Comscore Tracker

Destinasi Air Terjun Jeruk Manis yang Memesona Bikin Jatuh Cinta

Keindahan alam tiada dua

Lombok Timur, IDN Times - Lombok selalu juara dengan beragam tempat wisata alam yang sangat indah dan menarik, seperti Air Terjun Jeruk Manis yang berada di Pulau Lombok. Anda dapat merasakan air terjun yang segar dan suasana sejuk untuk dikunjungi sebagai tempat wisata.

Selain itu, perjalanan menuju Air Terjun Jeruk Manis perlu melalui hutan yang cukup lebat dan eksotis. Dalam ulasan ini, kami akan merangkum beberapa hal yang perlu anda ketahui sebelum liburan ke air terjun ini, antara lain:

1. Keindahan Air Terjun Jeruk Manis

Destinasi Air Terjun Jeruk Manis yang Memesona Bikin Jatuh CintaPemandangan di Air Terjun Jeruk Manis instagram.com/mhmad_jq

Sesaat anda sampai di Air Terjun Jeruk Manis, akan melihat indahnya air terjun dengan suasana yang sejuk dan segar. Pemandangan di sekitar yang asri dan hijau akan membuat anda merasa tenang berada di Air Terjun Jeruk Manis.

Tinggi dari Air Terjun Jeruk Manis sekitar 30 meter. Anda akan melihat air terjun ini mengalir ke sungai kecil yang dipenuhi dengan bebatuan.

Anda bisa menikmati bermain air di sungai kecil tersebut.

2. Lokasi air terjun

Destinasi Air Terjun Jeruk Manis yang Memesona Bikin Jatuh CintaInstagram

Jika anda berminat mengunjungi Air Terjun Jeruk Manis lokasinya berada di Jalan Wisata Jeruk Manis Desa Kembang Kuning Lombok Timur Nusa Tenggara Barat (NTB). 

Lokasi persisnya berada di dekat Desa Wisata Tetebatu Lombok Timur.

Baca Juga: Rumah Adat Asli NTB, Ada Tempat Menyimpan Padi Hingga Rumah Raja

3. Akses menuju lokasi

Destinasi Air Terjun Jeruk Manis yang Memesona Bikin Jatuh Cintainstagram.com/discovertobaofficial

Para wisatawan yang ingin mengunjungi Air Terjun Jeruk Manis akan memakan waktu sekitar 2 jam jika Anda berangkat dari Kota Mataram NTB. Selain itu, anda dianjurkan untuk menaiki kendaraan pribadi atau sewa kendaraan, karena jalur menuju air terjun tidak dilalui oleh kendaraan umum.

Setelah sampai ke pintu gerbang Air Terjun Jeruk Manis, Anda harus berjalan kaki sekitar 20 menit dengan jarak 1,5 km. Anda tidak perlu takut mengambil jalan yang salah, karena Anda akan melalui 3 pos.

4. Rute menuju lokasi

Saat berjalan kaki menuju Air Terjun Jeruk Manis, anda akan melalui jalan setapak batu di sebuah hutan yang memiliki pemandangan menarik. Hutan ini menunjukkan berbagai pepohonan dan tumbuhan yang hijau, serta beberapa hewan seperti kupu-kupu, siput, dan terkadang anda juga bisa melihat monyet.

Wisatawan yang berhasil sampai ke pos 1 akan melihat pohon yang sangat tinggi. Pasalnya, pohon tersebut merupakan pohon tertinggi di hutan sekitar.

5. Asal usul dan kepercayaan

Keberadaan Air Terjun Jeruk Manis sudah ada sejak tahun 1983 dan ditemukan oleh penduduk sekitar. Sejak saat itu, air terjun dikelola dan dirawat dengan baik hingga akses masuk air terjun pun ditata dengan rapih.

Sehingga Air Terjun Jeruk Manis menjadi tempat wisata yang dikunjungi oleh para wisatawan, baik lokal maupun internasional. Selain itu, menurut kepercayaan yang beredar, air terjun dapat membantu anda menyembuhkan berbagai penyakit dan menyuburkan rambut.

6. Tips wisata

Sehubungan anda akan melalui hutan dan berjalan kaki, terdapat beberapa tips wisata sebelum anda mengunjungi Air Terjun Jeruk Manis, antara lain:

Anda perlu membawa losion anti nyamuk, karena anda akan melewati hutan menuju Air Terjun Jeruk Manis.
Anda harus membawa uang tunai lebih banyak, sebab letak ATM cukup jauh dari lokasi air terjun.
Jangan membuang sampah sembarangan agar tetap menjaga keasrian lingkungan tetap terjaga di sekitar hutan dan air terjun.
Jangan memetik atau mengambil flora dan fauna di hutan atau sekitar air terjun.


Demikian ulasan mengenai beberapa hal tentang Air Terjun Jeruk Manis yang cocok menjadi tempat wisata Anda saat liburan, sebab anda dapat menikmati sejuknya air terjun dan keindahan hutan menuju air terjun.

Baca Juga: Mengenal Alat Musik Tradisional Asli NTB

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya