Comscore Tracker

Pantai Rantung, Surga bagi Peselancar dan Penikmat Senja

Deburan ombak yang membuat wisatawan berdebar-debar!

Sumbawa Barat, IDN Times - Provinsi Nusa Tenggara Barat memiliki banyak destinasi wisata yang dapat dikunjungi, salah satunya adalah Pantai Rantung. Pantai ini terletak di Kabupaten Sumbawa Barat. Dari Lombok, wisatawan harus menempuh perjalanan laut kurang lebih selama satu jam dari Pelabuhan Kayangan ke Pelabuhan Poto Tano.

Pantai Rantung yang sangat terkenal di kalangan masyarakat Sumbawa karena keindahannya yang dapat memanjakan mata para pengunjung yang berwisata ke pantai Rantung.  Penasaran dengan Pantai Rantung ini? simak info selengkapnya di bawah ini!

1. Lokasi

Pantai Rantung, Surga bagi Peselancar dan Penikmat SenjaPintu masuk Pantai Rantung (https://www.aroengbinang.com/)

Pantai Rantung berlokasi di kabupaten Sumbawa Barat, tepatnya di Desa Grantung, Kecamatan Sekongkang. Berkunjung ke pantai terindah ini tidak membuat perjalanan para pengunjung menjadi sulit, karena akses ke pantai Rantung sudah sangat baik. 

Jalan menuju pantai Rantung sudah beraspal, sehingga membuat para pengunjung nyaman ketika menuju pantai tersebut. Namun untuk pemakaian kendaraan menuju pantai Rantung harus menggunakan kendaraan pribadi karena tidak ada kendaraan umum untuk menuju pantai Rantung. 

Pasir putih dengan udara yang sejuk dan deburan ombak akan membuat para pengunjung tenang ketika berada di Pantai Rantung. Bukan hanya itu saja yang akan disajikan di pantai Rantung.  Terdapat pula fasilitas umum yaitu berupa arena bermain anak. Sehingga ketika anda bersantai para anak-anak pun senang dan gembira ketika berada di pantai rantung.

Arena bermain ini di bagun oleh PT NNT pada program Community Development yang bekerjasama dengan warga setempat. Pantai Rantung sudah terkenal dengan kebersihan dan kenyaman oleh masyarakat setempat, maka jika berkunjung ke sini tidak usah khawatir dengan keberadaan sampah karena pantai ini sangat bersih dan indah. 

Baca Juga: Lima Rekomendasi Kafe Super Asyik di Sumbawa Barat

2. Surga bagi peselancar

Pantai Rantung, Surga bagi Peselancar dan Penikmat Senjawww.superadventure.co.id

Pantai Rantung terkenal dengan julukan pantai Yoyo julukan tersebut diberikan karena memiliki ombak yang berputar. Dengan ombak tersebut pantai ini menjadi pantai yang sering dikunjungi oleh para peselancar. 

Pantai Rantung pun sering dijadikan tempat penyelenggaraan kejuaraan selancar baik tingkat nasional maupun internasional. Pantai ini pun menyajikan kudapan kuliner untuk dapat dinikmati para pengunjung pantai Rantung. 

Pantai yang terletak di Sumbawa barat ini memiliki sensasi yang berbeda dari pantai yang lainnya, karena Pantai Rantung terapit oleh dua pulau kecil yang membuat pantai ini semakin indah.

Pulau kecil yang mengapit Pantai Rantung memiliki luas sekitar 0,5 ha jarak pada garis pantai berkisar 50 meter, dan jarak antara kedua pulau berkisar 100 meter. Kedua pulau tersebut, sering dijadikan tempat memancing dan bersantai. 

3. Spot sunset terbaik

Pantai Rantung, Surga bagi Peselancar dan Penikmat SenjaIlustrasi pantai (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Momen yang ditunggu-tunggu ketika berada di pantai ialah matahari terbenam yang akan menjadi momen penutupan hari perjalanan yang melelahkan.  Di pantai Rantung ini menyajikan fenomena yang akan membuat para pengunjung terpesona melihatnya, yaitu ketika matahari terbenam tepat pada garis langit di laut selatan. 

Ditambah lagi dengan lembutnya dan bersihnya pasir pantai yang akan menambah keindahan pantai Rantung ini yang akan memanjakan mata para pengunjung.  Memiliki ombak sebagai ciri khas dan pasir pantai yang putih bersih halus, membuat wisatawan berkunjung terutama wisata dari mancanegara. 

Banyak bule yang berdatangan ke pantai ini membuat pantai ini memiliki tempat makan yang menyajikan minuman beralkohol, dan juga ada beberapa bar yang terdapat di pantai ini. Sembari menikmati pemandangan indah pantai, para pengunjung dapat menikmati makanan dan minuman yang terdapat di bar. 

Baca Juga: Menikmati Savana Pulau Kenawa di Kabupaten Sumbawa Barat

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya