Air Terjun Rade Dangge, 'Hidden Gem' yang Baru Ditemukan di Bima 

Butuh anggaran penataan hingga pembukaan akses jalan

Bima, IDN Times - Kabupaten Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) memiliki berbagai destinasi wisata yang indah untuk dikunjungi. Salah satunya, Air Terjun Rade Dangge yang terletak di kawasan Ndasa Desa Tambe Kecamatan Bolo. Ini merupakan surga wisata baru atau hidden gem yang ditemukan oleh warga di kawasan ini.

Destinasi wisata yang terbilang baru tereksplorasi ini, tak kalah eksotik dari kebanyakan wisata lainnya. Memiliki air terjun yang jernih dengan ketinggian menjulang dari dasar, sekitar 30 meter. Banyak hal yang dapat dilakukan saat tiba di destinasi wisata ini.

1. Ragam aktivitas yang bisa dilakukan

Air Terjun Rade Dangge, 'Hidden Gem' yang Baru Ditemukan di Bima Foto air terjun Rade Dangge (Dok/Istimewa)

Saat menjajal air terjun ini, banyak aktivitas yang wajib untuk dicoba. Misalnya, wisatawan bisa melompat dari ketinggian tertentu dan mandi di kolam tepat pada titik air terjun jatuh. 

Airnya sangat jernih dan berwarna kebiruan. Hal itu tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Tidak hanya jernih, airnya juga cukup dingin lantaran lokasinya berada di sekitar kaki pegunungan Donggo. 

Selain menikmati Air Terjun Rade Dangge, di sekitar lokasi pengunjung akan disajikan dengan pandangan tanaman jagung yang berbukit-bukit. Dengan hamparan yang ditawarkan cukup luas sejauh mata memandang.

Baca Juga: Heboh! Beredar 'Video Call' Mesum Anggota Pol PP Bima dengan Perempuan

2. Jarak 7 kilometer dari pemukiman warga

Air Terjun Rade Dangge, 'Hidden Gem' yang Baru Ditemukan di Bima 

Ketua Karangtaruna Desa Tambe Suryadin mengatakan, lokasi Air Terjun Rade Dangge cukup jauh dari pemukiman warga. Antara Desa Tambe dengan objek wisata tersebut, jarak tempuh dalam perjalanan sekitar tujuh kilometer.

"Objek itu sebenarnya sudah lama, tapi baru diekspos di media sosial. Kalau mau ke sana, sekitar satu jam dalam perjalanan lalu nyampe tujuan," terang dia pada IDN Times, Senin siang (20/3/2023).

3. Butuh perhatian Pemda Bima

Air Terjun Rade Dangge, 'Hidden Gem' yang Baru Ditemukan di Bima Bupati Bima Indah Dhamayanti Putri (Pemkab Bima)

Kendati menyimpan pesona yang eksotik, Air Terjun Rade Dangge diakui belum ada sentuhan anggaran dari pemerintah. Padahal, objek itu sangat layak untuk dijadikan sebagai destinasi wisata baru di Kabupaten Bima.

Karena itu, alokasi anggaran untuk penataan dan pembangunan fasilitas penunjang sangat diharapkan. Paling tidak, dana untuk pembukaan akses jalan, dari jalan pertanian menuju air terjun Rade Dangge.

"Maunya kami jalan dulu dibuka di sana. Biar pengunjung nanti bisa bawa masuk kendaraan hingga di sekitar air terjun," harap Suryadin.

Baca Juga: Dalami Ilmu Tarekat, Mahasiswa S2 Asal Bima 17 Hari Hilang di Gunung

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya