kebersihan mulai dari area luar sirkuit (tier 3), outer/inner circuit (tier 1 dan 2) di antaranya area Paddock, Race Control, Premiere Class, Deluxe Class, Observation Deck dan area Grand Stand. Area outer circuit meliputi kebersihan area parkir, sentra Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), dan toilet di masing-masing area properti sirkuit.

Sedangkan volunteer yang bertugas di bidang acara memiliki tanggung jawab untuk mengarahkan dan membantu penonton menuju tempat duduk sesuai kategori tiket yang dimiliki. Tugas lainnya mengarahkan dan menunjukan sajian kuliner di masing-masing lokasi penonton, memberikan segala informasi tentang event, fasilitas dan informasi umum yang dibutuhkan penonton dengan hospitality yang baik.

Sementara pada bidang teknisi tugas dan tanggung jawab volunteer sebagai operator CCTV, mempersiapkan maintenance building, TV compound , paddock show dan lainnya, dengan memiliki keahlian dan keterampilan mechanical, electrical atau plumbing.

Baca Juga: Balapan WSBK Mandalika Diperkirakan Diguyur Hujan Intensitas Sedang 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya