Comscore Tracker

Menyelam di Gili Air dengan Panorama Bawah Laut yang Menakjubkan

Banyak spot diving dan snorkeling yang menarik

Lombok Utara, IDN Times - Gili Air merupakan satu dari tiga gili yang ada di Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Gili ini memiliki keunikan tersendiri yang berbeda dengan gili lain yang ada di Provinsi NTB.

Sebelum pandemic, gili ini selalu ramai oleh wisatawan. Namun belakangan sepi karena wisatawan mancanegara tidak banyak berkunjung ke gili ini. Jadi jika wisatawan berkunjung saat ini, terasa seperti di pulau pribadi. Sebab tidak banyak wisatawan yang wara-wiri seperti sebelumnya.

Berikut beberapa hal yang harus diketahui sebelum berkunjung ke Gili Air.

1. Daya tarik Gili Air

Menyelam di Gili Air dengan Panorama Bawah Laut yang Menakjubkanhttp://www.klikhotel.com/

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa Gili Air ini mempunyai ciri khas dibandingkan jenis gili lainnya. Beberapa daya tarik Gili Air ini adalah sebagai berikut.

1.Keindahan Alam Bawah laut yang Mengagumkan

Jika pengunjung sangat hobi diving dan juga snorkeling, maka Gili Air ini adalah tempat yang tepat.  Di tempat ini terdapat banyak spot terbaik untuk dapat menjelajahi bawah lautan seperti terumbu karang hingga hewan-hewan di dalamnya.

2. Terdapat banyak penduduk dibandingkan pulau lainnya

Dibandingkan dengan pulau Gili lainnya, Gili Air adalah pulau yang banyak penduduknya. Meskipun begitu, suasananya tetap tenang dan juga tidak ramai sehingga suasana hangat masih terasa di sini.

Di Pulau Gili Air ini cukup banyak penghuni yang berasal dari suku Sasak dan juga Bugis sehingga bisa dikatakan tempat ini ditempati dua suku sekaligus. Meskipun ada perbedaan corak bahasa dan juga adat dari kedua suku tersebut, semuanya melebur menjadi satu di kawasan yang sama.

3. Memiliki Julukan yang menarik

Ada satu hal yang menarik di Gili Air, yakni julukan yang bagi masyarakat setempat gili tersebut dinamakan Tengah Aiq. Artinya adalah “tengah laut” karena Gili Air berada di paling timur serta paling dekat dengan pulau Lombok.

Karena keberadaannya di tengah laut, para wisatawan kerap disuguhkan pemandangan yang begitu indah di bawah laut. Beberapa contohnya seperti biota laut Indonesia yang terlihat begitu asri dan juga alami.

Baca Juga: Menikmati Sunset dan Panorama Indah di Gili Gede

2. Aktivitas menarik di Gili Air

Menyelam di Gili Air dengan Panorama Bawah Laut yang Menakjubkan

Setelah mengetahui seperti apa keunikan Gili Air, kini kita simak apa saja aktivitas menarik selama di tempat ini.

1.Snorkeling

Kegiatan pertama yang sering dilakukan banyak pengunjung di Gili Air adalah snorkeling. Spot terbaik untuk melakukan snorkeling adalah di bagian timur Gili Air karena bisa melihat pemandangan bawah laut yang begitu cantik.

Pengunjung bisa menyelam hingga kedalaman 1,5 hingga 3 meter untuk melakukan snorkeling. Di sana juga ada tanda khusus untuk batas penyelaman selama snorkeling sehingga para wisatawan dapat berenang dengan aman.

2.Diving

Aktivitas berikutnya yang sangat menyenangkan adalah diving dan pengunjung juga tidak perlu khawatir karena di sana sudah ada pemandu profesional saat kegiatan menyelam. Di sini, para pengunjung dapat melihat aneka ragam biota laut di bawah laut seperti aneka ikan, kura-kura, dan juga kuda laut.

3. Surfing

Surfing juga bisa menjadi alternatif  wahana yang bisa dicoba. Agar lebih seru, sebaiknya lakukan surfing ketika ada ombak yang naik sehingga adrenalin semakin terpacu.

4. Jalan kaki, menaiki sepeda atau kuda

Untuk yang kurang suka dengan kegiatan di dalam air, bisa juga menikmatinya dengan jalan kaki mengelilingi Gili Air. Bahkan, pengunjung juga bisa menyewa sepeda atau kuda di sana sehingga pengalaman Anda lebih menarik lagi.

5. Melihat Sunset

Terakhir, pengunjung bisa melihat sunset di pinggir pantai Gili Air yang sebaiknya jangan ditinggalkan. Pemandangan sunset di Gili Air ini begitu indah sambil bersantai dan Anda bisa mengabadikan momen tersebut melalui lensa kamera.

3. Lokasi dan tiket

Menyelam di Gili Air dengan Panorama Bawah Laut yang MenakjubkanGili Air (https://gilitickets.azureedge.net/)

Lokasi Gili Air dekat dengan Pulau Lombok, tepatnya ada di Desa Gili Indah, Pemenang, Kabupaten Lombok Utara. Pengunjung bisa ke sana dengan cara menyeberang melalui Pelabuhan Bangsal dengan kapal motor atau boat.

Harga tiket di Gili Air sebesar Rp 50.000 per orang dan jam operasionalnya adalah 24 jam. Untuk biaya penyeberangan ada di kisaran Rp 12.000 per orang untuk sekali jalan dan jika ingin menyewa kapal pulang-pergi, biayanya ada di kisaran Rp 300.000-700.000.

Demikian ulasan singkat tentang Gili air dan semoga artikel ini bisa memberikan manfaat.

Baca Juga: Booking Kamar Hotel di Gili Trawangan Sepi Jelang Nataru

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya