Comscore Tracker

Gili Gede, Destinasi yang Wajib Dikunjungi saat di Lombok

Pantainya sangat indah, cocok untuk healing!

Gili Gede merupakan salah satu destinasi wisata yang indah di Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Tidak banyak wisatawan yang berkunjung ke gili ini. Sehingga tempatnya jauh lebih tenang dibandingkan Gili Trawangan dan Gili Air di Lombok Utara.

Berkunjung ke gili ini memberikan kesan yang berbeda. Apalagi gili ini masih belum ramai pengunjung. Wisatawan bisa menikmati suasana gili sepuasnya. Terdapat beragam aktivitas yang dapat dilakukan di gili ini. Penasaran? Yuk simak ulasan berikut.

1. Keunggulan

Gili Gede, Destinasi yang Wajib Dikunjungi saat di LombokInstagram/turisorganizer

Lokasi Gili Gede ada di barat daya Kepulauan Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Merupakan satu destinasi menarik untuk dikunjungi lantaran menawarkan spot alam yang bagus, fasilitas dan juga resor yang tentunya makin membuat nyaman liburan.

Wisata Gili Gede cocok untuk liburan bersama keluarga, bulan madu,atau bagi yang hanya ingin sekadar menenangkan hati dan pikiran. Meski lokasinya terpencil dan ukuran pulaunya kecil.

Keunggulan lainya di pulau Gili Gede, adalah anda benar-benar dimanjakan dengan suasana natural di sana. Anda bisa menyaksikan langsung Suku Sasak menangkap ikan di laut. Mereka dangan ramah dan pintar berbahasa Inggris.

Baca Juga: Wajib Tahu! ini 10 Tips Backpacker ke Lombok 

2. Aktivitas

Gili Gede, Destinasi yang Wajib Dikunjungi saat di LombokPixabay/pienonane

Berikut ini beberapa aktivitas menyenangkan di pulau Gili Gede yang bisa dilakukan.  


1. Mengunjungi Desa Sekitar : Anda bisa mengunjungi 5 desa sekitar di Gili Gede. Melihat langsung kehidupan mereka, bersahabat dan makan ikan bersama mereka. 

2. Berjemur : Selain mengunjungi beberapa desa di kawasan wisata Gili Gede, anda juga bisa melakukan aktivitas berjemur di Gili Gede. Suasana pantai yang tenang membuat anda makin nyaman. 

3. Menikmati Keindahan pantai : aktivitas lainnya di pantai Gili Gede adalah menikmati keindahan pantai. Pantai di sini terkenal akan pasir putih dan pantai parang, di sebelah utara. Sedangkan pantai bagian selatan terdapat bakau dan lumpur.  Semua ini layak dikunjungi.

4. Menyaksikan Langsung Aktivitas Warga Lokal : Anda juga bisa menyaksikan langsung aktivitas warga lokal setempat. Utamanya ketika mereka bekerja mengambil mutiara dan mencari ikan laut, sebuah pemandangan yang langka dan tak dijumpai di kota kota padat. Anda bisa memotret momen ini untuk diabadikan.

5. Menikmati Sunset dan Kuliner Khas : Hal lainnya yang menarik di pantai Gili Gede, adalah menikmati sunset di sore hari, ada beberapa spot bagus untuk menikmatinya. Anda juga bisa mencicipi kuliner khas yaitu Ayam Taliwang.

6. Menyelam: ini merupakan salah satu aktivitas yang tidak boleh ditinggalkan saat berada di Gili Gede. Karena keindahan bawah laut gili ini sangat memukau.

3. Rute dan penginapan

Gili Gede, Destinasi yang Wajib Dikunjungi saat di LombokIlustrasi hotel. (Instagram/@grandcandismg).

Pengunjung bisa menginap di penginapan terdekat dari Gili Gede. Yaitu penginapan Via Vacare  Yut In dan  Madak Belo.  Juga bisa mengunjungi beberapa wisata di sekitar Gili Gede seperti  Gili  Ringgit, Gili Layan, Gili Asahan. 

Jika tertarik mengunjungi wisata Gili Gede, berikut rute yang bisa ditempuh. Anda bisa gunakan kendaraan roda dua maupun empat untuk sampai ke sana. Gili Gede sendiri tepatnya berlokasi di Kecamatan Sekotong. 

Dari kota Mataram ke Gili Gede butuh waktu kurang lebih 2 jam perjalanan. Untuk menuju pulau, pengunjung menyewa speedboat atau bisa naik perahu nelayan namun butuh waktu yang lebih lama.

Itulah tadi informasi seputar kawasan wisata pulau Gili Gede di Kepulauan Lombok. Dibanding Gili Gili lainya di NTB, memang Gili Gede tak luas dan terpencil. Namun soal daya tarik tak kalah dengan pantai pantai lainya di Lombok. 

Jika anda menyukai liburan tak biasa, jauh dari hiruk pikuk sebuah spot wisata. Mengunjungi pulau Gili Gede bisa menjadi pilihan tepat saat berada di Lombok. Di sana, ada suasana ketenangan, keindahan alam dan kehidupan masyarakat desa yang harmonis dan menarik dengan kehidupan mereka.

Baca Juga: Fakta Unik dan Menarik Air Terjun Sendang Gile di Lombok

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya