Comscore Tracker

Menikmati Savana Pulau Kenawa di Kabupaten Sumbawa Barat

Bisa snorkeling, foto-foto hingga keliling pulau

Sumbawa Barat, IDN Times - Destinasi wisata Indonesia memang cukup beragam dan berbagai macam, salah satunya destinasi wisata di Kabupaten Sumbawa Barat yaitu Pulau Kenawa. Ada banyak informasi menarik yang saat ini masih banyak tersimpan tentang destinasi wisata tersebut.

Untuk dapat mencapai Pulau Kenawa juga tidak terlalu sulit, karena dari Pelabuhan Kayangan, Lombok Timur, hanya memakan waktu maksimal 2 jam hingga ke Pelabuhan Poto Tano. Sesudahnya dari sini cukup membutuhkan waktu setengah jam saja untuk dapat sampai ke Pulau Kenawa.

Tentu saja hal ini menarik perhatian sejumlah wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Bagi yang merasa penasaran, simak berikut ini beberapa fakta menarik tentang objek wisata Pulau Kenawa

1. Bisa snorkeling dekat bibir pantai

Menikmati Savana Pulau Kenawa di Kabupaten Sumbawa Baratwisatalah.com

Pulau yang satu ini tidak banyak diketahui orang kecuali oleh penduduk lokal di sekitar. Beberapa pengunjung atau wisatawan yang datang umumnya hanya berasal dari wisatawan lokal saja.

Pulau Kenawa memiliki pemandangan yang menarik, terutama di sekitar pantainya tadi. Hamparan pasir yang lembut serta kekayaan alam lautan yang melimpah ruah menjadi daya tarik tersendiri di sini.

Pengunjung yang berwisata dapat melakukan snorkeling dengan mudah, karena hanya 3-5 meter dari pantai saja sudah cukup indah pemandangan lautnya. Maka dari itu cocok sekali bagi yang menyukai wisata pantai dan menyelam menikmati keindahan alam sekitar pantai tersebut.

Wisatawan juga bisa berkeliling dan menikmati savana di pulau ini. Terdapat bukit yang bisa didaki untuk bisa melihat pemdanangan Pulau Kenawa yang menakjubkan.

Baca Juga: Pantai Maluk, Destinasi Wisata Memukau di Sumbawa Barat

2. Tak berpenghuni

Menikmati Savana Pulau Kenawa di Kabupaten Sumbawa BaratInstagram.com/ridaanurmala

Perlu diketahui bahwa pulau ini tidak memiliki penghuni. Maka dari itu jangan kaget jika suasanya semakin malam akan semakin sepi.

Di sisi lain dengan tidak banyaknya orang di pulau tersebut, tentunya membuat keindahan pantai tetap asri. Pengunjung juga dapat menikmati pemandangan cukup nyaman di sini.

Bukan hanya tanpa penghuni, namun pulau ini juga masih belum memiliki fasilitas penerangan dan listrik. Sehingga jika ingin bermalam harus mempersiapkan dengan baik. Jika tidak, maka tidak ada fasilitas yang memenuhi untuk menginap di area Pantai Pulau Kenawa.

Jika ingin menginap, persiapkan tenda, perlengkapan memasak, penerangan hingga makanan. Jangan lupa untuk menyiapkan baju renang, sebab sangat disayangkan jika berkunjung tanpa berenang di Pulau Kenawa.

3. Fasilitas

Menikmati Savana Pulau Kenawa di Kabupaten Sumbawa Barathttps://www.instagram.com/

Meskipun demikian untuk pengunjung yang ingin datang berwisata ada area saung yang disediakan. Sehingga setidaknya para pengunjung dapat beristirahat di saung-saung tersebut.

Ada baiknya menyiapkan diri untuk berkunjung ke Pantai Pulau Kenawa. Bila perlu dan ingin bermalam, maka bawalah perlengkapan sendiri yang memadai agar wisata berjalan lancar dan nyaman.

Itulah beberapa fakta menarik tentang Pantai Pulau Kenawa yang ada di kawasan Sumbawa Barat. Dengan fakta di atas setidaknya sudah ada beberapa informasi tentang objek wisata yang menawan tersebut.

Sehingga apabila di kemudian hari ingin mengunjungi pantai yang cantik tersebut, sudah ada beberapa hal penting yang diketahui. Perjalanan wisata menjadi menyenangkan, dan tentunya ada banyak pengalaman baru yang bisa didapatkan.

Baca Juga: Berkunjung ke Pantai Sire yang Eksotis di Lombok Utara

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya