1.308 Peserta Ikuti L’Etape Indonesia Tour de France di Mandalika 

Perlombakan dua kategori

Lombok Tengah, IDN Times - Sebanyak 1.308 peserta atau atlet balap sepeda amatir seluruh Indonesia mengikuti event L'Etape Indonesia by Tour de France di Mandalika Nusa Tenggara Barat (NTB). Para peserta akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan alam yang disajikan Pulau Lombok, NTB.

Direktur L'Etape Indonesia, Zacky Badrudin, Sabtu (19/2/2022) menjelaskan ajang L'Etape Indonesia merupakan salah satu bagian Tour de France. Dengan menyongsong sport tourism, di mana pembalapnya akan merasakan experience euforia Tour de France itu sendiri.

"L'Etape Indonesia ini sudah kami rencanakan sejak tahun 2018 dengan segala macam halangan dan kondisi, besok tepat hari Minggu 20 Februari ajang ini akan berlangsung di Mandalika," kata Zacky.

1. L'Etape Indonesia Pertama diadakan untuk season 2022

1.308 Peserta Ikuti L’Etape Indonesia Tour de France di Mandalika Direktur L'Etape Indonesia, Zacky Badrudin (Dok. Diskominfotik NTB)

Dikatakan, ajang L'Etape digelar di 21 negara. Gelaran L'Etape Indonesia merupakan yang pertama diadakan untuk season 2022. L'etape Indonesia ini dilaksanakan di tengah kondisi pandemi. Sehingga penyelenggaraan tetap menerapkan protokol kesehatan COVID-19 dan sesuai standardisasi CHSE.

"Semua peserta dan panitia harus telah divaksinasi dua kali serta melaksanakan swab antigen," terang Zacky.

Baca Juga: Resmikan Bale Kreatif, Sandiaga Uno Ladeni Warga Main Presean 

2. Perlombakan dua kategori

1.308 Peserta Ikuti L’Etape Indonesia Tour de France di Mandalika ilustrasi balap sepeda (unsplash.com/Markus Spiske)

Dia menyebutkan ajang ini memperlombakan dua kategori. Pertama, Long Distance berjarak 124 km yang dimulai dari Mandalika melintasi wilayah Praya Barat, Praya Kota, Praya Tengah, Pujut dan finish di Mandalika.

Kedua, kategori Short Distance berjarak 84 km dimulai dari Mandalika melintasi wilayah Praya Timur, Praya Tengah, Kopang, Kota Praya hingga Pujut dan selanjutnya finish di Mandalika.

Direktur Event Nasional dan Internasional Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Desi Ruhati sangat menantikan event-event seperti L'Etape Indonesia berhasil dilaksanakan.

Dengan berhasilnya event ini maka akan terbuka bagi para penyelenggara di luar yang berniat mengadakan eventnya di Mandalika. Serta dapat menjadi pemicu dan pendongkrak sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di NTB bahkan Indonesia.

3. Ekonomi masyarakat bergerak

1.308 Peserta Ikuti L’Etape Indonesia Tour de France di Mandalika Bupati Lombok Tengah Lalu Pathul Bahri (IDN Times/Muhammad Nasir)

Bupati Lombok Tengah Lalu Pathul Bahri mengaku bangga dengan digelarnya event sport tourism seperti L'Etape Indonesia di Lombok Tengah. Menurutnya, sport tourism memiliki multiplier effect yang luar biasa.

"Dengan 1000 peserta lebih, ekonomi masyarakat pasti bergerak dan banyak sektor yang dapat diuntungkan dan ini sangat baik bagi kami masyarakat NTB khususnya Lombok Tengah," ungkapnya.

Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata NTB Amjad menyatakan Pemprov NTB menyambut baik terselenggaranya L'Etape Indonesia di Lombok. Pihaknya berharap event L'Etape akan terus berlangsung di tahun depan dan seterusnya.

Baca Juga: Sandiaga Uno Sarankan Paket MotoGP di Gili Trawangan Mulai Rp1,5 Juta 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya