Comscore Tracker

Melihat Keindahan Air Terjun Tiu Pupus dengan Ketinggian 45 Meter

Dekat dengan air terjun kerta gangga yang populer

Lombok Utara, IDN Times - Pulau Lombok memiliki banyak destinasi wisata yang dapat dikunjungi oleh wisatawan, salah satunya ialah air terjun Tiu Pupus. Air terjun ini  yang letaknya tak jauh dari Air Terjun Kerta Gangga. Hanya butuh waktu 5 menit saja jika berkendara. Sehingga sangat pas dijadikan satu paket perjalanan liburan. 

TAir Terjun Tiu Pupus berarti air yang mengalir dari akar pohon. Nama ini memang cocok dengan keadaan aslinya yakni air terjun yang asal airnya muncul dari akar pepohonan.  Sehingga jika dipandang, terlihat sangat estetik. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 45 meter yang tidak berbeda jauh dengan air terjun di Desa Senaru yakni Tiu Kelep, dan Sendang Gile.

Ternyata tak hanya sebagai objek wisata alam, Tiu Pupus ini juga menjadi tulang punggung dari sawah-sawah milik petani setempat. Sejak tahun 2004 akhirnya dibangunlah sebuah bendungan Sengkukun yang bertujuan untuk menampung aliran air dari air terjun Tiu Pupus. Air ini dialirkan menuju sawah-sawah petani setempat sebagai perairan sawah dan kebun di sekitar air terjun. Karena keberadaan bendungan ini, maka pengunjung wajib melintasi jembatan di atas bendungan kemudian menyusuri jalan setapak juga jembatan kayu di sekitar tebing pinggir bendungan.

1. Tak ada biaya masuk

Melihat Keindahan Air Terjun Tiu Pupus dengan Ketinggian 45 MeterAir Terjun Tiu Kelep di Senaru Lombok Utara/dok. IDN MEDIA

Tiu Pupus termasuk dalam air terjun yang masih sangat alami, sehingga pengelolaan wisatanya juga masih sangat kurang. Belum ada warung makan, dan fasilitas lainnya yang dapat melengkapi objek wisata ini sehingga disarankan untuk membawa bekal makanan, minuman juga pakaian serta obat-obatan sesuai kebutuhan masing-masing.

Bahkan untuk tiket masuk saja tidak dipungut biaya alias gratis, kecuali memang ingin menyisihkan secara sukarela namun tidak ada kewajiban membayar. Sehingga sangat dimaklumi jika fasilitasnya juga masih sangat jauh dari kata layak. Namun pengunjung tidak akan kecewa karena akan disuguhi pemandangan alam yang indah dan terlihat menyegarkan.

Baca Juga: Air Terjun Benang Kelambu, Wisata Alam di Lombok yang Mendunia

2. Rute

Melihat Keindahan Air Terjun Tiu Pupus dengan Ketinggian 45 MeterInstagram

Untuk mencapai lokasi pasti Air Terjun Tiu Pupus, pengunjung harus memilih melalui salah satu rute yakni: 

1. Rute Pertama: Mataram – Pusuk – Pemenang – Tanjung – Gondang – Lendang Bagian – Kerurak – Tiu Pupus.

2. Rute kedua: Mataram – Senggigi – Pemenang – Tanjung – Gondang – Lendang Bagian – Kerurak – Tiu Pupus.

Rute ini bisa digunakan untuk anda yang akan berkunjung dengan memanfaatkan kendaraan pribadi. Jika menggunakan kendaraan umum anda harus turun di Pasar Gondang. Setelah itu, pengunjung bisa naik ojek sejauh 5 kilo meter untuk bisa mencapai lokasi dari air terjun Tiu Pupus. Jangan takut tersesat karena jika sudah mencapai Pasar Gondang, pengunjung akan mendapati banyak petunjuk arah.

3. Lokasi

Melihat Keindahan Air Terjun Tiu Pupus dengan Ketinggian 45 MeterTiu Teja dan Tiu Sekeper (instagram.com/herkiandi)

Air Terjun Tiu Pupus terletak di Dusun Kerurak, Desa Genggaleng, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

Jika berkunjung ke Pulau Lombok, tidak ada salahnya mengunjungi air terjun ini. Selain pemandangan yang masih alami, air terjun ini juga memiliki panorama yang menakjubkan. Pengunjung dapat mengabadikan momen kunjungannya. Air terjun ini sangat instagramabale bagi pencinta fotografi.

Baca Juga: Wow! Ini Air Terjun "Instagramable" yang Ada di Lombok

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya