SE Pj Bupati Flores Timur, Warga Diimbau Tak Makan Nasi Tiap Jumat?

Bisa diganti dengan bahan pangan lokal lainnya

Flores Timur, IDN Times – Surat Edaran (SE) Penjabat (Pj) Bupati Flores Timur Doris Alexander Rihi ramai dibahas di media sosial (medsos). SE dengan nomor Distan KP.521/610/IX/2023 itu mengatur tentang Gerakan Nona Sari Setia atau No Nasi Satu Hari Sehat Bahagia dan Aman.

SE yang dikeluarkan pada Kamis (21/9/2023) itu mendapatkan ragam komentar dari warganet. Isi dari SE itu berupa imbauan agar warga melakukan diversifikasi pangan berbasis sumber daya lokal. Warga juga diimbau untuk tak makan nasi setiap Jumat.

1. Tanggapan warganet

SE Pj Bupati Flores Timur, Warga Diimbau Tak Makan Nasi Tiap Jumat?Ilustrasi media sosial. (dok. samsung.com)

Kebijakan tersebut mendapatkan ragam komentar dari warganet. Ada yang mendukung, ada pula yang mengkritisi kebijakan yang dinilai tidak solutif tersebut.

“Rakyat mulu yang diimbau, bukan cari solusi,” tulis akun @shootbyrizz.

“Gak sekalian disuruh puasa Senin Kamis?,” tulis akun @sekotakjingga.

“Mending anggaran rapat dialokasikan buat beli beras dari daerah lain,” tulis akun @fatshasbandy.

Meski banjir kritikan, namun ada pula yang mendukung kebijakan tersebut. Menurut mereka, tak makan nasi sehari itu tak masalah. Warga juga bisa mengganti dengan bahan pangan lain.

“Justru bagus gak perlu sering makan nasi. Supaya saudara-saudara kita di NTT bisa menerapkan kedaulatan pangan sesuai pangan lokal yang tumbuh subur. Toh sawah susah di sana. Dari nenek moyangnya juga sudah terbiasa makan jagung, singkong sagu dll. Makin beragam makin bagus. Sekarang saja di wilayah barat udah mulai trending tuh nanam sorgum dan mengurangi makan nasi,” tulis akun @rentirosmalis.

“Harga makanan pokok, terutama beras, lagi parah-parahnya,” tulis akun @marufrizky.

Baca Juga: Seorang TKW NTB Dipulangkan dalam Kondisi Lumpuh dan Tak Bisa Bicara

2. Tentang Penjabat Bupati Flores Timur

SE Pj Bupati Flores Timur, Warga Diimbau Tak Makan Nasi Tiap Jumat?Penjabat Bupati Flores Timur Doris Alexander Rihi (florestimurkab,go.id)

Doris Alexander Rihi lahir pada 29 Desember 1970. Dia adalah seorang birokrasi dari Provinsi Nusa Tenggara Timur dan sekarang menjabat sebagai Penjabat Bupati Kabupaten Flores Timur sejak 22 Mei 2022.

Kepala Biro Tata Pemerintahan Setda Propinsi NTT ini sebelumnya pernah menjadi Penjabat Bupati Kabupaten Sabu Raijua dari 27 Maret 2021 hingga 16 September 2021. Ia merupakan lulusan angkatan pertama Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) tahun 1992. Ia kemudian  memulai tugas sebagai staf pada Kecamatan Langke Rembong Kabupaten Manggarai tahun 1994. Pada tahun 1995 dilantik sebagai Lurah Waso, Kecamatan Langke Rembong, Manggarai.

Ia juga pernah mengikuti wajib militer (wamil) di Pusat Persenjataan Infanteri (Pussenif). Ia kemudian menjadi Perwira Militer Sukarela dengan pangkat Letnan Dua Infantri dan bertugas di Kodim 0826 Pamekasan-Madura, Jawa Timur pada tahun 1993-1994

3. Tentang Kabupaten Flores Timur

SE Pj Bupati Flores Timur, Warga Diimbau Tak Makan Nasi Tiap Jumat?Peta Bali Nusra (Wikipedia)

Kabupaten Flores Timur merupakan salah satu daerah di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Jumlah penduduk Flores Timur pada tahun 2021 berdasarkan data registrasi Badan Pusat Statistik (BPS) berjumlah 283.626 jiwa, dengan kepadatan 156,48 jiwa per kilometer persegi.

Kabupaten Flores Timur terdiri dari tiga wilayah utama yaitu daratan Pulau Flores bagian timur yang terdapat ibukota kabupaten di Larantuka, Pulau Adonara, dan Pulau Solor. Luas wilayah Kabupaten Flores Timur mencapai 5.983,38 kilometer persegi yang terdiri dari luas daratan sebesar 1.812,85 kilometer persegi dan luas perairan sekitar 4.170,53 kilometer persegi.

Baca Juga: Jabatan Bupati Lotim Berakhir, Sukiman Azmy Bidik Kursi Gubernur NTB

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya