100 Putra Daerah Disiapkan untuk Tambang Raksasa di Dompu 

Disekolahkan untuk menjadi operator alat berat

Mataram, IDN Times - Pemprov NTB bersama PT. Sumbawa Timur Mining (STM) dan Pemda Kabupaten Dompu akan menyiapkan 100 putra daerah sebagai tenaga kerja terampil untuk tambang emas dan tembaga raksasa di Kecamatan Hu'u Kabupaten Dompu. 100 putra daerah yang berada di daerah lingkar tambang akan disekolahkan mengambil program Diploma 1 Operator Alat Berat.

"Rencananya 100 orang diutamakan yang berada di daerah lingkar tambang," kata Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) NTB Zainal Abidin di Mataram, Sabtu (18/2/2023).

1. Menjawab ekspektasi masyarakat Dompu

100 Putra Daerah Disiapkan untuk Tambang Raksasa di Dompu Kepala Dinas ESDM NTB Zainal Abidin. (dok. Istimewa)

Zainal menjelaskan hal ini dilakukan untuk menjawab ekspektasi masyarakat di Dompu mengenai keberadaan tambang emas dan tembaga yang saat ini masih dalam tahap eksplorasi. Masyarakat di daerah lingkar tambang menginginkan diakomodir bekerja di tambang milik PT. STM tersebut.

  • In"Untuk menjawab ekspektasi masyarakat di sana. Salah satu caranya ada kerja sama antara Pemprov NTB, STM, Pemkab Dompu untuk menyekolahkan putra daerah menempuh pendidikan D1 operator alat berat dan pertambangan. Kita fokuskan sekarang untuk program D1 operator alat berat," tambah Zainal.

Baca Juga: Buruan Daftar! AIU Malaysia Tawarkan Kuliah Gratis Bagi Anak Muda NTB 

2. Eksplorasi ditargetkan tuntas 2026

100 Putra Daerah Disiapkan untuk Tambang Raksasa di Dompu Eksplorasi tambang PT. STM di Kecamatan Hu'u Kabupaten Dompu. (dok. STM)

Saat ini, kata Zainal, tambang emas dan tembaga di Kecamatan Hu'u Kabupaten Dompu masih dalam tahap eksplorasi. Tahap eksplorasi ditargetkan tuntas pada 2026 mendatang.

Dalam waktu dekat, PT. STM akan menyampaikan Rencana Kegiatan Anggaran dan Biaya (RKAB). Dari RKAB itulah akan diketahui rencana PT. STM dalam proyek penambangan emas dan tembaga di Dompu.

Disinggung mengenai lamanya proses eksplorasi yang dilakukan PT. STM, Zainal menjelaskan salah satu kendalanya di lokasi tersebut juga ada potensi panas bumi. Sehingga, STM cukup hati-hati dan mencari cara terbaik untuk memanfaatkan potensi panas bumi serta tambang emas dan tembaga yang ada di sana.

"Semua kita berharap eksploitasinya lebih cepat," katanya.

3. Potensi sumber daya mineral

100 Putra Daerah Disiapkan untuk Tambang Raksasa di Dompu Ilustrasi Emas Mulia (IDN Times/Arief Rahmat)

Sebelumnya, PT. STM mengumumkan telah menemukan potensi sumber daya tembaga dan emas blok Onto di Kecamatan Hu'u Kabupaten Dompu sebesar 2 miliar ton. Temuan tersebut terdiri dari potensi sumber daya mineral tertunjuk sebesar 1,1 miliar ton tembaga dan emas. Sedangkan potensi sumber daya mineral terekam sebesar 1 miliar ton tembaga dan emas.

STM telah melakukan kegiatan eksplorasi lewat Kontrak Karya Proyek Hu’u sejak 2010. Perkiraan potensi sumber daya mineral yang telah diumumkan merupakan hasil dari 74 lubang pemboran, dengan total kedalaman 74.130 meter yang dibor ke dalam potensi sumber daya mineral Onto.

Baca Juga: Jadi Destinasi Wisata Andalan, Kota Tua Ampenan akan Direvitalisasi

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya