Masuk 50 Besar ADWI, Sandi Kunjungi Desa Wisata Buwun Sejati di Lombok

Tawarkan desa berkonsep agrowisata

Lombok Barat, IDN Times -  Menteri Parekraf (Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif) Sandiaga Salahuddin Uno melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Lombok Utara Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Sandi berkunjung ke Taman Wisata Aik nyet Desa Buwun Sejati Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat pada Sabtu, (25/6/2022).

Kepala Desa Buwun Sejati Muhudin mengatakan bahwa pihaknya sangat senang dan bangga atas kedatangan Menteri Pariwisata di desanya. Dia mengatakan bahwa Desa Buwun Sejati terletak di Kecamatan Narmada dengan jumlah penduduk sekitar 4.300 jiwa tersebar pada lima dusun. Tiga dusun mayoritas bergama Islam dan dua dusun mayoritas bergama Hindu. Muhudin mengatakan bahwa  toleransi di desanya tetap terjaga.

“Kami berbangga dengan kedatangan Bapak Menteri, ini akan menjadi semangat bagi kami untuk membangun desa kami ini,” kata Muhudin di Desa Buwun Sejati, Sabtu (25/6/2022).

1. Sandi ungkapkan kebahagiaannya di desa wisata

Masuk 50 Besar ADWI, Sandi Kunjungi Desa Wisata Buwun Sejati di LombokMenparekraf Sandiaga Salahuddin Uno saat mengunjungi Desa Wisata Buwun Sejati (Dok Polresta Mataram)

Sandi mengungkapkan bahwa dirinya merasa senang berada di Desa Buwun Sejati yang menjadi salah satu nominasi dalam 50 desa wisata terbaik di Indonesia. Dia merasa bahwa desa ini merupakan desa yang sangat indah. Sehingga dia sangat merekomendasikan wisatawan untuk berkunjung.

“Saya sangat senang berada di salah satu dari dua desa wisata yang masuk dalam 50 besar ADWI (Anugerah Desa Wisata Indonesia). Kalau tahun lalu ada Desa Wisata Sesaot, sekarang Desa Wisata Buwun Sejati,” kata Sandi.

Sandi mengaku senang melihat agrowiisata di desa itu. Ini menjadi salah satu daya tarik dan yang membedakan Buwun Sejati dengan desa wisata lainnya di Indonesia. Dia berharap akan semakin banyak kunjungan wisatawan ke desa tersebut.

Kunjungan Sandi disambut secara langsung oleh Bupati Lombok Barat H Fauzan Khalid dan Kapolresta Mataram yang diwakili oleh Kapolsek Narmada Kompol I Nyoman Nursana. Selain itu juga ada Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB H Yusron Hadi dan Sekda Kabupaten Lombok Barat Dr Baehaqi.

Baca Juga: Antisipasi Copet, Polisi Berpakaian Preman Siaga di MXGP Samota 

2. Pokdarwis berperan aktif

Masuk 50 Besar ADWI, Sandi Kunjungi Desa Wisata Buwun Sejati di LombokKunjungan Menparekraf ke Desa Wisata Buwun Sejati di Lombok Barat (Dok Polresta Mataram)

Ketua Pokdarwis Desa Buwun Sejati, Saefudin Zohri memaparkan beberapa destinasi wisata yang ada di desa tersebut. Ada Aik Nyet, Bunut Ngengkang dan beberapa air terjun. Selain itu, ada agrowisata persawahan yang bisa dijadikan sebagai tempat healing atau refreshing.

“Kami juga punya kesenian dan budaya. Kami berkolaborasi antara warga Muslim dan Hindu. Sehingga atraksi yang kami sajikan menjadi atraksi yang menarik dan terus kami lestarikan,” ujarnya.

Dia juga mengatakan bahwa di des aitu tersedia penginapan berupa homestay yang cukup memadai. Sejumlah fasilitas sudah dipersiapkan di homestay tersebut. Sehingga wisatawan merasa nyaman dan senang saat berada di Desa Wisata Buwun Sejati.

3. Tentang desa wisata buwun sejati

Masuk 50 Besar ADWI, Sandi Kunjungi Desa Wisata Buwun Sejati di LombokDesa Wisata Buwun Sejati di Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat Provinsi Nusa Tenggara Barat (Dok Kemenparekraf)

Buwun sejati merupakan salah satu desa wisata yang ada di Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat yang memiliki potensi yang luar biasa. Adapun potensi tersebut di antaranya wisata Alam Aik Nyet, Wisata Alam Bunut Ngengkang, Air Terjun Tibu Atas, Wisata Bendungan Jangkok, dan lainnya.

Dari segi budaya Buwun Sejati juga memiliki musik Tradisional Baleganjur, Sanggar Tari, Wayang Kulit, dan sebagainya. Dari segi kuliner Buwun Sejati memiliki Sate Bulayak. Sedangkan dari segi kerajinan Buwun Sejati memiliki Dulang Kayu. Dan Anyaman Ketak.

Melihat potensi yang luar biasa tersebut, Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat menobatkan Desa Buwun Sejati sebagai Desa Wisata Pioner dan File Project untuk Lombok Barat.

Untuk sampai ke Desa Buwun Sejati membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit dari Kota Mataram dan kurang lebih 60 menit dari BIL (Bandara Internasional Lombok).

Baca Juga: MXGP Samota Bisa Digelar, Terima Kasih Ali BD Telah Meminjamkan Lahan!

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya