26 Anak Muda NTB Lulus Magang ke Jepang 

Dapat uang saku atau gaji hingga Rp15 juta per bulan

Mataram, IDN Times - Sebanyak 26 anak muda asal Nusa Tenggara Barat (NTB) kembali dinyatakan lulus untuk magang ke Jepang. Dari 32 peserta yang ikut pelatihan selama 40 hari, sebanyak 26 orang yang dinyatakan lulus menjadi peserta magang ke Jepang.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) NTB I Gede Putu Aryadi di Mataram, Senin (21/8/2023) menjelaskan peserta yang lulus tersebut akan kembali mengikuti pelatihan tahap II selama 2 bulan di Cevest Bekasi, sebelum diberangkatkan ke Jepang. Aryadi mengatakan pelatihan di Cevest Bekasi diisi dengan pemantapan bahasa dan pelajaran budaya Jepang.

1. Anak muda NTB diminta beradaptasi dengan budaya Jepang

26 Anak Muda NTB Lulus Magang ke Jepang Kepala Disnakertrans Provinsi NTB I Gede Putu Aryadi. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Aryadi mengingatkan peserta yang lulus magang ke Jepang harus disiplin dan menghormati budaya yang ada di negeri Sakura. Jika kita tidak bisa beradaptasi dengan bahasa dan budaya setempat, maka kita akan merasa terasing. Meski demikian, Aryadi meminta anak-anak muda NTB harus bisa mempertahankan jati diri sebagai bangsa Indonesia.

"Beradaptasilah dengan budaya dan bahasa jepang, tapi tetap pegang teguh dan cerminkan bahwa kita juga punya kepribadian yang luhur," pesan Aryadi.

Baca Juga: Seorang Pria di Mataram Nekat Mencuri Keris Keramat

2. Program pemagangan ke Jepang diminati anak muda NTB

26 Anak Muda NTB Lulus Magang ke Jepang Peserta magang ke Jepang. (dok. Disnakertrans NTB)

Aryadi menjelaskan bahwa bekerja dan magang tidak sama. Untuk itu, ia meminta peserta yang lulus agar memahami hak dan kewajiban peserta magang yang sudah dijelaskan dalam kontrak. Jika ada yang masih belum jelas supaya ditanyakan langsung kepada petugas.

"Jangan mencari informasi dari luar yang biasanya tidak valid dan menyesatkan," ujarnya mengingatkan.

Aryadi mengatakan bahwa program pemagangan ke Jepang sangat diminati oleh anak muda di NTB. Selain karena mendapatkan uang saku yang besar, peserta magang akan mendapatkan ilmu, bahkan selesai magang akan diberikan bantuan modal untuk berwirausaha.

Setelah selesai magang di Jepang, mereka juga akan mendapatkan sertifikat kompetensi yang bisa digunakan untuk mendaftar menjadi pekerja (skill worker) di Jepang.

3. Kemnaker ingatkan peserta magang Jepang

26 Anak Muda NTB Lulus Magang ke Jepang Ilustrasi peserta magang ke Jepang. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Koordinator Penyelenggaraan Pemagangan Luar Negeri Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker) Abdul Buchari menginformasikan bahwa status para peserta saat ini masih calon pemagangan. Baru disebut peserta magang Jepang ketika sudah mengikuti pelatihan tahap II pada 30 Agustus 2023 di Cevest Bekasi.

Buchari menyampaikan hari ini merupakan wawancara bersama orangtua. Kemnaker berharap calon peserta magang Jepang bisa menyelesaikan magang sampai selesai. Jangan sampai pulang ke Indonesia sebelum masa kontrak berakhir.

"Kami mengapresiasi Disnakertrans NTB yang berhasil melakukan proses seleksi magang Jepang dua kali dalam setahun. Tidak semua daerah bisa melakukan ini. Kebanyakan hanya sekali dan bekerjasama dengan organisasi pemuda," katanya.

Perwakilan International Manpower Development Organization Japan (IM Japan) Jakarta, Mrs. Ozawa mengingatkan agar para peserta harus mematuhi aturan yang ada selama di Jepang. Peserta jangan melanggar aturan di Jepang, karena di Jepang peraturannya sangat ketat dan sanksinya berat.

"Jangan mengecewakan orangtua. Sehingga, nanti pada saat pulang, bisa membawa kesuksesan,” pintanya.

Sebelumnya, pada Juli 2023 lalu, sebanyak 78 anak muda NTB telah diberangkatkan magang ke Jepang. Puluhan anak muda NTB yang lulus setelah bersaing dari 300 peserta. Peserta magang ke Jepang mendapatkan uang saku atau gaji antara Rp12 juta sampai Rp15 juta per bulan.

Mereka menandatangani kontrak pemagangan selama 3 tahun. Setelah itu, ada juga yang melanjutkan bekerja di Jepang. Tetapi bagi yang pulang setelah kontrak berakhir, mereka diberikan bantuan permodalan untuk berwirausaha.

Baca Juga: Penumpang Cuma 1 Orang, Rute Lombok - Situbondo Dihentikan Sementara

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya