Setelah Kantor Wali Kota, KPK Geledah Kantor BPBD Kota Bima

KPK usut korupsi sejumlah mega proyek dari 2019 Hinga 2022

Kota Bima, IDN Times - Setelah kantor Pemkot Bima, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali geledah sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Rabu pagi (30/8/2023). Dua OPD itu yakni kantor Dinas Pekerjaan Umur dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bima.

Langkah hukum dilakukan tersebut untuk memperluas target operasi soal dugaan korupsi mega proyek dari tahun 2019-2022. Saat penggeledahan dilakukan, sejumlah pegawai BPBD Kota Bima tengah sibuk melakukan perbaikan mesin sekoci.

1. Pegawai di BPBD sibuk service mesin sekoci saat penggeledahan

Setelah Kantor Wali Kota, KPK Geledah Kantor BPBD Kota BimaFoto mobil tim KPK di halaman kantor BPBD Kota Bima (IDN Times/Juliadin)

Pantau langsung di lokasi, KPK membagi dua tim menggeledah kantor BPBD dan Dinas PUPR. Kedua tempat itu dikawal ketat oleh sejumlah anggota Brimob.

Saat penggeledahan berlangsung di BPBD, para pegawai tampak sibuk di bagian belakang kantor. Mereka terlihat mengangkut satu unit mesin sekoci pakai mobil BPBD untuk diperbaiki di bengkel.

"Kita mau service dulu mesin ini," sahut salah satu pegawai, Rabu pagi (30/8/2023).

Baca Juga: Geledah Kantor Wali Kota Bima, Ini Kasus yang Diusut KPK

2. KPK geledah tanpa pemberitahuan

Setelah Kantor Wali Kota, KPK Geledah Kantor BPBD Kota BimaFoto situasi saat penggeledahan berlangsung di Dinas PUPR Kota Bima (IDN Times/Juliadin)

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD, Gufran yang dikonfirmasi di lokasi membenarkan kantornya digeledah KPK. Tim KPK tiba di lokasi sekitar pukul 08.45 Wita dan langsung lakukan penggeledahan sejumlah ruangan.

"Mereka geledah di sini, tanpa ada pemberitahuan awal. Kita juga kaget saat di datangi," bebernya.

Hingga berita ini dirilis, dinas PUPR dan BPBD masih terus digeledah KPK. Informasi yang diperoleh, setelah ini KPK akan kembali geledah rumah dinas Wali Kota Bima di Kecamatan Raba.

3. Sebelumnya, KPK geledah ruang kerja Wali Kota Bima, Sekda dan PBJ

Setelah Kantor Wali Kota, KPK Geledah Kantor BPBD Kota BimaFoto situasi di halaman Kantor Wali Kota Bima saat penggeledahan berlangsung (IDN Times/Juliadin)

Diberitakan sebelumnya, pada Selasa (29/8/2023) kemarin KPK menggeledah ruang kerja Wali Kota Bima, Muhammad Lutfi, ruangan Sekretariat Daerah (Sekda) dan Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ). Dalam penggeledahan yang dirangkaikan pemeriksaan sejumlah pejabat itu, mereka menyita 3 koper dokumen penting.

"Tiga ruangan yang digeledah, yakni ruang kerja Wali Kota, Sekda dan PBJ," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Statistik (Diskomfotik) Kota Bima, Mahfud.

Baca Juga: Wali Kota Bima Jadi Tersangka Korupsi, Kadis PUPR Dipanggil KPK

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya