Pilkades di Dompu Didominasi Pendatang Baru, 13 Petahana Terpental

Pilkades serentak diikuti oleh 33 desa di Dompu NTB

Dompu, IDN Times - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 33 desa di Kabupaten Dompu Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) sukses digelar, Senin (23/10/2023). Dari 33 desa yang ikut agenda 5 tahunan ini, kemenangan didominasi oleh calon yang merupakan pendatang baru.

"Sementara calon Kades incumbent (petahana) yang masih bertahan 7 orang dari 20 orang yang kembali mencalonkan diri," Kata Sekretaris Daerah (Sekda) Dompu, Gatot Gunawan dihubungi IDN Times pada Rabu pagi (25/10/2023).

1. Tujuh Kades petahana menang

Pilkades di Dompu Didominasi Pendatang Baru, 13 Petahana TerpentalFoto Bupati Dompu, Kader Jaelani saat tinjau Pilkades di salah satu desa di Kabupaten Dompu (Dok/Istimewa)

Terdapat tujuh Kades yang kembali terpilih. Mereka adalah:

1. Kades Banggo, Abdul Malik

2. Kades Kawangko, Nursalam

3. Kades Wawondaru, Abdul Fatah

4. Kades Bakajaya, Umar

5. Kades Saneo, Rustam

6. Kades Rababaka, Ikram

7. Kades Dorebara, Syaiful


"Hanya tujuh orang kades itu, sementara 13 orang lainnya gagal memperoleh suara terbanyak," kata Gatot.

Baca Juga: IRT di Bima Teriaki Polisi Maling saat Suami Digeledah Kasus Narkoba

2. Pelantikan awal tahun 2024 mendatang

Pilkades di Dompu Didominasi Pendatang Baru, 13 Petahana TerpentalSuasana pelantikan 57 kepala desa di Pendapa Muda Graha Kabupaten Madiun, Jumat (6/12). IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Sementara itu, ada 13 mantan Kades yang terpental. Mereka adalah Sahril Kades Lanci Jaya, Sahruddin Kades Lasi, Abdullah Kades Mbuju. Kemudian Taufik Kades Dorokobo, Dahlan Kades Doropeti, Saidin Kades Karombo, L Heriwanto Kades Kadindi Barat.

Selanjutnya, Ikraman Kades Mangge Nae, Umar Kades Sorisakolo, Aswan Kades Karamabura, Sahbudin Kades Jala. Kemudian Abdurrahman Kades Kamapsimeci dan Abdul Azis Kades Nangatumpu.

Terhadap 33 kades yang terpilih rencananya akan ditetapkan dan diputuskan pada 5 Desember 2023 mendatang. Selanjutnya, mereka akan dilantik secara serentak pada 4 Januari 2024 oleh Bupati Dompu, Kader Jaelani. 

"Jika tak ada kendala, setelah ditetapkan nanti mereka langsung dilantik pada 4 Januari 2024 mendatang," katanya.

3. Apresiasi terhadap partisipasi masyarakat ikut Pilkades

Pilkades di Dompu Didominasi Pendatang Baru, 13 Petahana TerpentalMerdeka.com

Mewakili Pemkab Dompu, Gatot Gunawan menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih terhadap semua pihak. Terutama masyarakat, karena telah mengikuti rangkaian Pilkades hingga selesai. Kemudian terhadap calon Kades yang kalah agar tetap sabar dan kembali menjalani rutinitas seperti biasa.

"Kami ucapkan terima kasih kepada calon Kades, karena telah jadi kompititor yang baik," ungkapnya.

Sebelumnya terdapat sejumlah warga yang protes karena tidak dapat memilih kades. Mereka memprotes panitia Pilkades, karena namanya tidak tercatat dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). 

"Reaksi semacam itu sudah biasa dan bisa ditanggulangi," tandas Gatot Gunawan

Baca Juga: Pelajar di Dompu Dikeroyok hingga Tengkorak Kepalanya Retak 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya