Comscore Tracker

Polda NTB Patroli Cegah Aksi Konvoi saat Pengumuman Kelulusan SMA

Pengumuman kelulusan hari ini dilakukan secara daring

Mataram, IDN Times - Aparat kepolisian menggencarkan giat patroli untuk mencegah aksi konvoi kendaraan dalam perayaan kelulusan siswa SMA di wilayah Nusa Tenggara Barat. Pengumuman kelulusan rencananya akan dilakukan secara daring pada hari ini, Kamis
(5/5/2022).

"Pencegahan kami lakukan dengan menggencarkan patroli di jalan-jalan utama, objek wisata, sampai ke kampungkampung," kata Kepala Bidang Humas Polda NTB Komisaris Besar Polisi Artanto, seperti dikutip dari Antara, Kamis (55/5/2022).

1. Gak boleh konvoi

Polda NTB Patroli Cegah Aksi Konvoi saat Pengumuman Kelulusan SMAIlustrasi konvoi. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Pihaknya juga dipastikan akan berkoordinasi dengan pihak sekolah yang mengumumkan kelulusan agar mengimbau siswa untuk tidak melakukan aksi konvoi di jalanan.

"Nantinya kami juga berikan saran pencegahan, salah satunya mungkin dengan membuat kegiatan khusus di internal sekolah," ujarnya.

Siswa-siswa yang sudah menerima pengumuman kelulusan diharapkan untuk dapat langsung kembali ke rumah masing-masing dan tidak berkerumun. Selain itu, pihaknya juga mengimbau agar konvoi dan aksi corat-coret tidak dilakukan.

Baca Juga: Bangga! Kini NTB Bisa Produksi Benih Jagung Hibrida 

2. Diharapkan peran orang tua

Polda NTB Patroli Cegah Aksi Konvoi saat Pengumuman Kelulusan SMAIlustrasi corat-coret saat kelulusan (IDN Times/Hisyamudin Keleten Kelin)

Karena pengumumannya dilaksanakan secara daring, Artanto pun mengingatkan peran serta orang tua siswa agar memperhatikan aktivitas anak.

"Pencegahan juga harus mulai dari rumah, peran orang tua paling utama. Bagaimana cara kita bisa menjaga agar mereka terhindar dari hal-hal buruk," ucap dia.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Nusa Tenggara Barat telah mengeluarkan surat resmi bernomor 423.7/1223. UM/Dikbud, perihal Pengumuman Kelulusan Peserta Didik Kelas XII, tertanggal 28 April 2022.

3. Pihak sekolah diminta larang siswa konvoi

Polda NTB Patroli Cegah Aksi Konvoi saat Pengumuman Kelulusan SMAIlustrasi konvoi kelulusan SMA (IDN Times/Hisyamudin Keleten Kelin)

Dalam surat yang ditandatangani oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTB Aidy Furqan, disampaikan bahwa pengumuman kelulusan untuk peserta didik kelas XII jenjang SMA dan SMALB, pada 5 Mei 2022. Sedangkan untuk jenjang SMK, pada 3 Juni 2022.

Pengumuman kelulusan disampaikan secara daring atau bentuk lainnya. Setiap sekolah diminta untuk memastikan tidak ada aksi konvoi dan corat-coret pakaian seragam sekolah di kalangan peserta didik, baik menjelang sampai berlangsung pengumuman kelulusan.

Untuk mencegah kejadian yang tidak diinginkan di kalangan peserta didik, setiap sekolah diminta secara aktif bersinergi dengan aparatur penegak hukum setingkat polsek dan koramil.

Baca Juga: Polda NTB Terjunkan 1.600 Personel, saat Perayaan Lebaran Ketupat 

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya