8.406 Pelaku Usaha di Kota Mataram Gunakan QRIS BRI

Cara mudah bertransaksi tanpa uang tunai

Mataram, IDN Times – Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Mataram kian menjamur. Paling banyak adalah pelaku usaha yang bergerak pada bidang perdagangan. Banyak dari mereka yang sudah memanfaatkan teknologi perbankan dalam bertransaksi, salah satunya menggunakan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard).

Kantor Cabang (KC) BRI Mataram mencatat jumlah QRIS yang dibuat di wilayah tersebut sebanyak 8.406. Permintaan pembentukan QRIS didominasi oleh pelaku usaha yang bergerak pada bidang perdagangan, misalnya nasabah yang menjual sembako atau yang berjualan di pasar.

“Salah satu program KC BRI Mataram yaitu melakukan grebek pasar, di mana targetnya seluruh pedagang di pasar menggunakan QRIS sebagai sarana transaksi,” kata Pimpinan KC BRI Mataram Yoggi Pramudianto Sukendro, di Mataram, Kamis (18/5/2023).

Pedagang di pasar masuk dalam kategori usaha mikro. BRI Mataram menyasar para pedagang agar dapat bertransaksi dengan lebih mudah menggunakan fitur-fitur yang sudah disediakan untuk semua nasabah.

“QRIS yang disalurkan dari segmen mikro ini sebanyak 3.399 QRIS, sebagian besar merupakan sektor perdagangan,” ujar Yoggi.

Yoggi berharap menggunakan QRIS BRI ini dapat mempermudah semua pihak dalam melakukan pembayaran. Selain itu, penggunaan QRIS juga memungkinkan penggunanya untuk membayar dengan jumlah yang pas. Sehingga bisa lebih cepat dan lebih mudah dalam bertransaksi.

1. Jenis dan manfaat QRIS

8.406 Pelaku Usaha di Kota Mataram Gunakan QRIS BRIIlustrasi Quick Responce Code Indonesia Standard (QRIS). (dok. Bank Indonesia)

Sebagai informasi, QRIS adalah standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia. Tujuannya agar proses transaksi dengan QR Code menjadi lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya.

Dikutip dari laman bri.co.id, terdapat dua jenis QRIS. Pertama, Merchant Presented Mode, yaitu QRIS tersedia pada merchant yang kemudian dipindai oleh pelanggan menggunakan ponsel untuk menyelesaikan transaksi di merchant tersebut. Kedua, Customer Presented Mode, yaitu pelanggan menunjukkan QRIS untuk dapat dipindai oleh kasir dengan menggunakan pemindai yang disediakan oleh merchant untuk menyelesaikan transaksi.

Ada beberapa manfaat menggunakan QRIS, di antaranya transaksi menjadi lebih efektif dan efisien, sehingga dapat memangkas waktu antrean. QRIS juga dapat diterima oleh seluruh e-wallet dari berbagai metode pembayaran dengan maksimal pembayaran Rp2 juta per transaksi. Selain itu, penyedia aplikasi pembayaran dapat menetapkan batas nominal kumulatif harian atau bulanan atas transaksi QRIS yang dilakukan oleh setiap pengguna QRIS. Itu ditetapkan sesuai mitigasi risiko pengguna.

Baca Juga: Kisah Inspiratif Sigit Aprianto, Memulai Usaha di Ujung Timur NTB

2. Cara mengajukan pembuatan QRIS BRI

8.406 Pelaku Usaha di Kota Mataram Gunakan QRIS BRISuasana pelayanan di KC BRI Mataram (IDN Times/Linggauni)

Bagi yang ingin mengajukan pembuatan QRIS BRI, caranya cukup mudah. Pertama-tama, nasabah harus memenuhi syarat-syarat yang sudah ditetapkan oleh pihak BRI. Beberapa syarat umumnya adalah membawa buku tabungan BRI, kemudian mengisi formulir yang sudah disediakan oleh pihak bank. Jangan lupa untuk membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Berikut tata cara pengajuan QRIS BRI:

  1. Pastikan membawa persyaratan umum untuk mengajukan pembuatan QRIS, seperti buku tabungan, KTP dan NPWP
  2. Temui petugas bank dan mintalah nomor antrean
  3. Beri tahu petugas tujuan kedatangan anda, petugas akan memberikan formulir yang dibutuhkan
  4. Isi formulir yang diberikan oleh petugas
  5. Berikan formulir dan semua persyaratan yang dibutuhkan kepada petugas teller
  6. Jawablah semua pertanyaan dari teller sebagai bentuk verifikasi
  7. Anda akan diberikan QRIS sesuai dengan yang anda ajukan

Jika QRIS sudah dicetak, maka sudah bisa digunakan sebagai pembayaran oleh pelanggan saat bertransaksi. Setelah transaksi, pastikan untuk mengecek apakah pembayaran menggunakan QRIS sudah berhasil.

3. Cara menggunakan QRIS BRI

8.406 Pelaku Usaha di Kota Mataram Gunakan QRIS BRIPembayaran menggunakan QRIS oleh nasabah (foto dok)

Pembayaran QRIS disebut lebih higienis karena tidak perlu bersentuhan tangan. Transaksi juga lebih cepat karena tidak perlu menunggu kasir memberikan uang kembalian. Dikutip dari laman promo.bri.co.id, berikut cara menggunakan QRIS menggunakan aplikasi BRImo:

  1. Buka aplikasi BRImo
  2. Klik ikon QRIS dan scan QR code yang ada pada merchant
  3. Pastikan nama merchant sudah sesuai lalu pilih sumber dana dan klik OK
  4. Masukan nominal pembayaran (jika belum ada)
  5. Cek detail pembayaran dan klik 'Bayar' dan masukkan PIN untuk menyelesaikan proses pembayaran

Itulah cara menggunakan QRIS menggunakan aplikasi BRImo yang dapat dimanfaatkan oleh nasabah. Sebelum bertransaksi, pastikan saldo mencukupi untuk melakukan transaksi.

Baca Juga: Kisah Husniati di Lombok, Catat Transaksi BRILink Rp2 Miliar Sebulan

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya