TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Polresta Mataram Cek SPBU Cegah Kecurangan Pengisian BBM saat Mudik

Prediksi konsumsi BBM selama Ramadan dan Idul Fitri

Aparat kepolisian mengecek sumur penampungan BBM di SPBU Desa Dasan Tereng Narmada Lombok Barat. (dok. Istimewa)

Mataram, IDN Times - Polsek jajaran Kepolisian Resort Kota (Polresta) Mataram mengecek sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di wilayah Kota Mataram dan Lombok Barat.

Pengecekan itu dilakukan untuk mencegah kecurangan pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM) di SPBU menjelang mudik lebaran 2024.

Unit Patroli Samapta Polsek Ampenan menyambangi obyek vital PT. Pertamina Patra Niaga Lombok Terminal Ampenan, Jumat (29/3/2024) mengantisipasi praktik kecurangan pengisian BBM di SPBU.

Pengecekan yang dilakukan menyikapi situasi saat ini di beberapa wilayah di Indonesia telah terjadi tindak pidana dan praktik kecurangan yang terjadi di SPBU.

1. Antisipasi BBM dicampur air

Pengecekan sumur penampungan BBM di SPBU Narmada Lombok Barat. (dok. Istimewa)

Kapolsek Ampenan AKP Gede Sukarta mengatakan bahwa patroli dengan menyasar SPBU ini untuk mengantisipasi kejadian yang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia terkait adanya BBM yang dicampur air. Hal ini dilakukan untuk menjaga situasi Kamtibmas jelang pelaksanaan mudik lebaran 2024.

"Menyampaikan imbauan kepada para sopir tangki BBM agar tidak melakukan hal-hal atau praktek kecurangan selama pengiriman maupun pengisian BBM ke SPBU," kata Gede.

Praktik kecurangan pengisian BBM akan merugikan masyarakat sebagai konsumen. Pihaknya juga meminta petugas SPBU tetap berhati-hati dalam beraktifitas, baik itu dalam hal tindak kriminalitas ataupun yang berkaitan dengan keselamatan kerja para petugas SPBU.

Baca Juga: Mudik Lebaran 2024, ini Jalur yang Rawan Longsor di NTB

2. Pengecekan SPBU di Narmada Lombok Barat

Pengecekan Terminal BBM Ampenan. (dok. Istimewa)

Selain di Mataram, aparat kepolisian dari Polsek Narmada mengecek SPBU di Desa Dasan Tereng, Jumat (29/3/2024). Kapolsek Narmada Kompol Kadek Metria menjelaskan pengecekan ini mengantisipasi praktik kecurangan. Di antaranya, BBM dicampur air dan adanya alat tambahan untuk mencurangi meteran pengisian BBM pada 3 dispenser.

"Dengan melakukan pengecekan ke seluruh SPBU untuk memastikan tidak ada praktik-praktik kecurangan dan memastikan masyarakat dapat terlayani dengan baik," kata Metria.

Pengecekan itu sekaligus memberikan imbauan kepada pengusaha SPBU agar tidak melakukan kecurangan yang dapat merugikan konsumen maupun masyarakat.

"Oleh karenanya, pihak SPBU tetap berkoordinasi dengan Polsek Narmada dan saling menjaga kondusivitas keamanan," terangnya.

Berita Terkini Lainnya