TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Konsumsi Naik, 41.600 Tabung LPG Subsidi Ditambah untuk Pulau Sumbawa

Konsumsi melonjak saat Ramadan

Sidak pasokan LPG 3 Kg di Pulau Sumbawa. (dok. Pertamina)

Mataram, IDN Times - PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus menambah pasokan 41.600 tabung LPG 3 Kg atau LPG subsidi di wilayah Pulau Sumbawa. Penambahan pasokan LPG subsidi lantaran adanya peningkatan konsumsi yang signifikan di kabupaten/kota yang ada di wilayah Pulau Sumbawa.

“Kenaikan konsumsi LPG 3 Kg tersebut disebabkan oleh permintaan yang meningkat di masyarakat pada masa libur hari raya keagamaan, bulan Ramadan dan musim tanam yang terjadi dalam waktu yang berdekatan,” kata Area Manager Communication Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus Ahad Rahedi, Jumat (15/3/2024).

1. Peningkatan konsumsi juga terjadi di sektor bisnis UMKM

Area Manager Communication Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus Ahad Rahedi. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Selain permintaan yang meningkat di masyarakat, kata Ahad, konsumsi LPG 3 Kg juga mengalami peningkatan di sektor bisnis UMKM. Karena penjualan dan produksinya turut meningkat pada bulan Ramadan.

Peningkatan konsumsi terbanyak terdapat di kota dan kabupaten Bima, Kabupaten Dompu, Kabupaten Sumbawa dan Sumbawa Barat.

Dikatakan, Pertamina telah melakukan pendistribusian LPG dengan fokus di wilayah yang mengalami kekurangan dan melaksanakan monitoring stok di agen dan pangkalan resmi secara berkala.

Baca Juga: Siap-siap! Pemprov NTB Dapat Jatah 500 Formasi CPNS dan PPPK 2024

2. Harga LPG 3 Kg ditemukan melebihi HET

Ilustrasi LPG. (IDN Times/Holy Kartika)

Ahad menyatakan koordinasi terus dilakukan Pertamina dengan Pemda setempat. Salah satunya melalui kegiatan inspeksi mendadak (sidak) LPG ke lapangan.

Dimana, dalam sidak tersebut masih banyak ditemukan harga LPG yang melebihi Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah pada level pengecer.

"Untuk di pangkalan resmi Pertamina sendiri harga LPG 3 kg subsidi masih sesuai dengan HET yang ditetapkan pemerintah yaitu Rp18.500," sebutnya.

Berita Terkini Lainnya