Pengasapalan Ulang Sirkuit Mandalika Diawasi Tim dari Inggris

Pengaspalan dilakukan dengan agregat yang baru

Lombok Tengah, IDN Times – Proses pengaspalan Sirkuit Mandalika dilakukan secara bertahap. Pembongkaran aspal Sirkuit Mandalika dimulai dari tikungan 16,5 hingga tikungan 17 sebelum garis start.

Ada pun waktu pengaspalan Lintasan dijadwalkan rampung hingga tanggal 10 Maret 2022 mendatang, sepekan sebelum event MotoGP tanggal 18 Maret 2022. 

Proses pembongkaran aspal Sikruit Mandalika tidak mendapat kendala berarti. Namun, pengawas dari tim Inggris memberikan catatan serius pada proses pembongkaran aspal Sirkuit Mandalika, Selasa (1/3/2022) kemarin.

1. Mulai pengasapalan bertahap

Pengasapalan Ulang Sirkuit Mandalika Diawasi Tim dari InggrisSirkuit Mandalika mulai dibongkar di T16,5 sampai T17 IDN Times/Ahmad Viqi

Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association, Priandhi Satria mengatakan pembongkaran aspal dan pengaspalan Sirkuit Mandalika akan dilakukan secara bertahap. Priandhi juga mengatakan, pengelupasan aspal Sirkuit Mandalika hanya setebal 4 cm meter saja. 

“Yang kita mau miling atau bongkar ulang T16 sampai T5. Barang sudah datang semua,” katanya.

Miling pertama akan dimulai dari T16,5 sampai T17. Pengelupasan lintasan sendiri, kata Priandhi, menghindari adanya kerikil dan debu untuk menghasilkan aspal yang lebih sempurna.

Baca Juga: 39.000 Tiket MotoGP Mandalika Belum Terjual

2. Aspal dicuci ulang

Pengasapalan Ulang Sirkuit Mandalika Diawasi Tim dari InggrisPembongkaran Aspal lintasan Sirkuit Mandalika IDN Times/Ahmad Viqi

Dari permintaan Dorna Sport, miling aspal dari T16 hingga T5 akan dilakukan pembersihan pasca pembongkaran. Untuk pembongkaran sendiri akan dilakukan secara ekstra hati-hati agar menghasilkan rekatan aspal lama dengan aspal baru lebih sempurna.

“Pengawas minta agar batu yang digunakan dicuci ulang, supaya aspal yang baru biar bisa nempel. Setelah dikupas dibersihkan dari debu, dicuci agar lebih bersih,” katanya.

Tahap peangaspalan pertama akan dilakukan pada Selasa malam hingga Rabu (2/3/2022) hari ini. Menurutnya, proses pengaspalan pertama akan dilakukan sesuai kesepakatan dari konsultan, teknisi, PT PP dan tim pengawas dari Inggris.

“Nanti malam akan kita tempel aspal dengan agregat yang baru, kita akan coba, metodenya,” katanya.

3. Campuran aspal berbeda dengan sebelumnya

Pengasapalan Ulang Sirkuit Mandalika Diawasi Tim dari InggrisDirektur Utama MGPA Priandhi Satria komunikasi dengan tim pengawas dari Inggris IDN Times/Ahmad Viqi

Menurut permintaan tim pengawas dari Inggris, campuran aspal Sirkuit Mandalika berbeda dari aspal sebelumnya. Dari hasil komunikasi dengan tim pengawas, proses pengaspalan ulang harus lebih sempurna jika akan ingin mendapatkan hasil lintasan yang bagus.

“Ini akan berbeda dari sebelumnya, bahan utama kerikil itu kita pakai konsisten 10 mili, karena tim menilai sisi melekatnya lebih banyak,” kata Priandhi.

Salah satu tim pengawas dari Inggris kata Priandhi meminta pengaspalan dilakukan secara estafet.

“Ini project besar akan ditonton 200 juta orang akan menonton ini dan kami diminta bekerja cepat. Sirkuit ini bukan hanya kebanggaan MGPA tapi kebanggaan Indonesia, seluruh dunia akan melihat Mandalika,” kata tim pengawas dikutip Priandhi.

Baca Juga: Makna Cat Merah Putih di Sirkuit Mandalika, Ternyata Bukan Bendera RI

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya