Puluhan Pelamar PPPK Tak Lolos Administrasi kerena Kelalaian Panitia 

Panitia seleksi di Bima tak teliti saat verifikasi berkas

Kota Bima, IDN Times - Puluhan pelamar Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2023 di Kota Bima Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) harus menelan pil pahit. Mereka tak lolos seleksi administrasi akibat kelalaian panitia dalam memverifikasi berkas.

"Ada sekitar puluhan pelamar yang tak lolos karena kesalahan panitia," kata Kepala Bidang Pengadaan Mutasi, Data dan Informasi Kepegawaian BKPSDM Kota Bima, Abdurahman yang dikonfirmasi pada Rabu (25/10/2023).

1. Tidak teliti cek dokumen ijazah

Puluhan Pelamar PPPK Tak Lolos Administrasi kerena Kelalaian Panitia ilustrasi dokumen-dokumen kertas (pexels.com/pixabay)

Satu di antara kesalahan panitia diakui Abdurahman, seperti tidak terlalu teliti dalam memastikan dokumen ijazah yang diunggah oleh pelamar. Panitia menilai ijazah hasil fotocopy, padahal yang diunggah adalah ijazah asli sesuai aturan yang ditetapkan.

"Ijazah yang pelamar upload (unggah) itu sudah benar. Cuma dianggap salah, karena panitia tak teliti. Sehingga pelamar saat itu tak diloloskan," bebernya.

Baca Juga: Pilpres 2024, Gerindra Optimistis Prabowo - Gibran Unggul di Kota Bima

2. 200 lebih pelamar ajukan sanggahan

Puluhan Pelamar PPPK Tak Lolos Administrasi kerena Kelalaian Panitia Ilustrasi seleksi PPPK (IDN Times/Musthofa Aldo)

Abdurahman mengatakan, puluhan pelamar PPPK tersebut telah mengajukan sanggahan melalui akun seleksi masing-masing. Begitu juga dengan100 lebih pelamar lain yang merasa tidak puas dengan hasil seleksi administrasi.

"Pelamar yang ajukan sanggahan ada sekitar 200 lebih orang. Dari total yang tidak penuhi syarat sebanyak 560 orang," terangnya.

3. Hasil sanggah akan diumumkan akhir Oktober

Puluhan Pelamar PPPK Tak Lolos Administrasi kerena Kelalaian Panitia kaltimkece.id

Sanggahan 200 lebih pelamar ini telah dijawab oleh panitia beberapa hari lalu. Kemudian hasilnya diumumkan secara nasional mulia pada 22 Oktober hingga 28 Oktober 2023 mendatang.

"Nanti kita tinggal umumkan. Jadwal nasional untuk pengumuman, mulai 22-28 Oktober 2023," tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, Pemkot Bima membuka lowongan PPPK 641 formasi untuk tenaga teknis, guru dan tenaga kesehatan. Ratusan lowongan itu diperebutkan oleh 3.160 pelamar. Rincian pelamar yaitu tenaga teknis sebanyak 2.229, tenaga kesehatan sebanyak 625 dan guru sebanyak 309 pelamar.

Baca Juga: IRT di Bima Teriaki Polisi Maling saat Suami Digeledah Kasus Narkoba

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya