Indahnya Pemandangan Bawah Laut Gili Asahan di Lombok Barat

Destinasi wisata yang cocok untuk berakhir pekan

Lombok dikenal dengan destinasi wisata yang eksotis. Salah satu destinasi yang wajib dikunjungi saat berada di Lombok adalah Gili Asahan.

Pantainya sangat indah dilengkapi dengan pemandangan bawah laut yang menakjubkan. Wisatawan bisa melakukan snorkeling, diving atau bermain air di sekitar pantai.

Gili ini tidak banyak dikunjungi wisatawan, tidak seperti Gili Trawangan dan beberapa gili lainnya yang terkenal.

1. Titik poin menyelam

Indahnya Pemandangan Bawah Laut Gili Asahan di Lombok BaratIlustrasi snorkeling (thehealthyholidaycompany.co.uk)

Gili Asahan adalah pulau kecil yang terdapat banyak soft coral dan hard coral yang kualitasnya masih sangat terjaga. Sehingga menjadi incaran para snorkeling untuk menikmati keajaiban bawah lautnya.

Pulau kecil ini berada di Lombok Barat, tepatnya di Kecamatan Sekotong. Kawasan ini merupakan kawasana wisata dengan wisata andalan pemandangan bawah lautnya.

Di Gili Asahan ada beberapa titik snorkeling yang dinamakan dengan secret garden, belongan, dan snorkeling point yang terkenang untuk para penyelam.

2. Daya tarik bawah laut

Indahnya Pemandangan Bawah Laut Gili Asahan di Lombok Barataquaworld.com

Berikut dibawah ini adalah daya tarik yang dimiliki oleh Pulau Gili Asahan:

1. Secret Garden

Pemandangan ikan-ikan hias yang cantik berhilir mudik, serta pemandangan batu karang yang memiliki ragam bentuk yang cantik dan unik.

Hal perlu diingat ketika ke secret garden adalah arusnya cukup kencang. Jadi, apabila anda memutuskan untuk snorkeling ke secret garden harus betul-betul mendengarkan arahan dari pemandu. 

Secret garden memiliki jarak pandang dengan titik 25 meters. Sehingga para pengunjung dapat melihat jelas keajaiban keindahan pemandangan bawah laut secara jelas dari Gili Asahan.

2. Snorkeling Point

Jarak pandang Snorkeling Point lebih luas lagi yaitu 25 meter sampai 30 meter anda dapat menemukan banyak jenis ikan dan karang yang indah salah satunya adalah anemone.

3. Belongan

Di Belongan pengunjung dapat melihat pinnacle coral yang tingginya 5 meter dan diameternya mencapai 2 meter. Akan tetapi jarak pandanganya lebih pendek dibandingkan sanking point dan secret garden.

Walaupun begitu, Belongan dapat di kunjungi ketika malam hari tiba. Karena pada titik spot menyelam ini sinar dari bulan purnama dan menembus spot ini secara jelas.

Selain snorkeling dengan titik point yang sudah disebutkan diatas. Di GIli Asahan anda pun dapat melakukan Scuba Diving yang slotnya berjarak 10 menit dari kapal yang digunakan.

Ada dua tempat untuk melakukan scuba diving. Dari kedua tempat tersebut anda akan dimanjakan dengan pemandangan koral dan karang yang berjejer dengan sangat indah.

3. Lokasi dan rute

Indahnya Pemandangan Bawah Laut Gili Asahan di Lombok Baratid.wikipedia.org

Rute menuju Gili Asahan anda bisa menggunakan rute dari jalur Praya Lombok tengah dengan jarak tempuh perjalanan sekitar 4 jam. Atau sekitar 30 menit dari Lombok International Airport untuk mencapai Mataram.

Dari Mataram melanjutkan perjalanan selama 2 jam untuk menuju ke Desa Sekotong Tengah. Setelah sampai di Desa Sekotong Tengah anda melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Tawun, sebuah pelabuhan untuk menyebrang ke Gili Asahan.

Gili Asahan terletak di Desa Batu Putih, Kecamatan Sekotong Tengah Kabupaten Lombok Barat. Demikianlah informasi lengkap mengenai Gili Asahan yang menyajikan pemandangan bawah laut yang luar biasa.

Jika berkunjung ke Lombok, ada baiknya menjadikan Gili Asahan sebagai salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi.

Baca Juga: Fakta-fakta Menarik tentang Pura Batu Bolong di Lombok

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya