Sirkuit Pertamina Mandalika Diprediksi Diguyur Hujan saat Event IATC

Polres tutup galian dekat sirkuit sebelum IATC

Lombok Tengah, IDN Times - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Stasiun Meteorologi Zainul Abdul Madjid Praya Lombok Tengah mengeluarkan data hasil analisa curah hujan dalam sepekan khusus di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah.

Hasil analisa BMKG Stasiun Meteorologi Zainul Abdul Madjid  sejak tanggal 5 hingga tanggal 11 November 2021diprediksi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Sehingga kondisi sirkuit diperkirakan dalam keadaan basah disebabkan oleh hujan.

1. Antisipasi adanya genangan air

Sirkuit Pertamina Mandalika Diprediksi Diguyur Hujan saat Event IATCKunjungan MGPA ke Sirkuit Mandalika IDN Times/Ahmad Viqi Wahyu Rizki

Forester on Douty Stasiun Meteorologi Zainul Abdul Madjid Praya Lombok Tengah Aprilia Mustika Dewi mengatakan, dalam sepekan kedepan wilayah Kuta Mandalika diprediksi terjadi hujan dengan dua intensitas.

"Hujan dengan intensitas lebat diprediksi bakal terjadi pada tanggal 8 November 2021," kata Aprilia dalam rilis tertulis yang diteima IDN Times, Sabtu (6/11/2021).

Untuk itu, perlu kiranya mengantisipasi adanya genangan yang akan tejadi di sejumlah titik di KEK Mandalika. Dalam analisanya, pada tanggal 9 hingga 11 November, hujan dengan intensitas sedang dan lebat juga diprediksi mengguyur wilayah KEK Mandalika.

“Pada tanggal 10 November itu diprediksi hujan lebat dan tanggal 11 November itu diprediksi hujan dengan intensitas sedang mengguyur KEK Mandalika,” ujar Aprilia.

2. Pengecatan sirkuit dikebut

Sirkuit Pertamina Mandalika Diprediksi Diguyur Hujan saat Event IATCPengecatan Sirkuit Mandalika dikebut memasuki musim hujan/dok. Facebook Zulkieflimansyah

Baca Juga: 10 Potret  Keindahan Sirkuit Pertamina Mandalika dari Bukit Seger

Terpisah, Chief Strategic Communication Officer Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Happy Harinto menjelaskan bahwa, proses pengecatan lintasan Sirkuit Mandalika sudah mencapai 60 persen. Sebab proses pengecatan lintasan utama Sirkuit Mandalika menyesuaikan kondisi cuaca.

“Cuaca hujan yang mulai sering. Sehingga pekerjaannya saat ini menyesuaikan cuaca. Semoga kedepan cuaca bisa bersahabat dengan para pekerja yang sedang mengerjakan proses pengecatan,” ucap Happy.

Jika melihat proses pengecatan, lanjut Happy, event IATC bisa berjalan dengan baik. Pada intinya target perampungan semua pengerjaan Sirkuit Mandalika fokus untuk event World Superbike.

“Target kita adalah WSBK. IATC tetap berjalan sesuai scedhule. Baik mendung hujan atau panas, kita sudah mengantisipasinya,” tegas Happy.

3. Tutup galian antisipasi banjir

Sirkuit Pertamina Mandalika Diprediksi Diguyur Hujan saat Event IATCKapolres Lombok Tengah AKBP Hery Indra Cahyono IDN Times/Ahmad Viqi

Kepala Kepolisian Resort Lombok Tengah, AKBP Hery Indra Cahyono menjelaskan pihaknya telah menyiapkan strategi pengamanan di Sirkuit Mandalika memasuki musim hujan.

Hery mengaku, Polres Lombok Tengah di back-up Tim Polda NTB telah meminta bantuan dari Mabes poilri untuk mengawal pengamanan Sirkuit baik dari bencana alam dan non alam.

“Intinya Polres siap melaksanakan pengamanan, berapa personel akan diletakkan di sejumlah titik,” jelas Hery.

Sepekan pra event Idemitsu Asian Talent Cup (IATC) di Sirkuit Mandalika, Polres Lombok Tengah fokus utama terkait pengamanan KEK Mandalika. Mulai dari pintu masuk, bandara, pelabuhan, jalur bypass Bizam-Mandalika yang terpusat di KEK Mandalika.

Menanggapi adanya aktivitas galian di dekat Sirkuit Mandalika, Kapolres Lombok Tengah siap menutup semua aktivitas galian sebelum event.

“Kita akan tutup galian untuk antisipasi. Nanti kita akan koordinasi dengan Pemda, musim hujan sudah datang, hujan yang mungkin intensitasnya cukup tinggi kita,” beber Hery.

Dari hasil penelusuran IDN Times, dua galian besar di dekat Sirkuit Pertamina Mandalika terus beraktivitas. Baik yang terletak dengan radius 300 meter dari Sirkuit Pertamina Mandalika dan di dekat bundaran jalan menuju Pantai Kuta Mandalika dengan radius kurang lebih 800 meter dari Sirkuit Mandalika.

Baca Juga: Menparekraf Berikan Sertifikat CHSE untuk Pelaku Wisata di Mandalika

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya